ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Minggu, 01 Januari 2023

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS 8

 

SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan     :   SMP/MTs

Mata Pelajaran           :   Matematika

Kelas                            :   VIII (Delapan)

 

Kompetensi Inti

KI 1 :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4 :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal

 

 

2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

2.3  Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.

 

 

 

 

 

3.1  Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional

Operasi Aljabar

Mengamati

ยง Mencermati bentuk aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep

ยง Mencermati penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan

ยง Mencermati cara pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun

ยง Mencermati masalah mengenai pembagian bentuk aljabar

ยง Mencermati cara menyederhanakan bentuk aljabar

 

Menanya

ยง Menanya tentang  berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x dan y?

ยง Menanya tentang proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan

ยง Menanya tentang pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan

ยง Menanya tentang pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang lain

ยง Menanya tentang cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar

ยง Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu

ยง Menggali informasi tentang klasifikasi bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata

ยง Menggali informasi tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar

ยง Menggali informasi tentang perkalian dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar

ยง Menggali informasi tentang dan pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya bukan nol.

ยง Menggali informasi tentang cara penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari

ยง Menganalisis penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar

ยง Menganalisis hasil kali dan hasil bagi bentuk aljabar

ยง Menganalisis bagaimana menyederhanakan bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana

ยง Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk aljabar menggunakan contoh penyangkal

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta penyederhanaan bentuk aljabar

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan operasi aljabar

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar dalam keseharian

 

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Melakukan permainan mengenai tanggal lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar,  lingkungan, alat peraga yang berkaitan denga operasi aljabar

3.5       Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram

 

Fungsi

 

Mengamati

ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi

ยง Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan

ยง Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari contoh yang diberikan

ยง Mencermati cara-caa penyajian fungsi yang biasa digunakan dalam matematika 

 

Menanya

ยง Menanya tentang manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari

ยง Menanya tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi.

 

Mengumpulkan informasi

ยง  Menggali informasi tentang  contoh fungsi dan bukan fungsi

ยง Menggali informasi tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan

ยง Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan

ยง Menggali informasi tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui

ยง Menggali informasi tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi

ยง Menggali informasi tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius

ยง Menggali informasi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi

ยง Menganalisis persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi

ยง Menganalisis perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง Menganalisis unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian fungsi

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari

ยง Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Mencari informasi ke warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu

 

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi,  alat peraga, lingkungan

3.4  Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya

 

Persamaan Garis Lurus

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

ยง Mencermati cara menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus

ยง Mencermati cara penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua titik

 

Menanya

ยง Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis lurus

ยง Menanya tentang syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan berupa garis lurus

ยง Menanya tentang persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu titik

ยง Menanya tentang cara menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua titik

ยง Menanya tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik

ยง Menanya tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat

ยง Menanya penyelesaian tentang kemiringan pada persamaan garis lurus

 

Mengumpulkan informasi

ยง  Menggali menggali informasi tentang penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari

ยง Menggali informasi tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus yag tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang disajikan

ยง Menggali informasi tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke dalam grafik garis lurus

ยง Menggali informasi tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang sejajar

ยง Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus

ยง Menggali informasi gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk

ยง Menggali informasi untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik

ยง Menggali informasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis lurus

ยง Menganalisis penentuan titik potong dua garis

ยง Menganalisis pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan garis lurus yang berbeda-beda

ยง Menganalisis unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu titik maupun dua titik

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai grafik persamaan garis lurus,  kemiringan persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis lurus

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan aris lurus

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan garis

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Membuat grafik persamaan garus lurus menggunakan komputer

 

15 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus,  alat peraga, lingkungan

3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata

4.1  Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

 

Persamaan Linear Dua Variabel

Mengamati

ยง Mencermati tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Mencermati cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari

ยง Mencermati contoh selesaian dan bukan selesaian permasalahan linear dua variabel dari masalah sehari-hari

ยง Mencermati cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah sehari-hari

ยง Mencermati cara membuat model masalah dari sistem persamaan dua variabel

 

 

Menanya

ยง Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Menanya tentang hubungan persamaan linear dengan persamaan garis lurus

ยง Menanya tentang cara menentukan selesaian persamaan linear dua variabel

ยง Menanya tentang cara menyelesaikan dua buah persamaan dua variabel sehingga memiliki satu selesaian

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Menggali informasi tentang persamaan linear dua variabel tertentu

ยง Menggali informasi tentang perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel

ยง Menggali informasi tentang masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

ยง Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Menggali informasi tentang  masalah sehari-hari yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel dan pemecahan masalahnya.

ยง Menggali informasi tentang penyelesaian persamaan non linear dua variabel dengan mengubah bentuk ke sistem persamaan linear dua variabel

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua variabel

ยง Menganalisis perbedaan persamaan yang merupakan persamaan linear dua variabel dan yang bukan

ยง Menganalisis perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel

ยง Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai persamaan persamaan linear dua variabel, menentukan selesaian persamaan linear dua variabel, dan membuat model masalah dari sistem persamaan persamaan linear dua variabel

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan linear dua variabel

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan linear dua variabel

ยง Tes tertulis mengerjakan soal-soal persamaan linear dua variabel

 

Keterampilan:

ยง Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dan penerapannya kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Mengumpulkan data dari sebuah kran air yang bocor per lima detik dan dari hasil pengamatan tersebut dibuat makalah atau paper

20 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel,  alat peraga, lingkungan

3.10     Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu

 

Sistem Koordinat

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat

ยง Mencermati jarak titik-titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y dan hubungannnya dengan koordinat titik-titik tersebut

ยง Mencermati titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y tetapi memiliki koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada pada kuadran yang berbeda

ยง Mencermati posisi titik terhadap titik asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b)

ยง Mencermati posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y

 

Menanya

ยง Menanya tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat

ยง Menanya tentang jarak titik-titik dari sumbu-x dan sumbu-y

ยง Menanya tentang koordinat suatu titik terhadap titik pusat) dan titik lainnya

ยง Menanya tentang sejajar atau tidak, tegak lurus atau tidak, dan berpotongan atau tidak suatu garis dengan sumbu-x dan sumbu-y

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat

ยง Mengali informasi yang berkaitan dengan koordinat titik pada bidang koordinat kartesius yang berada pada empat kuadran

ยง Menggali informasi perbedaan titik yang berada di masing-masing kuadran

ยง Menggali informasi tentang konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat Cartesius

ยง Menggali informasi tentang kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius

ยง Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda atau letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta yang lengkap dalam sistem koordinat

ยง Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat

ยง Menggali informasi tentang posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan sistem koordinat dalam masalah sehari-hari

ยง Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu-y

ยง Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang berada di atas dan bawah sumbu-x

ยง Menganalisis koordinat-titik-titik yang memiliki jarak yang sama dan tidak sama dengan sumbu-x dan sumbu-y

ยง Menganalisis koordinat suatu titik tertentu terhadap titik tertentu

ยง Menganalisis garis yang melalui suatu titik, apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau berpotongan

ยง Menganalisis bangun apa yang terbentuk titik-titik yang berada pada bidang kordinat dihubungkan

ยง Menganalisis letak suatu benda bersifat relatif apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis lintang dan garis bujur bumi

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y, posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu (a, b), dan posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai sistem koordinat

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง Tugas terstruktur mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan sistem koordinat

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan sistem koordinat dalam keseharian

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan sistem koordinat

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan sistem koordinat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Mencari peta suatu kota, lalu membuat pertanyaan berkaitan dengan sistem koordinat

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat, peta, alat peraga lainnya, lingkungan

3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui

 

Persamaan Kuadrat

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

ยง Mencermati bentuk umum dan cara memfaktorkan dari persamaan kuadrat

ยง Mencermati cara menentukan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna

ยง Mencermati aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata

 

Menanya

ยง Menanya tentang pentingnya persamaan kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari

ยง Menanya tentang cara menentukan nilai dari persaman kuadrat

ยง Menanya tentang perbandingan dalam cara  memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

ยง Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan derajat dari suatu persamaan kuadrat

ยง Menggali informasi tentang strategi memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat

ยง Menggali informasi tentang cara mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik

ยง Menggali informasi tentang diskriminan pada persamaan kuadrat

ยง Menggali informasi tentang bentuk suatu persamaan kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat

ยง Menggali informasi untuk menentukan solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya

ยง Menggali informasi aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari

ยง Menganalisis langkah-langkah menentukan persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar persamaannya

ยง Menganalisis determinan dan selesaian akar persamaan kuadrat

ยง Menganalisis perbedaan persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง Menganalisis unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan persamaan kuadrat dalam masalah nyata

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Sikap

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan kuadrat

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian

ยง Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan persamaan kuadrat

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Menemukan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat,  alat peraga, lingkungan

3.12 Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

4.2  Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

4.4  Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmetika

 

Perbandingan

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan

ยง Mencermati contoh dan konsep  perbandingan senilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang dibutuhkan

ยง Mencermati contoh dan konsep perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan waktu dan kecepatan, banyak pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya

 

Menanya

ยง Menanya tentang perbandingan, skala, rasio, dan  pentingnya untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah sehari-hari

ยง Menanya tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai

ยง Menanya tentang cara mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau peta, dan sebaliknya

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang bentuk perbandingan atau proporsi

ยง Menggali informasi tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai

ยง Menggali informasi suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana

ยง Menggali informasi tentang nilai perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan kuantitas benda dalam suatu kumpulan benda

ยง Menggali informasi tentang nilai perbandingan yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persamaan

ยง Menggali informasi tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, termasuk penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan

ยง Menggali informasi tentang  perbandingan dalam menyelesaikan masalah matematika atau masalah sehari-hari

ยง Menggali informasi tentang nilai suatu perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan persamaan

ยง Menggali informasi tentang besaran yang tidak diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan aritmatika

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan perbandingan dalam masalah nyata

ยง Menganalisis pernyataan yang berkaitan dengan perbandingan senilai

ยง Menganalisis sifat perbandingan (linear, tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh atau logika berpikir)

ยง Menganalisis perbedaan perbandingan langsung dan tidak langsung melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง Menganalisis sifat perbandingan berdasar perilaku grafiknya

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan senilai dan berbalik nilai

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai perbandingan

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan perbandingan dalam keseharian

 

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan

 

Keterampilan

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Menyelidiki bagaimana tinggi bola dijatuhkan berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat grafik, lakukan beberapa kali percobaan dan bandingkan hasilnya

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan,  alat peraga, lingkungan

3.8  Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan

4.3  Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata

4.5  Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah

 

 

Teorema Pythagoras

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teorema pythagoras

ยง Mencermati ilustrasi dalam pembuktian teorema pythagoras

ยง Mencermati hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring  pada segitiga siku-siku

ยง Mencermati penyelesaian masalah nyata dengan teorema pythagoras

 

Menanya

ยง Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan teorema pythagoras

ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan pola bilangan dan sebaliknya

ยง Menanya tentang hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku dan teorema pythagoras

ยง Menanya tentang hubungan antar panjang sisi siku-siku  dan sisi miring pada segitiga siku-siku

 

Mengumpulkan informasi

ยง Menggali informasi tentang bentuk, unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku

ยง Mengali informasi tentang triple pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang ketiga sisinya adalah bilanga bulat

ยง Menggali informasi tentang sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema Pythagoras

ยง Mengidentifikasi teorema pythagoras berdasarkan pola-pola bilangan

ยง Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik serta strategi untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi sifat triple Pythagoras

ยง Menggali informasi yang berkaitan dengan masalah penerapan teorema Pythagoras dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

ยง Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah penerapan teorema Pythagoras

ยง Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan teorema Pythagoras dan pola bilangan pada masalah nyata

ยง Menganalisis syarat keberlakuan teorema Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh atau logika berpikir

ยง Menganalisis  sifat teorema Pythagoras berdasrkan pola-pola bilangan

ยง Menganalisis hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus

ยง Menganalisis permasalahan nyata dengan teorema pythahoras

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pemahaman teorema pythagoras, hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus, serta penyelesaian masalah nyaa dengan teorema pythagoras

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai teorema pythagoras

 

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan teorema pythagoras

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi sejarah teorema pythagoras

 

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan teorema pythagoras

 

Keterampilan

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan teorema pythagoras dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Memperkirakan tinggi suatu pohon atau gedung menggunakan teorem pthagoras

20 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan teorema phytagoras, penggaris,  alat peragalainnya, lingkungan

3.6  Mengidentifikasi unsur, keliling, dan luas dari lingkaran

3.7  Menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

4.6  Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

 

 

Lingkaran

Mengamati

ยง Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep lingkaran

ยง Mencermati unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)

ยง Mencermati bentuk sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama

ยง Mencermati proses ditemukannya rumus keliling lingkaran

 

Menanya

ยง Menanya tentang konsep dan bentuk lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal  untuk membuat roda, mempermudah gerak benda, dsb

ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media yang tersedia, dsb

ยง Menanya tentang keterkaitan antar unsur-unsur lingkaran

ยง Menanya hubungan sudut pusat dan sudut keliling

ยง Menanya hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama

ยง Menanya tentang hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring

 

Mengumpulkan Informasi

ยง Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran

ยง Menggali informasi tentang unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)

ยง Menggali informasi tentang nilai rasio atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai ฯ€ dengan nilai kira-kira 3.14

ยง Menggali informasi tentang jari-jari, diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran

ยง Menggali informasi tentang daerah juring lingkaran dengan sudut pusat tertentu

ยง Menggali informasi tentang besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring

ยง Menggali informasi tentang hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama

ยง Menggali informasi untuk merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya

ยง Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring

ยง Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring

ยง Menggali informasi tentang sudut pusat dan sudut keliling lingkaran

ยง Menggali informasi tentang tahapan dan prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring

ยง Menggali informasi untuk menghitung keliling dan luas lingkaran

ยง Menggali informasi tentang garis singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran

ยง Menggali informasi tentang panjang garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran

ยง Menggali informasi tentang panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran

ยง Melukis lingkaran dalam segitiga

ยง Menggali informasi tentang Melukis lingkaran luar segitiga

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis penerapan konsep lingkaran dalam masalah nyata

ยง Menganalisis hubungan antara unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)

ยง Menganalisis sudut pusat dan sudut keliling

ยง Menganalisis panjang busur dan luas juring

ยง Menganalisis rumus keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama, dan hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran

 

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan lingkaran

 

Keterampilan

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Memotong lingkaran dengan potongan juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan bangun datar lain

 

25 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran,  alat peraga, lingkungan

3.9    Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas

3.11 Menaksir dan menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya

 

 

Bangun Ruang Sisi Datar

(kubus, balok, prisma, dan limas)

Mengamati

ยง Mencermati bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada kaitannya dengan kehidupan nyata

ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Mencermati kerangka dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

 

Menanya

ยง Menanya tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata

ยง Menanya tentang  luas dan volume berbagai benda di sekitar melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas

ยง Menanya tentang  berbagai aspek luas dan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume pada bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Menanya tentang penerapan luas dan volume untuk bangun ruang yang tidak beraturan

 

Mengumpulkan Informasi

ยง Menggali informasi tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata

ยง Menggali informasi tentang model kerangka serta jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Menggali informasi tentang unsur-unsur bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Menggali informasi tentang luas permukaan serta volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan

ยง Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan

ยง Menggali informasi tentang menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Menganalisis konsep dan rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง Menganalisis unsur-unsur rumus luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) serta perilaku hubungan fungsionalnya

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas, serta menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar tidak beraturan

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun ruang sisi datar

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang  sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

ยง Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

 

Keterampilan

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Membuat bangun ruang  sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau bahan bekas lainnya

25 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar,  alat peraga, benda di lingkungan

Kubus, balok

3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel

4.7  Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel

 

Penyajian Data:

Diagram batang

Diagram lingkaran

Grafik

Mengamati

ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data

ยง Mencermati penyajian data dalam bentuk diagram tabel, batang, dan diagram lingkaran

 

Menanya

ยง Menanya tentang penyajian data yang ada dalam kehidupan sehari-hari

ยง Menanya tentang cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer

ยง Menanya tentang strategi dan pemanfaatan data dalam permasalahan sehari-hari dalam rangka pengambilan keputusan

ยง Menanya dalam bentuk apakah penyajian data paling sesuai dengan konteks masalah. Apakah dalam bentuk diagram batang, diagram baris, atau diagram lingkaran

 

Mengumpulkan Informasi

ยง Menggali informasi tentang penyajian data dengan menggunakan tabel,  grafik batang, diagram lingkaran, dan garis lurus

ยง Menggali informasi tentang penafsiran data

ยง Menggali informasi tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif

ยง Menggali informasi tentang penataan data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipahami karakteristik datanya dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual dan dengan bantuan komputer

ยง Menggali informasi tentang hubungan antar variabel pada data yang bersifat korelatif, regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu

ยง Menggali informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, grafik garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan data

ยง Menggali informasi untuk merancang dan menyusun alat pengumpul data yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb

ยง Menggali informasi tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistik tertentu (misal: ukuran tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi atau persebaran data, ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa mendatang,  serta tingkat hubungan antar variabel pada datanya

ยง Menggali informasi tentang alternative pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis tentang penyajian data dengan menggunakan tabel,  grafik batang, diagram lingkaran, dan garis lurus

ยง Menganalisis tentang penafsiran data

ยง Menganalisis tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif

ยง Menganalisis tentang cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer

 

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian data

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan pendataan kemudian menyajikan dan mengolahnya

ยง Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data

 

Keterampilan:

ยง Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan penyajian, pengolahan data dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Mengumpulkan data tentang makanan dan minuman, lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis, batang, atau lingkaran disertai interprestasinya

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian data,  komputer, penggarais, alat peraga lainnya, lingkungan

3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data

4.8    Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik

Peluang empirik

Peluang teoritik

Mengamati

ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik

ยง Mencermati kejadian dari suatu eksperimen dengan menggunakan koin dan dadu dalam rangka memahami peluang teoritik dan peluang empirik

Menanya

ยง Menanya tentang kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik

ยง Menanya tentang hubungan antara peluang teoritik dengan peluang empirik

ยง Menanya tentang perbedaan antara peluang teoritik dengan peluang empirik

 

Mengumpulkan Informasi

ยง Menggali informasi tentang permasalahan nyata yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik

ยง Menggali informasi tentang cara menentukan ruang sampel

ยง Menggali informasi tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak independen

ยง Menggali informasi tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui eksperimen (bisa dengan menggunakan koin atau dadu)

ยง Menggali informasi tentang hubungan peluang empirik dan peluang teoritik

ยง Menggaliinformasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง Menganalisis tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik

ยง Menganalisis tentang ruang sampel dari beberapa eksperimen

ยง Menganalisis banyaknya titik sampel pada suatu kejadian

ยง Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak independen

ยง Menganalisis tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui suatu eksperimen

ยง Menganalisis hubungan peluang empirik dengan peluang teoritik

ยง Menganalisis  tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat acak menjadi tidak acak.

ยง Menganalisis tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang

Mengomunikasikan

ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang teoritik dan perbandingan peluang teoritik dengan peluang empirik

ยง Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง Mengamati ketelitian dan  rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang empirik dan peluang teoritik

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang

ยง Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi manfaat peluang

ยง Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik

 

Keterampilan:

Portofolio

ยง Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Projek

ยง Mengamati kejadian di lingkungan sekitar yang berhubungan dengan peluang, lalu membuat aturan yang berhubungan dengan penamatan tersebut

10 JP

ยง Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan peluang,  dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya, lingkungan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...