RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA N 1 Maluku Tengah
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X
/ 1
Materi Pokok : Eksponen dan Logaritma
Waktu : 2 × 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran eksponen ini
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung
jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan
kritik serta dapat :
1. Menjelaskan definisi eksponen bulat positif,eksponen
bulat negatif dan pangkat nol
2. Mengimplementasikan
eksponen bulat positif,eksponen bulat negatif dan pangkat nol.
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri,
motivasi internal, sikap
kritis, bekerjasama,
jujur dan percaya diri
serta responsif dalam
menyelesaikan
berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin
tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam
berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam .
2.3 Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan
toleransi terhadap
berbagai perbedaan di dalam masyarakat .
3.1 Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahannya
yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya .
4.2 Mengolah
data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi eksponensial
dan logaritma dari situasi masalah nyata
serta
menyelesaikannya
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen
2. Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok untuk menemukan konsep eksponen atau pangkat
negatif,pangkat nol
3. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan
konsep eksponen bulat positif dan eksponen
bulat negatif.
D.
Materi
Matematika
1. Materi
Prasyarat
-
Perkalian berulang
dengan bilangan yang sama. (himpunan)
2. Materi
Pokok
-
Konsep eksponen atau
pangkat
-
Pangkat bulat positif
n faktor
-
Pangkat bulat negatif
dan pangkat nol
Untuk a bilangan real dan a
-
m
faktor
m
faktor
-
Pangkat nol
E.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran
berbasis proyek (Project Based Learning)
menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Guru mengkondisikan
kelas dalam suasana kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran. 2.
Guru
memberikan motivasi tentang pentingnya memahami eksponen mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari. 3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. 4.
Guru menginformasikan
tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan termasuk aspek-aspek yang
dinilai selama proses pembelajaran berlangsung. 5.
Guru melakukan
apersepsi dengan melakukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat menuntun dan
menggali. |
10 menit |
Inti |
1.
Guru mengemukakan
pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki
siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. ·
Bagaimana menentukan banyak garis
lipatan membagi dua bidang kertas menjadi dua bagian yang sama. ·
Bagaimana mengisi tabel keterkaitan
antara banyak lipatan dengan banyak bidang kertas. ·
Bagaimana menentukan pola perkalian
bilangan berulang. ·
Bagaimana menemukan konsep eksponen
atau pangkat bilangan bulat positif. ·
Bagaimana menentukan pangkat bulat
negatif dan pangkat nol. 2.
Guru Mengorganisir
siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang. Heterogen
berdasarkan tingkat kognitif atau etnis. 3.
Guru membimbing
peserta didik agar dapat mengisi tabel yang berkaitan banyaknya lipatan
dengan banyak bidang kertas yang terbentuk. 4.
Guru memberikan
kesempatan pada semua kelompok yang akan mewakili untuk menjawab banyaknya
lipatan dengan banyak bidang kertas yang terbentuk. 5.
Guru menegaskan
jawaban yang benar,kemudian dengan membimbing peserta didik untuk dapat
menemukan konsep pangkat eksponen positif 6.
Guru menyajikan soal yang berbentuk
masalah 7.
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengaplisikan soal bentuk masalah kedalam matematika 8.
Guru mengamati peserta didik selama
berdiskusi sambil memberikan bimbingan agar dapat menjawab masalah yang
disajikan 9.
Guru memberi kesempatan pada salah
satu kelompok untuk menjawab masalah yang tersaji |
70 menit |
Penutup |
·
Guru memfasilitasi peserta didik
untuk menyimpulkan hasil temuan barunya, ·
Guru memberikan tugas |
10 menit |
G.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Lembar
penilaian
2. LCD
3. Laptop
4. Buku
Paket Matematika X
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, penugasan (proyek) dan tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik Penilaian |
Waktu Penilaian |
1. |
Sikap a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen. b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok. c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. |
Pengamatan |
Selama
pembelajaran dan saat diskusi |
2. |
Pengetahuan a. Menjelaskan
konsep eksponen bulat positif, secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar. b. Menentukan
eksponen bulat negatif dan pangkat nol secara
tepat dan kreatif. |
Tes tertulis |
Hasil akhir dari tes |
3. |
Keterampilan Terampil menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen |
Pengamatan |
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi |
I.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis (kelompok)
(contoh soal)
Suatu
zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia akan dikeluarkan dari darah melalui
ginjal. Setiap
1 jam separuh zat itu dikeluarkan oleh ginjal. Bila 100 mg zat itu disuntikkan ke tubuh manusia,berapa
miligram zat itu yang tersisa dalam darah setelah :
1. t
= 1 jam ?
2. t
= 2 jam ?
3. t
= 3 jam ?
4. Buatlah
model matematika pengurangan zat
tersebut dari tubuh melalui ginjal !
5. Gambarlah grafik model persamaan yang ditentukan !
Jawab :
1.
Setelah t = 1
jam :
100
2.
Setelah t = 2
jam :
3.
Setelah t = 3
jam :
4.
Model matematika
:
t. = 1→ 100
t = 2 →
t = 3 →
maka model matematikanya (dengan t = waktu )
100
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No |
Nama
Siswa |
Sikap |
|||||||||||
Aktif |
Bekerjasama |
Toleran |
Kreatif |
||||||||||
KB |
B |
SB |
KB |
B |
SB |
KB |
B |
SB |
KB |
B |
SB |
||
1 |
Ali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Banu |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rumus :
B
(Baik) =
1
SB
(Sangat baik) = 2
Selang Nilai Sikap :
A = 85 – 100
B = 75 – 84
C = 55 – 74
D = 0 – 54
Indikator
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak ambil
bagian, tidak berusaha , tidak bersikap toleran , tidak
memunculkan ide dalam
pembelajaran.
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
ambil bagian, ada usaha untuk bekerjasama , ada
usaha untuk bersikap toleran, sudah
ada usaha untuk memunculkan ide dalam
pembelajaran tetapi belum konsisten .
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian , adanya usaha bekerjasama
, sudah ada usaha untuk
bersikap toleran, ada
usaha untuk memunculkan ide dalam
menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda ( √ )
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No |
Nama Siswa |
Keterampilan |
||
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah |
||||
KT |
T |
ST |
||
1 |
…………………………… |
|
|
|
2 |
…………………………… |
|
|
|
dst |
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
Indikator mengolah
data dan menganalisis menggunakan variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi eksponensial
dan logaritma dari situasi masalah nyata
serta
menyelesaikannya.
1.
Kurangterampil jika sama
sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen bulat
positif,bulat positif dan pangkat nol.
2. Terampiljika
menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan
kosep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan
eksponen bulat positif.
3. Sangat terampill,jika
menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan eksponen bulat positif,bulat negatif dan pangkat nol
LEMBAR
KERJA
PESERTA DIDIK
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran :
Matematika-Wajib
Topik
:
Eksponen
Waktu : 20 menit
Kelompok :
..............................................................
Tugas
Kelompok :...............................................................
Nama
Kelompok :
..............................................................
Langkah-langkah penyelesaian proyek:
1.
2. Tentukan
objek yang akan diamati
3. Lakukan
percobaan dan amati banyak bagian dari kertas lipat
4. Menyajikan
hasil banyak bagian dari pelipatan suatu kertas
5. Diskusikan
dan simpulkan hasil pengukuran
Sajikan banyak
bagian kertas
akibat proses pelipatan keterkaitan dengan banyak lipatan ke dalam Tabel dibawah ini
No. |
Lipatan
ke |
Banyaknya bagian kertas |
Pola perkalian |
1 |
0 |
1 |
|
2 |
1 |
2 |
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
6 |
|
|
|
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
9 |
|
|
|
10 |
|
|
|
Tentukan
pola bilangan eksponen dari hasil pengamatan diatas
Kesimpulan
:
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tuliskan Anggota
Kelompokmu disini :
1.
........................................
2.
........................................
3.
........................................
4. ........................................
Mengetahui Kepala Sekolah Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd,MM NIP 19560615 197903 2 005 |
Semarang, 31 Juli 2013 Pengampu, Agus Priyanto,S.Pd NIP 197690314 200701 1 012 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar