SILABUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs
Kelas : IX (sembilan)
Kompetensi
Inti :
KI1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya |
KI2 |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI3 |
: |
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
KI4 |
: |
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya |
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4 |
Penilaian
KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman
sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
2.1
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika 2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar 2.3
Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat
dan karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
3.1
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam
suatu permasalahan 3.2
Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar 4.8
Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan
nyata |
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar ยท
Bilangan
Berpangkat ยท
Bentuk
Akar |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pangkat dan akar ยง Mencermati tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar ยง Mencermati tentang
sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan
dengan bilangan negatif ยง Mencermati tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar Menanya ยง Menanya tentang penerapan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengubah menjadi pangkat dan akar dari perkalian/pembagian berulang dan
generalisasi ยง Menanya tentang cara mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya ยง Menanya tentang aturan dari bilangan
berpangkat dan bentuk akar ยง Menanya tentang sifat perpangkatan dengan
satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif ยง Menanya tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar Mengumpulkan
Informasi ยง
Menggali
informasi tentang bentuk perpangkatan dari bentuk perkalian berulang dan
menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan ยง
Menggali
informasi tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar ยง
Menggali
informasi tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan
perpangkatan dengan bilangan negatif ยง
Menggali
informasi tentang penulisan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat
kecil dalam bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa
bakteri, masa matahari, masa bumi dsb ยง
Menggali
informasi tentang bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai
kebalikan dari perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar
bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi
penulisannya ยง
Menggali
informasi tentang sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan
bilangan berpangkat ยง
Menggali
informasi tentang hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah,
solusi suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau
unsur lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penerapan pangkat dan akar ยง Menganalisis batasan atau cakupan konsep
pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu ยง Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk
akar, serta syarat keberlakuan modelnya ยง Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah pangkat dan bentuk akar ยง Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah
pangkat dan bentuk akar ยง
Menganalisis
tahapan dan prosedur penyelesaian masalah pangkat dan bentuk akar Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih
perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan
apa yang dipelajari mengenai bilangan berpangka dan bentuk akar ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar Pengetahuan Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah bilangan berpangkat dan bentuk
akar ยง Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
pangkat dan bentuk akar kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
25 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar, alat peraga, lingkungan |
3.3
Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien
dan determinannya 4.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi
kuadrat |
Fungsi dan persamaan kuadrat |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan ekspresi aljabar, khususnya fungsi dan
persamaan kuadrat ยง Mencermati tentang sifat-sifat fungsi kuadrat Menanya ยง Menanya tentang penerapan fungsi dan
persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari ยง Menanya tentang sifat-sifat
fungsi kuadrat Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi tentang contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat ยง Menggali informasi tentang ciri dan sifat
dari variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan
menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya ยง Menggali informasi tentang sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya ยง Menggali informasi tentang manipulasi
matematika tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke
bentuk kuadrat sempurna ยง Menggali informasi tentang cara menemukan
rumus sumbu simetri dan diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan
menggambar dan menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi
kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan diskriminan ยง Menggali informasi tentang nilai fungsi
kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu simetri, titik puncak,
koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa grafik, ataupun unsur
lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi kuadrat ยง Menganalisis perbedaan fungsi dan
persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง Menganalisis unsur-unsur kurva fungsi
kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri
dan ke kanan ยง Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya ยง Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta
syarat keberlakuan modelnya ยง Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah berkaitan fungsi kuadrat ยง Menganalisis solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai fungsi dan persamaan kuadrat ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
fungsi dan persamaan kuadrat Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi dan persamaan
kuadrat ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah fungsi dan persamaan kuadrat,
serta penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari ยง Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat Keterampilan: ยง Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan fungsi, persamaan kuadrat dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan fungsi dan persamaan kuadrat, alat peraga, benda di lingkungan, benda
berbentuk parabola |
3.4
Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta
mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan 4.2
Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah
nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan 4.3
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak
diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika |
Perbandingan bertingkat Persentase |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase ยง Mencermati tentang perbandingan
bertingkat dan persentase Menanya ยง Menanya tentang penerapan perbandingan
bertingkat dan persentase dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat
mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan
dan sebaliknya ยง Menanya tentang perbandingan
bertingkat dan persentase Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi tentang pecahan biasa,
pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk gambar,
serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk rasio, perbandingan atau proporsi ยง Menggali informasi tentang strategi
mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling
sederhana ยง Menggali informasi tentang nilai
perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas
benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan
ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri,
sains) dan masalah lainnya ยง
Menggali
informasi tentang ciri atau karakteristik serta menentukan nilai perbandingan
yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua
besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel,
grafik dan persamaan ยง Menggali informasi tentang nilai
perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda,
tabel, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di bidang aritmetika
social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan
perbandingan Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan perbandingan ยง Menganalisis perbandingan senilai, tidak
senilai, berbanding lurus, terbalik atau lainnya melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง Menganalisis unsur-unsur, besaran atau
karakteristik grafik terkait dengan masalah perbandingan ยง Menganalisis informasi yang relevan
berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi dengan merepresentasikan
secara matematis, melalui model, diagram, tabel, grafik atau persamaan ยง Menganalisis model atau kalimat matematika
yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi, serta syarat keberlakuan modelnya ยง Menganalisis algoritma atau prosedur
operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari
masalah perbandingan/rasio/proporsi ยง Menganalisis solusi dan penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusiberkaitan dengan masalah
perbandingan/rasio/proporsi ยง Menganalisis tahapan dan prosedur
penyelesaian masalah perbandingan/rasio/proporsi ยง Menganalisis ciri dan karakteristik
masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa
sendiri, diagram, pasangan nilai, tabel, atau grafik/gambar yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap ยง Menganalisis perbandingan bertingkat atau
persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu
kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di
bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang
masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan
berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan
persentase ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
perbandingan bertigkat dan persentase Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar perbandingan dan penggunaannya ยง Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase Keterampilan: ยง Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan,
alat peraga, peta, lingkungan |
3.5
Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius
serta menentukan posisi relatif
terhadap acuan tertentu |
Koordinat Cartesius |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penggunaan sistem koordinat ยง Mencermati tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius ยง Mencermati posisi relatif terhadap acuan
tertentu Menanya ยง Menanya tentang penerapan koordinat
kartesius dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang posisi letak objek atau
tempat yang sifatnya relative, serta manfaat dalam kehidupan, dsb ยง Menanya tentang kelebihan dan manfaat
penentuan letak objek dalam denah, peta sederhana, bagaimana implementasinya
pada kehidupan sehari-hari dengan menerapkan sistem koordinat 1 dimensi, 2
dimensi, 3 dimensi, dsb. ยง Menanya tentang lokasi
benda dalam koordinat Cartesius ยง Menanya tentang posisi relatif terhadap
acuan tertentu Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi tentang contoh
kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem
koordinat Cartesius ยง Menggali informasi tentang letak atau
jarak suatu tempat pada denah/peta manual atau peta digital untuk menentukan
arah dan ukuran sebenarnya benda, posisi atau jarak suatu tempat dalam sistem
koordinat ยง
Menggali
informasi tentang deskripsi denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan
letak suatu tempat pada sistem koordinat dengan skala yang sesuai ยง Menggali informasi tentang denah/peta
kontur sederhana secara manual atau digital untuk menentukan arah, ukuran,
posisi, jarak dan ketinggian suatu daerah dalam sistem koordinat Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem koordinat ยง Menganalisis cara memposisikan letak
objek, benda atau tempat (sistem koordinat Carterius, polar/kutub secara
sederhana) melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari ยง Menganalisis unsur-unsur atau komponen
yang diperlukan dalam sistem pemposisian objek atau tempat dari suatu peta,
denah, globe, atau atlas (misal mengapa perlu skala, arah, keterangan, judul,
simbol termasuk untuk kontur) Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai koordinat
kartesius ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
lokasi benda dalam koordinat kartesius Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan koordinat cartesius ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah koordinat cartesius Tes
tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan koordinat cartesius Keterampilan Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
koordinat cartesius dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian
disusun, didiskusikan dan
direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan koordinat kartesius, alat peraga, benda di lingkungan Alat peraga koordinat |
3.6
Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui
pengamatan 4.5
Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait
penerapan kesebangunan dan kekongruenan |
Kesebangunan dan Kekongruenan |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang ยง Mencermati tentang kesebangunan
dan kekongruenan geometri Menanya ยง Menanya tentang penerapan kesebangunan dan
kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang tingkat estetik, ergonomis,
dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling yang bersifat sebangun atau
kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb ยง Menanya tentang berbagai aspek relasi
bangun datar dan bangun ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah
sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke
dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep sebangun atau kongruen dan
sebaliknya ยง Menanya tentang konsep
kesebangunan dan kekongruenan geometri Mengumpulkan
Informasi ยง
Menggali
informasi tentang persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar
atau kejadian yang memiliki bentuk sama ยง
Menggali
informasi tentang sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan
permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan ยง
Menggali
informasi tentang cara membuat model, menggambar atau melukis bangun-bangun
datar sebangun dan kongruen dengan berbagai cara dan posisi ยง
Menggali
informasi tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen
dengan bangun lain ยง
Menggali
informasi tentang sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan
dengan kesebangunan ยง Menggali informasi yang relevan berkaitan
dengan masalah kesebangunan dan kongruen dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram ยง Menggali informasi tentang model atau
kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah
kesebangunan dan kongruen ยง Menggali informasi tentang algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan kesebangunan dan kongruen ยง
Menggali
informasi tentang solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan
kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan
yang bukan konsep sebangun ยง Menganalisis perbedaan
sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi matematika ยง Menggali informasi
tentang unsur-unsur atau komponen dari masalah kesebangunan dengan bantuan diagram/ilustrasi Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
kesebangunan dan kekongruenan ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
kesebangunan dan kekongruenan Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar kesebangunan dan kekongruenan serta
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari ยง Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan Keterampilan: ยง Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan kesebangunan, kekongruenan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
25 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan, alat peraga, benda-benda di lingkungan yang sebangun |
3.7
Menentukan luas selimut
dan volume tabung, kerucut, dan bola 3.8
Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun
ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya |
Bangun Ruang ยง
Tabung ยง
Kerucut ยง
Bola ยง
Luas
Tabung ยง
Luas
Kerucut ยง
Luas
Bola ยง
Volume
Tabung ยง
Volume
Kerucut ยง
Volume
Bola |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola) dan bangun ruang tidak beraturan ยง Mencermati tentang luas
selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Menanya ยง Menanya tentang
penerapan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dalam kehidupan
sehari-hari ยง Menanya tentang cara
menghitung, menemukan, dan menaksir luas dan volume berbagai benda di
sekeliling melalui percobaan ยง Menanya tentang cara
menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi
tentang jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa
tutup beberapa bagian) ยง Menggali informasi
tentang luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau
berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas. ยง
Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
tabung, kerucut, dan bola ยง Menggali informasi
tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang
memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan
(bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung) ยง Menggali informasi
tentang strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai
cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/
tidak lengkung ยง
Menggali
informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan luas dan volume tabung,
kerucut, dan bola ยง Menganalisis rumus luas dan volume bangun
datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak
beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan
aktifitas sosial sehari-hari ยง Menggali informasi
tentang unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan
fungisionalnya Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas
permukaan dan volume tabung, kerucut, serta bola ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
bangun ruang sisi lengkung Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
lengkung(tabung, kerucut, dan bola) tugas mandiri tidak terstruktur: mencari
informasi seputar bangun ruang sisi lengkung dan penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari ยง Tes tertulis
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang (tabung, kerucut, dan
bola) Keterampilan: Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan
bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
30 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung, alat peraga, benda-benda lingkungan yang
berbentuk tabung, kerucut, dan bola |
3.11
Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai
jenis data 3.12
Memahami teknik penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah
nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan 4.6
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data
hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta
mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan |
Statistika Penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan data, penyebaran data, dan penyajian data ยง Mencermati tentang penyajian
data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik ยง Mencermati tentang cara mengolah,
menginterpretasi, dan menampilkan data Menanya ยง Menanya tentang
penerapan penyebaran dan penyajian data dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang cara
mengumpulkan, menata dan menyajikan data dari yang sederhana (membuat daftar
kebutuhan dan realisasi belanja, dsb) sampai kompleks (melakukan survei
kebutuhan pangan secara nasional menggunakan instrumen kuesioner, mengentri
dan mengolah dengan perangkat komputer dan menyajikan pada berbagai bentuk
tampilan, dsb) ยง Menanya tentang
kelebihan dan manfaat data untuk memberi tafsiran dan menetapkan sesuatu.
Misal: strategi pemenangan PEMILU berdasarkan data ยง Menanya tentang cara mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil
pengamatan ยง Menanya
tentang cara menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai
jenis data Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi tentang ukuran
pemusatan data menggunakan statistik tertentu: rata-rata, median, modus,
serta memberikan persamaan dan perbedaan arti statistic-statistik tersebut
melalui contoh dari berbagai jenis data atau kelompok data ยง
Membahas
dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai alternative keputusan, saran dan
mengambil atau menetapkan keputusan berdasar hasil analisis kecenderungan
datanya, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan
yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya ยง Menggali informasi
tentang penataan data dalam bentuk tabel baris-kolom, kontingensi, distribusi
frekuensi, atau berbagai jenis grafik sesuai karakteristik data, secara
manual dan dengan bantuan computer ยง Menggali informasi
tentang cara mengorganisasi data dan memilih jenis statistic yang relevan
berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan penataan data ยง Menggali informasi
tentang sifat, kelebihan, dan alasan dalam memilih jenis penataan data ยง Menggali informasi
tentang hubungan antar variable pada data yang bersifat korelasi,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu ยง
Menggali
informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi,
distribusi frekuensi), berbagai jenis grafik, hubungan antar variable atau
unsur lainnya secara manual dan dengan bantuan computer berkaitan dengan
penataan data ยง Menggali informasi
tentang konsep populasi, ruang sample, dan titik sample/anggota/kejadian
melalui contoh dan percobaan ยง Menggali informasi
tentang pelaporan hasil pengamatan, pengukuran atau pekerjaan lainnya secara
apa adanya sesuai kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau bentuk tindakan
lainnya bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sbb: ยง
Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb ยง Menggali informasi
tentang cara merancang dan menyusun alat pengumpul data untuk mengukur atau
mencacah data, yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah,
formulir isian/kuesioner, dsb memilih
cakupan dan jenis data yang akan dicacah, diamati atau untuk diukur ยง Menggali informasi
tentang cara mencacah atau mengukur objek data, mengumpulkan, dan merekam
atau mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah data serta menyajikan
dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik
batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual atau dengan
bantuan computer ยง Menggali informasi
tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistic
tertentu untuk menafsirkan
kecenderungan data, persebaran data, tingkat hubungan antar variable
(korelasi, trend, dan regresi sederhana) ataupun ukuran lainnya, dilanjutkan
dengan membandingkan dan menafsirkan statistik dari dua kelompok data sejenis ยง
Menggali
informasi tentang pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang
telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari
keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya ยง Menggali informasi
tentang organisasi data dan pemilihan informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah peluang dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau
melalui diagram Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data ยง Menganalisis perbedaan
arti statistik dari dua kelompok data sejenis melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari ยง Menganalisis
unsur-unsur statistik dan hubungan antar variabel data sebagai dasar untuk
mengambil keputusan, beserta alasannya Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai
penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) dan penafsiran data ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
penyebaran dan penyajian data Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan statistika khususnya
tentang mean, median, modus ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari data kemudian mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan
data. ยง Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyebaran data tentang mean, median,
modus, dan pengolahan data Keterampilan: ยง
Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan statistika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan |
15 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan penyebaran data, koran, majalahh, komputer, alat peraga
lainnya, lingkungan |
3.9
Menentukan peluang suatu kejadian sederhana secara empirik dan teoritik 3.13
Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui
percobaan 4.7
Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah
nyata |
Peluang Empirik Peluang Teoritik |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan peluang ยง Mencermati tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik ยง Mencermati tentang ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Menanya ยง Menanya tentang
penerapan peluang empirik dan peluang teoritik dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang peluang
suatu kejadian sederhana secara
empirik dan teoritik ยง Menanya tentang konsep ruang sampel dan
menentukan anggota melalui percobaan Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi
tentang sifat atau karakteristik kejadian acak atau random, independen,
saling lepas, atau bersyarat serta berbagai factor yang menyebabkan kejadian
bersifat tidak acak, tidak independen, atau tidak saling lepas ยง Menggali informasi
tentang probabilitas atau peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk
merumuskan konsep peluang secara teoritik, serta membentuk diagram pohon,
tabulasi/tabel, dan pendaftaran untuk merumuskan dan menafsirkan sifat
peluang ยง
Menggali
informasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi
faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi ยง
Menggali
informasi tentang peluang kejadian independen dan bersyarat secara sederhana ยง
Menggali
informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang
benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu
secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang
samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb ยง Menggali informasi
tentang cara membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang
tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah peluang ยง Menggali informasi
tentang cara memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan peluang ยง Menggali informasi
tentang cara menafsirkan solusi atau
penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan
dengan peluang Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis
permasalahan sehari-hari sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan
peluang teoritik ยง Menganalisis secara
sederhana kejadian yang bersifat acak, tidak acak, independen, tidak
independen, saling lepas, tidak saling lepas serta mengidentifikasi berbagai
faktor yang mempengaruhi melalui contoh ยง Menganalisis peluang suatu kejadian
sederhana secara empirik dan teoritik Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang
empirik dan peluang teoritik ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi ยง Mengamati ketelitian
dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau
presentasi peserta didik mengenai
peluang empirik dan peluang teoritik Pengetahuan Penugasan ยง Tugas terstruktur
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang terutama tentang
peluang empirik dan teoritik ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tentang peluang empirik dan
teoritik ยง Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik Keterampilan: ยง
Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan |
10 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan peluang,
dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya , lingkungan |
3.10
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi 3.14
Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan
suatu permasalahan 4.4
Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan
memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru |
Pola Bilangan, Barisan dan Deret |
Mengamati ยง Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret ยง Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya; ยง Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat prediksi Menanya ยง Menanya tentang
penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari ยง Menanya tentang penggunaan
pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas
sosial lainnya ยง Menanya tentang
kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi ยง Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara memperumumnya; Mengumpulkan
Informasi ยง Menggali informasi
tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi
alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut ยง Menggali informasi
tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa sifat
dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau secara
deduktif sederhana ยง Menggali informasi
tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan bilangan,
geometris, ataupun fenomena lainnya,
serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya ยง Menggali informasi
tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat
generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya ยง Menggali informasi
tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan
merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram ยง Menggali informasi
tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi
matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola bilangan,
pola geometris, dan fenomena sehari-hari ยง Menggali informasi
tentang cara memperumum pola bilangan, barisan,
deret Menalar/Mengasosiasi ยง Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan pola, barisan, dan deret ยง Menganalisis perbedaan
pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau
fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika ยง Menganalisis cara-cara
menyatakan pola, barisan dan deret ยง Menanalisis cara
memprediksi menggunakan pola dan generalisasi Mengomunikasikan ยง Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola
bilangan, barisan, dan deret ยง Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi,
atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya ยง Membuat rangkuman
materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan |
Sikap: Observasi Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam
mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik
mengenai pola bilangan, barisan, dan
deret Pengetahuan: Penugasan ยง Tugas terstruktur:
mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan
dan deret ยง Tugas mandiri tidak
terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan, barisan dan deret
dalam kehidupan sehari-hari ยง Tes tertulis:
mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan deret Keterampilan: ยง Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan
dengan pola bilangan, barisan, deret,
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
15 JP |
Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku
Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan deret, korek api, lidi, alat peraga lainnya,
lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar