ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Minggu, 01 Januari 2023

RPP KELAS 10_( MATRIKS )

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                                           : SMA N 1 Maluku Tengah

Mata Pelajaran                  : Matematika-Wajib

Kelas / Semester    : X / 1

Materi Pelajaran    : Matematika

Topik                                               : Matriks

Pertemuan ke                     : 1

Waktu                                             : 2 x 45 menit

 

A.     Kompetensi Inti

KI 1      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.       

KI 2      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3      : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4      : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan kerjasama, konsisten, sikap disiplin, dan sikap toleransi dalam perbedaaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dan Mampu mentransformasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika

  2.2  Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis  dan disiplin dalam melakukan tugas    belajar matematik    

2.3    Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan    

3.5    Mendeskripsikan  operasi   sederhana   serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah

4.6              Menyajikan model  matematika dari suatu masalah nyata  yang berkitan dengan matriks

                         

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.   Menemukan konsep , ukuran (ordo) serta jenis-jenis

2.   menemukan konsep penjumlahan dua , pengurangan dua , perkalian suatu  bilangan real dengan  dan perkalian dua 

 

D.    Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat:

1.     Siswa dapat memahami konsep , ukuran , dan jenis-jenis matriks

2.     Siswa dapat memahami transpos matriks

3.     Siswa dapat memahami penjumlahan dan pengurangan dua matriks

4.     siswa dapat memahami kesamaan matriks

E.     Materi Pelajaran

1.     Definisi

 adalah susunan bilangan yang diatur menurut aturan baris dan kolom dalam suatu jajaran berbentuk persegi atau persegipanjang. Susubab bilangan itu diletakkan di dalam kurung biasa “ ( )” atau kurung siku “ [  ]”.

 

2.     Mengenal bentuk dan ciri

Pada 19 november 2013 mendatang, Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mewisuda mahasiswanya. Wisudawan  diantaranya berasal dari fakultas kedokteran, teknik, hukum, dan Isipol. Berikut ini adalah jumlah mahasiswa yang akan mengikuti prosesi wisuda pada taggal 19 November mendatang.

 

Fakultas

Banyak Wisudawan

Pria

Wanita

Kedokteran

33

54

Teknik

226

111

Hukum

38

23

Isipol

56

80

Dengan menghilangkan judul baris dan judul kolomnya, penulisan data tersebut dapat diringkas sebagai berikut.   

Susunan kumpulan bilangan di atas berbentuk persegi panjang dan dinyatakan dalam baris dan kolom sehingga bisa disebut . Sebuah  dapat diberi nama menggunakan huruf kapital, seperti A, B, C, dan seterusnya. Misalnya nama  di atas adalah  A.

 

3.     Beberapa pengertian dan istilah dalam

a.     Pengertian Baris, Kolom dan Elemen sebuah

                               i.    Baris sebuah  adalah susunan bilangan-bilangan yang mendatar atau horisontal dalam .

                               ii.   Kolom sebuah  adalah susunan bilangan-bilangan yang tegak dalam .

                              iii.  Elemen atau Unsur suatu  adalah bilangan-bilangan (real atau kompleks) yang menyusun  itu.

b.     Pengertian ordo 

Banyak baris dan kolom dari suatu  menentukan ordo atau ukuran bagi suatu .

                               i.    Ordo atau ukuran dari suatu  ditentukan oleh banyak baris dan kolom dari  itu

                               ii.   Banyak elemen atau  banyak unsur  dari suatu  ditentukan oleh hasil kali banyak baris dengan banyk kolom dari  itu.

 

contoh .

A4×2 =

Baris pertama

Baris kedua

Baris ketiga

Baris keempat

 

 

Kolom pertama

Kolom kedua

 

 

 

 

 

 

 

 A terdiri atas 4 baris dan 2 kolom. Oleh karena itu,  A dikatakan berordo 4×2. Adapun bilangan-bilangan yang terdapat dalam  dinamakan elemen . sebagai contoh, pada  A tersebut, kita dapat menuliskan elemen-elemen pada baris pertama adalah 34 dan 8.

 

Secara Umum, matriks A ditulis dengan notasi sebago berikut:

A m x n =               

                                            Banyak kolom = n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

 m                  = banyak baris

 n                   = banyak kolom

A m x n adalah  A berordo m × n

(m × n) buah = banyak elemen

                  = elemem-elemen  ( i dari 1 samapai dengan m dan j dari 1 samapai dengan n )

4.     Jenis-Jenis Matriks

Beberapa jenis  berdasarkan ordo dan elemen-elemen  adalah sebagai berikut.

a.    baris adalah  yang terdiri dari satu baris.

Misalnya: P =[5  2], Q [10  9  8]

 

b.    kolom adalah  yang terdiri dari satu kolom.

Misalnya:

 ;   

 

c.     persegi adalah  yang banyak baris sama dengan banyak kolom. Misalnya:

 ;             ;

 

 

d.    persegi panjang adalh  yang banyak baris dengan kolomnya tidak sama.

misalnya

 ;    ;         

 

e.    nol adalah  yang semua elemennya nol.

Misalnya:

 

 

f.     identitas adalah  yang elemen-elemen diagonal utamanya sama dengan 1, sedangkan elemen-elemen lainnya sama dengan 0.

Misalnya:

               

g.    Skalar adalah  yang elemen-elemen diagonal utamanya sama, sedangkan elemen di luar elemen diagonalnya bernilai nol.

Misalnya:

 ;              

 

h.    diagonal adalah  persegi yang elemen di luar diagonal utamanya bernilai nol.

Misalnya:

 ;              

 

i.      segitiga atas adalah  persegi yang elemen-elemen di bawah diagonal utamanya bernilai nol.

Misalnya:

  ;       

j.      segitiga bawah adalah  persegi yang elemen-elemen di atas diagonal utamanya bernilai nol.

Misalnya:

  ;       

 

5.     Transpos atau putaran  A lambang A’ atau At atau Ẵ  adalah sebuah  yang disusun dengan cara menuliskan baris ke-i  A menjadi kolom ke-i dan sebaliknya, menuliskan kolom ke-j  A menjadi baris ke-j.

Misalnya:

Jika  , maka transpos dari B adalah Bt =  

 

F.      Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran         : pendekatan saintifik (scientific).

Metode Pembelajaran                : pembelajaran kooperatif (cooperative learning),

Jenis: Student Team Achievement Division (STAD)

1. Penyajian Kelas 

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi matriks dalam kehidupan nyata, memberikan motivasi peserta didik untuk bekerjasama  secara aktif dalam menyelesaikan tugas agar hasilnya optimum. 

2. Kegiatan Belajar Kelompok

Guru membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 s.d 5 peserta didik, kemudian memberikan Lembar Aktivitas Peserta Didik (LAPD) untuk setiap kelompok. 

3. Penilaian Sikap 

Guru memantau aktivitas setiap peserta didik dalam kelompok dan melakukan penilaian sikap untuk menguji kinerja individu pada umumnya digunakan tes atau kuis. Setiap siswa wajib mengerjakan tes atau kuis. Setiap siswa berusaha untuk bertanggung jawab secara individual, melakukan yang terbaik sebagai kontribusinya kepada kelompok. 

4. Penskoran Peningkatan Individu 

Tujuan memberikan skor peningkatan individu adalah memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk menunjukkan gambaran kinerja pecapaian tujuan dan hasil kerja maksimal yang telah dilakukan setiap individu untuk kelompoknya.

5. Tahapan Mengukur Kinerja Kelompok

Setelah kegiatan penskoran peningkatan individu selesai, langkah selanjutnya adalah pemberian penghargaan kepada kelompok. Penghargaan kelompok diberikan berdasarkan skor peningkatan kelompok yang diperoleh.

G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.     Media Pembelajaran

-         Bahan tayangan untuk konfirmasi.

-         Lembar Aktivitas

-         Lembar observasi untuk penilaian sikap dan ketrampilan.

-         Lembar tes tertulis untuk mengukur pengetahuan.

2.     Alat Pembelajaran

Komputer (Personal computer/ Notebook), Active Speaker, LCD Proyektor, dan Layar Proyektor.

3.     Sumber Pembelajaran

-         Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X,  Terbitan Tahun 2013, Kontributor Naskah Bornok Sinaga, dan kawan-kawan, Penelaah Agung Lukito dan Sisworo, Penerbit Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta.

-         Buku Matematika lain yang sesuai sebagai referensi.

-         youtube

           

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan doa, dan salam.

2.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

3.     Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami matriks dalam kehidupan nyata.

4.     Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang, kemudian membagikan lembar aktivitas Siswa

 

5 menit

Inti

1.     Setiap kelompok mencermati dan berdiskusi untuk memahami pengertian serta ukuran matrik

2.     siswa dalam tiap kelompok berdiskusi untuk memahami jenis-jenis matriks dan transpos matriks

3.     setiap kelompok berdidkusi untuk memahami penjumlahn, pengurangan serta perkalian matriks dengan bilangan real.

4.     selama proses 1 s.d 3 berlangsung siswa membuat dan mencatat pertanyaan

5.     Perwakilan kelompok persentasi hasil diskusi

6.     Guru memberikan konfirmasi untuk materi yang dipersentasikan

 

Catatan: selama kegiatan pembelajaran guru melakukan penilaian sikap dan ketrampilan. 

 

70 menit

Penutup

1.     Guru dan peserta didik membuat kesimpulan mengenai materi Matriks

2.     Guru memberikan tugas kepada peserta didik

3.     Guru melakukan penilaian pengetahuan untuk mengetahui apakah peserta didik sudah menguasai kompetensi dasar yang ditunjukkan dalam indikator dan tujuan pembelajaran. (fleksibel)

15 menit

 

 

H.   Penilaian

1. Jenis/ teknik penilaian, dan Bentuk Instrumen

No

Penilaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

1.

Sikap

Pengamatan, dan penilaian diri

Lembar pengamatan

2.

Pengetahuan

Tes tertulis

Uraian, pilihan ganda, dan isian/ jawaban singkat

3.

Keterampilan

Penilaian Kinerja

Lembar pengamatan, dan Portofolio

 


 

2. Instrumen

a.     Penilaian sikap

Kelompok 1

 

No.

Nama Siswa

 

Skor

Jumlah Skor

Nilai

Menerima

Merespon

Menghargai

Bertanggung Jawab

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.     Penilaian Pengetahuan

Soal

Selesaikan soal berikut dengan sifat perpangkatan

1.     perhatikan matriks berikut!

  tentukan banyak baris, banyak kolom, dan ordo matriks W

2.     jika matriks A =  ,  dan B =

tentukan

a.     matriks Bt

b.     matriks A - Bt

 

3.     diketahui matriks A = , dan B =

jika A = B, tentukan nilai x dan y!

 

 

 

 

 

 

 

c.      penilaian keterampilan

Kelompok ...

 

No

Nama Siswa

Skor

Jumlah Skor

Nilai

Mengamati

Menanya

Mencoba

Menyajikan

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Pedoman penskoran

a.     Penilaian Sikap

Skor

Kriteria

4

Dapat menerima saran (masukan), merespon, menghargai pendapat, bertanggung jawab (bekerja sama) dengan setiap anggota kelompok.

3

Dapat menerima saran (masukan), merespon, menghargai pendapat, bertanggung jawab (bekerja sama) dengan 2 anggota kelompok.

2

Dapat menerima saran (masukan), merespon, menghargai pendapat, bertanggung jawab (bekerja sama) dengan 1 anggota kelompok.

1

Tidak Dapat menerima saran (masukan), merespon, menghargai pendapat, bertanggung jawab (bekerja sama).

 

Nilai sikap peserta didik =  

Kriteria Penilaian

Jumlah skor maksimum = 3 x 4 = 12

Nilai (N)

Kategori

N ³ 85

Sangat Baik (SB)

75 £ N < 85

Baik (B)

65 £ N < 75

Cukup (C)

N < 65

Kurang (K)

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Kunci Jawaban

Skor

1.

Banyak baris = 4

Banyak kolom =2

Ordo = 4 x 2

1

1

1

2.

Bt =

A - Bt =  -

A - Bt =

A - Bt =    -

 

2

 

1

 

2

 

 

2

 

3.

 =

3x = 9

x = 9 : 3

x = 3

 

x + 2y = 5

3 + 2y = 5

       2y = 5 - 3

       2y = 2

        y  =  1

 

1

 

2

1

1

 

2

1

 

1

1

 

Jumlah skor

20

 

b.     Penilaian keterampilan

 

Skor

Kriteria

3

Aktif dalam mengamati, menanya, mencoba dalam usaha mendapatkan dan menyajikan hasil kerja kelompok.

2

Kurang aktif dalam mengamati, menanya, mencoba dalam usaha mendapatkan dan menyajikan hasil kerja kelompok.

1

Tidak aktif dalam mengamati, menanya, mencoba dalam usaha mendapatkan dan menyajikan hasil kerja kelompok.

 

Jumlah skor maksimum = 4 x 3 = 12

Nilai ketrampilan peserta didik =  

 

 

 

 

 

Kategori

 

Nilai (N)

Kategori

N ³ 85

Sangat Baik (SB)

75 £ N < 85

Baik (B)

65 £ N < 75

Cukup (C)

N < 65

Kurang (B)

 

Peserta didik yang memperoleh skor ³ 75 telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik yang memperoleh skor < 75 belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan wajib mengikuti pembelajaran remedial.

 

Tugas

 

kerjakan latihan berikut (dikumpulkan pertemuan berikutnya)

1.     Uji kompetensi 4.1 pada buku paket halaman 129 no 12

2.     Uji kompetensi 4.2 pada buku paket halaman 141 no 10

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                       Jakarta, November 2013

Kepala SMA Labschool Jakarta                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran,

                       

 

 

Drs. M. Fakhruddin, M. Si.                                                                                                                                                                                         Ali Murtandho, S.Pd

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...