SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VIII (Delapan)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak
langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui
observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan
jurnal |
|
|
2.1
Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan
tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. 2.2
Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya
pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.3
Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan
bilangan rasional |
Operasi Aljabar |
Mengamati ยง
Mencermati bentuk aljabar dalam
masalah sehari- hari atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan konsep ยง
Mencermati penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar yang disajikan ยง
Mencermati cara pengalian bentuk
aljabar dengan cara bersusun ยง
Mencermati masalah mengenai pembagian
bentuk aljabar ยง
Mencermati cara menyederhanakan bentuk
aljabar Menanya ยง
Menanya tentang berbagai bentuk aljabar dari masalah
sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke
bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa sehari-hari ke dalam
bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh digunakan hanya x
dan y? ยง
Menanya tentang proses penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar serta bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa
dijumlahkan atau dikurangkan ยง
Menanya tentang pengalian bentuk
aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan ยง
Menanya tentang pembagian bentuk
aljabar. Misal: Bagaimana jika pada pembagian bentuk aljabar sisanya tidak
nol atau apakah setiap bentuk aljabar bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang
lain ยง
Menanya tentang cara-cara
penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana menyederhanakan bentuk aljabr
yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu langkah demi langkah pada
penyederhanaan bentuk aljabar Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar atau
diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi aljabar ยง
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar tertentu ยง
Menggali informasi tentang klasifikasi
bentuk aljabar berdasarkan suku, variabel, koefisien, dan konstata ยง
Menggali informasi tentang penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar. Informasi yang digali adalah tentang suku
sejenis dan contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar ยง
Menggali informasi tentang perkalian
dan faktor tentang faktor dari bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat
komutatif, asosiatif, dan distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk
aljabar ยง
Menggali informasi tentang dan
pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian bentuk aljabar hasil bagianya
tidak selalu bersisa nol dan bagaimana pembagian bentuk aljabar yang sisanya
bukan nol. ยง
Menggali informasi tentang cara
penyederhaan bentuk aljabar, membentuk ekspresi aljabar tertentu, atau
menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara bentuk aljabar Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis berbagai bentuk aljabar
dari masalah sehari-hari ยง
Menganalisis penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar dan membuat prosedur penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar ยง
Menganalisis hasil kali dan hasil bagi
bentuk aljabar ยง
Menganalisis bagaimana menyederhanakan
bentuk aljabar dan bagaimana bentuk aljabar dikatakan sederhana ยง
Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk
aljabar menggunakan contoh penyangkal Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pengenalan, penjumlahan dan
pengurangan, perkalian dan pembagian, serta penyederhanaan bentuk aljabar ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai operasi aljabar Pengetahuan: Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan operasi aljabar ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan operasi bentuk aljabar dalam
keseharian ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan operasi aljabar Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Melakukan permainan mengenai tanggal
lahir danmenentukan cara menebakk tanggal lahir dengan tepat |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan operasi aljabar, lingkungan, alat peraga yang berkaitan
denga operasi aljabar |
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan
berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram |
Fungsi |
Mengamati ยง
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan fungsi ยง
Mencermati beberapa relasi yang
terjadi diantara dua himpunan ยง
Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari
contoh yang diberikan ยง
Mencermati cara-caa penyajian fungsi
yang biasa digunakan dalam matematika Menanya ยง
Menanya tentang manfaat fungsi dalam
kehidupan sehari-hari ยง
Menanya tentang ciri-ciri fungsi,
bentuk fungsi, langkah menemukan fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai
cara, serta penggunaan fungsi. Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang contoh fungsi dan bukan fungsi ยง
Menggali informasi tentang pengertian
relasi, fungsi, atau pemetaan ยง
Mengidentifikasi perbedaan dan
persamaan tentang pengertian relasi, fungsi atau pemetaan ยง
Menggali informasi tentang suatu
fungsi dengan notasi, nilai suatu fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan
data fungsi diketahui ยง
Menggali informasi tentang pasangan
berurutan dari data fungsi, tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi,
dan rumus fungsi dari data fungsi ยง
Menggali informasi tentang grafik
fungsi pada koordinat cartesius ยง
Menggali informasi tentang
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan nilai fungsi Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan matematika yang
berkaitan dengan fungsi ยง
Menganalisis persamaan dan perbedaan
relasi dan fungsi ยง
Menganalisis perbedaan relasi dan
fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari ยง
Menganalisis unsur-unsur dalam membuat
tabel, diagram, dan grafik dari suatu fungsi Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian
fungsi ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik relasi dan fungsi Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari ยง
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan fungsi Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan fungsi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Mencari informasi ke warnet atau
wartel dalam menentukan tarif per satuan waktu |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan fungsi, alat peraga, lingkungan |
3.4 Menentukan persamaan garis lurus dan
grafiknya |
Persamaan Garis Lurus |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan garis lurus ยง
Mencermati cara menentukan titik yang
dilalui persamaan garis lurus pada tabel dan cara menggambar grafiknya ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan kemiringan persamaan garis lurus ยง
Mencermati cara penyelesaian tentang kemiringan
garis yang melalui dua titik Menanya ยง
Menanya tentang permasalahan
sehari-hari yang berhubungan dengan persamaan garis lurus ยง
Menanya tentang syarat suatu persamaan
apa supaya grafik yang disajikan berupa garis lurus ยง
Menanya tentang persamaan garis lurus
yang memotong sumbu-x dan sumbu-y di satu titik ยง
Menanya tentang cara menentukan
kemiringan garis lurus yang melalui dua titik ยง Menanya
tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui dua titik ยง Menanya
tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu koordinat ยง
Menanya penyelesaian tentang
kemiringan pada persamaan garis lurus Mengumpulkan informasi ยง
Menggali menggali informasi tentang
penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari ยง
Menggali informasi tentang syarat
suatu persamaan yang menghasilkan grafik garis lurus yag tetapat di satu
titik, yaitu titik (0, 0) melalui beberapa contoh yang disajikan ยง
Menggali informasi tentang fungsi
linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke
dalam grafik garis lurus ยง
Menggali informasi tentang sifat-sifat
berbagai persamaan garis lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan
tidak tegak lurus, serta yang sejajar ยง
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus ยง
Menggali informasi gradien atau
kemiringan garis lurus dalam berbagai bentuk ยง
Menggali informasi untuk persamaan
garis lurus yang melalui dua titik ยง
Menggali informasi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan persamaan garis lurus Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis permasalahan sehari-hari
berkaitan dengan persamaan garis lurus ยง
Menganalisis penentuan titik potong
dua garis ยง
Menganalisis pengertian gradien atau
kemiringan garis lurus berdasarkan gambar persamaan garis lurus yang berbeda-beda ยง
Menganalisis unsur-unsur dalam
menentukan persamaan garis lurus baik yang melalui satu titik maupun dua
titik Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai grafik persamaan garis lurus, kemiringan persamaan garis lurus, dan cara
menentukan persamaan garis lurus ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan aris
lurus Pengetahuan: Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi tentang persamaan garis ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan menentukan persamaan garis lurus Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan garis lurus dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Membuat grafik persamaan garus lurus
menggunakan komputer |
15 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, alat peraga, lingkungan |
3.2 Menentukan
nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata 4.1 Membuat dan menyelesaikan model matematika
dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel |
Persamaan Linear Dua
Variabel |
Mengamati ยง
Mencermati tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel ยง
Mencermati cara membuat persamaan
linear dua variabel dari masalah sehari-hari ยง
Mencermati contoh selesaian dan bukan
selesaian permasalahan linear dua variabel dari masalah sehari-hari ยง
Mencermati cara membuat persamaan
linear dua variabel dari masalah sehari-hari ยง
Mencermati cara membuat model masalah
dari sistem persamaan dua variabel Menanya ยง
Menanya tentang permasalahan sehari-hari
yang berhubungan dengan persamaan linear dua variabel ยง
Menanya tentang hubungan persamaan
linear dengan persamaan garis lurus ยง
Menanya tentang cara menentukan
selesaian persamaan linear dua variabel ยง
Menanya tentang cara menyelesaikan dua
buah persamaan dua variabel sehingga memiliki satu selesaian Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel ยง
Menggali informasi tentang persamaan
linear dua variabel tertentu ยง
Menggali informasi tentang perbedaan
persamaan linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel ยง
Menggali informasi tentang masalah
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model atau melalui diagram ยง
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel ยง
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah yang berkaitan berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel ยง
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang melibatkan sistem
persamaan linear dua variabel dan pemecahan masalahnya. ยง
Menggali informasi tentang
penyelesaian persamaan non linear dua variabel dengan mengubah bentuk ke
sistem persamaan linear dua variabel Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan bentuk persamaan linear dua variabel ยง
Menganalisis perbedaan persamaan yang
merupakan persamaan linear dua variabel dan yang bukan ยง
Menganalisis perbedaan persamaan
linear dua variabel dengan sistem persamaan linear dua variabel ยง
Menganalisis model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai persamaan persamaan linear dua
variabel, menentukan selesaian persamaan linear dua variabel, dan membuat
model masalah dari sistem persamaan persamaan linear dua variabel ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan linear
dua variabel Pengetahuan: Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan linear dua variabel ยง
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
persamaan linear dua variabel Keterampilan: ยง
Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dan penerapannya kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Mengumpulkan data dari sebuah kran air
yang bocor per lima detik dan dari hasil pengamatan tersebut dibuat makalah
atau paper |
20 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel, alat peraga, lingkungan |
3.10 Menggunakan koordinat Cartesius dalam
menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu |
Sistem Koordinat |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat ยง
Mencermati jarak titik-titik terhadap
sumbu-x dan sumbu-y dan hubungannnya dengan koordinat
titik-titik tersebut ยง
Mencermati titik-titik yang memiliki
jarak yang sama terhadap sumbu-x dan sumbu-y tetapi memiliki
koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut berada pada kuadran yang
berbeda ยง
Mencermati posisi titik terhadap titik
asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b) ยง
Mencermati posisi garis yang sejajar,
tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y Menanya ยง
Menanya tentang masalah sehari-hari
yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat ยง
Menanya tentang jarak titik-titik dari
sumbu-x dan sumbu-y ยง
Menanya tentang koordinat suatu titik
terhadap titik pusat) dan titik lainnya ยง
Menanya tentang sejajar atau tidak,
tegak lurus atau tidak, dan berpotongan atau tidak suatu garis dengan sumbu-x
dan sumbu-y Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan jenis sistem koordinat ยง
Mengali informasi yang berkaitan
dengan koordinat titik pada bidang koordinat kartesius yang berada pada empat
kuadran ยง
Menggali informasi perbedaan titik
yang berada di masing-masing kuadran ยง
Menggali informasi tentang konsep,
sifat dan unsur-unsur yang membentuk sistem koordinat Cartesius ยง
Menggali informasi tentang kedudukan
suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat
Cartesius ยง
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda atau
letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta yang lengkap dalam sistem
koordinat ยง
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat ยง
Menggali informasi tentang posisi
garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan sumbu-x dan
sumbu-y Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan sistem
koordinat dalam masalah sehari-hari ยง
Menganalisis perbedaan koordinat
titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu-y ยง
Menganalisis perbedaan koordinat
titik-titik yang berada di atas dan bawah sumbu-x ยง
Menganalisis koordinat-titik-titik
yang memiliki jarak yang sama dan tidak sama dengan sumbu-x dan sumbu-y ยง
Menganalisis koordinat suatu titik
tertentu terhadap titik tertentu ยง
Menganalisis garis yang melalui suatu
titik, apakah sangat sejajar, tegak lurus, atau berpotongan ยง
Menganalisis bangun apa yang terbentuk
titik-titik yang berada pada bidang kordinat dihubungkan ยง
Menganalisis letak suatu benda
bersifat relatif apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam
penerapan garis lintang dan garis bujur bumi Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai posisi titik terhadap sumbu-x
dan sumbu-y, posisi titik terhadap titik asal (0,0) dan titik tertentu
(a, b), dan posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai sistem koordinat Pengetahuan: Penugasan ยง
Tugas terstruktur mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan sistem koordinat ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan sistem koordinat dalam keseharian ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan sistem koordinat Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan sistem koordinat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Mencari peta suatu kota, lalu membuat
pertanyaan berkaitan dengan sistem koordinat |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan sistem koordinat, peta, alat
peraga lainnya, lingkungan |
3.3
Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui |
Persamaan Kuadrat |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat ยง
Mencermati bentuk umum dan cara
memfaktorkan dari persamaan kuadrat ยง
Mencermati cara menentukan persamaan
kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna ยง
Mencermati aplikasi persamaan kuadrat
dalam masalah nyata Menanya ยง
Menanya tentang pentingnya persamaan
kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari ยง
Menanya tentang cara menentukan nilai
dari persaman kuadrat ยง
Menanya tentang perbandingan dalam
cara memfaktorkan dan melengkapkan
kuadrat sempurna Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat ยง
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan derajat dari suatu
persamaan kuadrat ยง
Menggali informasi tentang strategi
memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat ยง
Menggali informasi tentang cara
mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik ยง
Menggali informasi tentang diskriminan
pada persamaan kuadrat ยง
Menggali informasi tentang bentuk
suatu persamaan kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang
dimiliki serta melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan
atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat ยง
Menggali informasi untuk menentukan
solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari masalah, serta
memberikan alasan kebenaran solusinya ยง
Menggali informasi aplikasi persamaan
kuadrat dalam masalah nyata Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan persamaan
kuadrat dalam kehidupan sehari-hari ยง
Menganalisis langkah-langkah
menentukan persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar persamaannya ยง
Menganalisis determinan dan selesaian
akar persamaan kuadrat ยง
Menganalisis perbedaan persamaan
kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง
Menganalisis unsur-unsur persamaan
kuadrat berdasarkan kurvanya Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan akar persamaan kuadrat
dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan
persamaan kuadrat dalam masalah nyata ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan |
Sikap Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan kuadrat Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan persamaan kuadrat ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian ยง
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan persamaan kuadrat Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Menemukan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang
berkaitan dengan permasalahan tersebut |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, alat peraga, lingkungan |
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.4 Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan aritmetika |
Perbandingan |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan ยง
Mencermati contoh dan konsep perbandingan senilai dalam kehidupan nyata
seperti hubungan jarak tempuh dan pertamax yang dibutuhkan ยง
Mencermati contoh dan konsep
perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan waktu dan
kecepatan, banyak pekerja dan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya Menanya ยง
Menanya tentang perbandingan, skala,
rasio, dan pentingnya untuk memodelkan
dan menyelesaikan masalah sehari-hari ยง
Menanya tentang perbandingan senilai
dan berbalik nilai ยง
Menanya tentang cara mengubah masalah
sehari-hari ke model, denah atau peta, dan sebaliknya Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang bentuk
perbandingan atau proporsi ยง
Menggali informasi tentang
perbandingan senilai dan berbalik nilai ยง
Menggali informasi suatu perbandingan
ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana ยง
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan/proporsi kuantitas benda dengan kuantitas benda dalam suatu
kumpulan benda ยง
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai
dari dua besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk
tabel, grafik dan persamaan ยง
Menggali informasi tentang nilai
perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda,
termasuk penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri,
sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan ยง
Menggali informasi tentang perbandingan dalam menyelesaikan masalah
matematika atau masalah sehari-hari ยง
Menggali informasi tentang nilai suatu
perbandingan berdasarkan tabel, grafik, dan persamaan ยง
Menggali informasi tentang besaran
yang tidak diketahui berdasarkan tabel, grafik, dan aritmatika Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan perbandingan
dalam masalah nyata ยง
Menganalisis pernyataan yang berkaitan
dengan perbandingan senilai ยง
Menganalisis sifat perbandingan
(linear, tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh atau logika
berpikir) ยง
Menganalisis perbedaan perbandingan
langsung dan tidak langsung melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง
Menganalisis sifat perbandingan
berdasar perilaku grafiknya Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan senilai dan berbalik
nilai ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai perbandingan Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan perbandingan dalam keseharian ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan perbandingan Keterampilan Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Menyelidiki bagaimana tinggi bola
dijatuhkan berkaitan dengan tinggi pantulan lalu dibuat grafik, lakukan
beberapa kali percobaan dan bandingkan hasilnya |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan, alat peraga, lingkungan |
3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui alat
peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan 4.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk
menyelesaikan masalah nyata 4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk
menyelesaikan berbagai masalah |
Teorema Pythagoras |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan teorema pythagoras ยง
Mencermati ilustrasi dalam pembuktian
teorema pythagoras ยง Mencermati
hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring pada segitiga siku-siku ยง
Mencermati penyelesaian masalah nyata
dengan teorema pythagoras Menanya ยง
Menanya tentang permasalahan
sehari-hari yang berhubungan dengan teorema pythagoras ยง
Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan, bagaimana mengubah
masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan pola bilangan dan
sebaliknya ยง
Menanya tentang hubungan sisi-sisi
segitiga siku-siku dan teorema pythagoras ยง
Menanya tentang hubungan antar panjang
sisi siku-siku dan sisi miring pada
segitiga siku-siku Mengumpulkan informasi ยง
Menggali informasi tentang bentuk,
unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku ยง
Mengali informasi tentang triple
pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang ketiga sisinya adalah bilanga bulat ยง
Menggali informasi tentang sisi-sisi
berbagai segitiga siku-siku untuk menemukan dan menjelaskan teorema
Pythagoras ยง
Mengidentifikasi teorema pythagoras berdasarkan
pola-pola bilangan ยง
Menggali informasi tentang ciri, sifat
dan karakteristik serta strategi untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi
sifat triple Pythagoras ยง
Menggali informasi yang berkaitan
dengan masalah penerapan teorema Pythagoras dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram ยง
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah penerapan teorema Pythagoras ยง
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan teorema
Pythagoras dan pola bilangan pada masalah nyata ยง
Menganalisis syarat keberlakuan
teorema Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh atau logika berpikir ยง
Menganalisis sifat teorema Pythagoras berdasrkan
pola-pola bilangan ยง
Menganalisis hubungan antar panjang
sisi pada segitiga khusus ยง
Menganalisis permasalahan nyata dengan
teorema pythahoras Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pemahaman teorema pythagoras,
hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus, serta penyelesaian masalah
nyaa dengan teorema pythagoras ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai teorema pythagoras Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan teorema pythagoras ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi sejarah teorema pythagoras ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan teorema pythagoras Keterampilan Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan teorema pythagoras dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Memperkirakan tinggi suatu pohon atau
gedung menggunakan teorem pthagoras |
20 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan teorema phytagoras,
penggaris, alat peragalainnya,
lingkungan |
3.6 Mengidentifikasi unsur, keliling, dan luas
dari lingkaran 3.7 Menentukan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring 4.6 Menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring |
Lingkaran |
Mengamati ยง
Mencermati masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan konsep lingkaran ยง
Mencermati unsur-unsur lingkaran
(busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan
sudut pusat) ยง
Mencermati bentuk sudut pusat dan
sudut keliling yang menghadap busur yang sama ยง
Mencermati proses ditemukannya rumus
keliling lingkaran Menanya ยง
Menanya tentang konsep dan bentuk
lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal untuk membuat roda, mempermudah gerak
benda, dsb ยง
Menanya tentang kelebihan dan manfaat
benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media
yang tersedia, dsb ยง
Menanya tentang keterkaitan antar
unsur-unsur lingkaran ยง
Menanya hubungan sudut pusat dan sudut
keliling ยง
Menanya hubungan antar beberapa susut
keliling yang menghadap sudut pusat yang sama ยง
Menanya tentang hubungan antara sudut
pusat dengan panjang busur dan luas juring Mengumpulkan Informasi ยง
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan
fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran ยง
Menggali informasi tentang unsur-unsur
lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring,
tembereng, dan sudut pusat) ยง
Menggali informasi tentang nilai rasio
atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai ฯ dengan nilai kira-kira
3.14 ยง
Menggali informasi tentang jari-jari,
diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah
lingkaran ยง
Menggali informasi tentang daerah
juring lingkaran dengan sudut pusat tertentu ยง
Menggali informasi tentang besar sudut
pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring ยง
Menggali informasi tentang hubungan
antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama ยง
Menggali informasi untuk merumuskan
model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan
masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya ยง
Menggali informasi tentang algoritma
atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam
menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring ยง
Menggali informasi tentang metode
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring ยง
Menggali informasi tentang sudut pusat
dan sudut keliling lingkaran ยง
Menggali informasi tentang tahapan dan
prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring ยง
Menggali informasi untuk menghitung
keliling dan luas lingkaran ยง
Menggali informasi tentang garis
singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran ยง
Menggali informasi tentang panjang
garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran ยง
Menggali informasi tentang panjang
garis singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran ยง
Melukis lingkaran dalam segitiga ยง
Menggali informasi tentang Melukis
lingkaran luar segitiga Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis penerapan konsep
lingkaran dalam masalah nyata ยง
Menganalisis hubungan antara
unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema,
juring, tembereng, dan sudut pusat) ยง
Menganalisis sudut pusat dan sudut
keliling ยง
Menganalisis panjang busur dan luas
juring ยง
Menganalisis rumus keliling dan luas
lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil
pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut
pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama, dan hubungan antara
sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan lingkaran Keterampilan Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Memotong lingkaran dengan potongan
juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan bangun
datar lain |
25 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran, alat peraga, lingkungan |
3.9 Menentukan luas permukaan dan volume
kubus, balok, prisma, dan limas 3.11 Menaksir dan menghitung luas permukaan dan
volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya |
Bangun Ruang
Sisi Datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) |
Mengamati ยง
Mencermati bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada kaitannya dengan kehidupan nyata ยง
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) ยง
Mencermati kerangka dan jaring-jaring
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) Menanya ยง
Menanya tentang bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata ยง
Menanya tentang luas dan volume berbagai benda di sekitar
melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok, prisma, dan limas ยง
Menanya tentang berbagai aspek luas dan volume, misal: apa
kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan masalah luas dan volume pada
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ยง
Menanya tentang penerapan luas dan
volume untuk bangun ruang yang tidak beraturan Mengumpulkan Informasi ยง
Menggali informasi tentang bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang ada dalam kehidupan
nyata ยง
Menggali informasi tentang model
kerangka serta jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas) ยง
Menggali informasi tentang unsur-unsur
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ยง
Menggali informasi tentang luas
permukaan serta volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas) ยง
Menggali informasi tentang luas,
volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dan bangun datar tidak beraturan ยง
Menggali informasi tentang sketsa
bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau
kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan ยง
Menggali informasi tentang menaksir
luas dan volume bangun ruang tidak beraturan Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,
prisma, dan limas) ยง
Menganalisis konsep dan rumus luas dan
volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta menaksir bangun-bangun
tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง
Menganalisis unsur-unsur rumus luas
dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) serta
perilaku hubungan fungsionalnya Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume kubus,
balok, prisma, dan limas, serta menaksir luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi datar tidak beraturan ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun ruang sisi
datar Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencari informasi seputar bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari ยง
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas) Keterampilan Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Membuat bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau
bahan bekas lainnya |
25 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar, alat peraga, benda di lingkungan Kubus, balok |
3.14
Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis
hubungan antar variabel 4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel |
Penyajian
Data: Diagram batang Diagram
lingkaran Grafik |
Mengamati ยง
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penyajian data ยง
Mencermati penyajian data dalam bentuk
diagram tabel, batang, dan diagram lingkaran Menanya ยง
Menanya tentang penyajian data yang
ada dalam kehidupan sehari-hari ยง
Menanya tentang cara mengumpulkan,
mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun dengan komputer ยง
Menanya tentang strategi dan
pemanfaatan data dalam permasalahan sehari-hari dalam rangka pengambilan
keputusan ยง
Menanya dalam bentuk apakah penyajian
data paling sesuai dengan konteks masalah. Apakah dalam bentuk diagram
batang, diagram baris, atau diagram lingkaran Mengumpulkan Informasi ยง
Menggali informasi tentang penyajian
data dengan menggunakan tabel, grafik
batang, diagram lingkaran, dan garis lurus ยง
Menggali informasi tentang penafsiran
data ยง
Menggali informasi tentang jenis data
yang bersifat kualitatif dan kuantitatif ยง
Menggali informasi tentang penataan
data sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipahami
karakteristik datanya dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis,
secara manual dan dengan bantuan komputer ยง
Menggali informasi tentang hubungan
antar variabel pada data yang bersifat korelatif, regresi/hubungan
fungsional, dan trend/deret waktu ยง
Menggali informasi tentang penyajian
data bentuk tabel
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, grafik garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya
secara manual dan dengan bantuan komputer berkaitan dengan penataan data ยง
Menggali informasi untuk merancang dan
menyusun alat pengumpul data yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur
atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb ยง
Menggali informasi tentang
interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistik tertentu
(misal: ukuran tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi atau
persebaran data, ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa
mendatang, serta tingkat hubungan
antar variabel pada datanya ยง
Menggali informasi tentang alternative
pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan,
serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih
dan opsi atau pilihan penyelesaiannya Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis tentang
penyajian data dengan
menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan garis lurus ยง
Menganalisis tentang penafsiran data ยง
Menganalisis tentang jenis data yang
bersifat kualitatif dan kuantitatif ยง
Menganalisis tentang cara
mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan menyajikan data dalam bentuk
diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran secara manual ataupun
dengan komputer Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penyajian data dalam bentuk diagram
batang, garis, dan lingkaran ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai penyajian data Pengetahuan Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
melakukan pendataan kemudian menyajikan dan mengolahnya ยง
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan penyajian dan pengolahan data Keterampilan: ยง
Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan penyajian, pengolahan data dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan Projek ยง
Mengumpulkan data tentang makanan dan
minuman, lalu menyajikan dalam bentuk diagram garis, batang, atau lingkaran
disertai interprestasinya |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyajian data, komputer, penggarais, alat peraga lainnya,
lingkungan |
3.13
Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh berdasarkan sekelompok data 4.8 Melakukan percobaan untuk menemukan
peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang
teoritik |
Peluang
empirik Peluang
teoritik |
Mengamati ยง
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik ยง
Mencermati kejadian dari suatu
eksperimen dengan menggunakan koin dan dadu dalam rangka memahami peluang
teoritik dan peluang empirik Menanya ยง
Menanya tentang kejadian sehari-hari
yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik ยง
Menanya tentang hubungan antara
peluang teoritik dengan peluang empirik ยง
Menanya tentang perbedaan antara
peluang teoritik dengan peluang empirik Mengumpulkan Informasi ยง
Menggali informasi tentang
permasalahan nyata yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik ยง
Menggali informasi tentang cara
menentukan ruang sampel ยง
Menggali informasi tentang sifat,
kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau
bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak
atau tidak independen ยง
Menggali informasi tentang peluang
empirik dan peluang teoritik melalui eksperimen (bisa dengan menggunakan koin
atau dadu) ยง
Menggali informasi tentang hubungan
peluang empirik dan peluang teoritik ยง
Menggaliinformasi tentang peluang
kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif,
pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur
lainnya berkaitan dengan peluang Menalar/Mengasosiasi ยง
Menganalisis tentang permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan peluang teoritik dan peluang empirik ยง
Menganalisis tentang ruang sampel dari
beberapa eksperimen ยง
Menganalisis banyaknya titik sampel
pada suatu kejadian ยง
Menganalisis tentang sifat, kriteria
dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau bersyarat serta
berbagai faktor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak
independen ยง
Menganalisis tentang peluang empirik
dan peluang teoritik melalui suatu eksperimen ยง
Menganalisis hubungan peluang empirik
dengan peluang teoritik ยง
Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik
kejadian acak atau random, serta berbagai faktor yang menyebabkan kejadian
bersifat acak menjadi tidak acak. ยง
Menganalisis tentang peluang kejadian
acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman
dengan situasi yang serupa atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya
berkaitan dengan peluang Mengomunikasikan ยง
Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai peluang teoritik dan perbandingan peluang
teoritik dengan peluang empirik ยง
Memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya ยง
Membuat rangkuman materi dari kegiatan
pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง
Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas,
menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai peluang empirik
dan peluang teoritik Pengetahuan: Penugasan ยง
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan
soal-soal yang berkaitan dengan peluang ยง
Tugas mandiri tidak terstruktur:
mencatat dan mencari informasi manfaat peluang ยง
Tes tertulis mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik Keterampilan: Portofolio ยง
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan Projek ยง
Mengamati kejadian di lingkungan
sekitar yang berhubungan dengan peluang, lalu membuat aturan yang berhubungan
dengan penamatan tersebut |
10 JP |
ยง
Buku teks matematika Kelas VIII
Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan peluang, dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya,
lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar