ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Minggu, 01 Januari 2023

SILABUS PEMBELAJARAN KELAS 9

 

SILABUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA

 

Satuan Pendidikan        : SMP/MTs

Kelas                            : IX (sembilan)

Kompetensi Inti                        : 

KI1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI4

:

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

 Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4

Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal

 

 

2.1     Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika

2.2     Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar

2.3     Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.

 

 

 

 

 

3.1        Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan

 

3.2        Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

 

4.8        Membuat dan menyelesaikan model matematika dari berbagai permasalahan nyata

Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar

ยท    Bilangan Berpangkat

ยท    Bentuk Akar

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pangkat dan akar

ยง    Mencermati tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar

ยง  Mencermati tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif

ยง  Mencermati tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

 

Menanya

ยง   Menanya tentang penerapan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari

ยง   Menanya tentang kelebihan dan manfaat mengubah menjadi pangkat dan akar dari perkalian/pembagian berulang dan generalisasi

ยง  Menanya tentang  cara mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk pangkat dan akar dan sebaliknya

ยง   Menanya tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar

ยง   Menanya tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif

ยง    Menanya tentang operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Mengumpulkan Informasi

ยง  Menggali informasi tentang bentuk perpangkatan dari bentuk perkalian berulang dan menghitung hasil berbagai perpangkatan bilangan

ยง  Menggali informasi tentang aturan dari bilangan berpangkat dan bentuk akar

ยง  Menggali informasi tentang sifat perpangkatan dengan satu, perpangkatan dengan nol dan perpangkatan dengan bilangan negatif

ยง  Menggali informasi tentang penulisan hasil pengukuran yang sangat besar atau sangat kecil dalam bentuk notasi ilmiah, untuk menuliskan masa electron, masa bakteri, masa matahari, masa bumi dsb

ยง  Menggali informasi tentang bentuk akar dari bentuk pembagian berulang dan sebagai kebalikan dari perpangkatan serta menghitung hasil berbagai penarikan akar bilangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan pengertian akar dan notasi penulisannya

ยง  Menggali informasi tentang sifat-sifat operasi aljabar, manipulasi matematika dengan bilangan berpangkat

ยง  Menggali informasi tentang hasil penarikan akar, hasil perpangkatan, notasi ilmiah, solusi suatu masalah, prosedur penyederhanaan bentuk pangkat dan akar atau unsur lainnya berkaitan dengan perpangkatan dan bentuk akar

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง    Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan pangkat dan akar

ยง    Menganalisis batasan atau cakupan konsep pangkat dan akar, termasuk menguji keberlakuan pangkat dan akar tertentu

ยง    Menganalisis model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar, serta syarat keberlakuan modelnya

ยง    Menganalisis algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pangkat dan bentuk akar

ยง    Menganalisis solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan masalah pangkat dan bentuk akar

ยง  Menganalisis tahapan dan prosedur penyelesaian masalah pangkat dan bentuk akar

 

Mengomunikasikan

ยง      Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bilangan berpangka dan bentuk akar

ยง   Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง   Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bilangan berpangkat dan bentuk akar

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah bilangan berpangkat dan bentuk akar

ยง  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

 

 

Keterampilan

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pangkat dan bentuk akar kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

25 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar,  alat peraga, lingkungan

3.3        Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya

4.1        Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi kuadrat

 

Fungsi dan persamaan kuadrat

Mengamati

ยง  Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan ekspresi aljabar, khususnya fungsi dan persamaan kuadrat

ยง  Mencermati tentang sifat-sifat fungsi kuadrat

 

Menanya

ยง    Menanya tentang penerapan fungsi dan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari

ยง   Menanya tentang kelebihan dan manfaat penerapan fungsi kuadrat dalam masalah sehari-hari

ยง   Menanya tentang sifat-sifat fungsi kuadrat

 

Mengumpulkan Informasi

ยง    Menggali informasi tentang contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

ยง    Menggali informasi tentang ciri dan sifat dari variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu fungsi kuadrat, dan menggambarkan sketsa serta mendeskripsikan bentuk grafik dan titik puncaknya

ยง    Menggali informasi tentang sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya

ยง   Menggali informasi tentang manipulasi matematika tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah fungsi kuadrat ke bentuk kuadrat sempurna

ยง    Menggali informasi tentang cara menemukan rumus sumbu simetri dan diskriminan dari fungsi kuadrat, dilanjutkan dengan menggambar dan menjelaskan karakteristik berbagai sketsa grafik fungsi kuadrat untuk berbagai nilai koefisien dan diskriminan

ยง    Menggali informasi tentang nilai fungsi kuadrat, titik potong dengan sumbu koordinat, sumbu simetri, titik puncak, koefisien dan diskriminan, sifat-sifat dan sketsa grafik, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan fungsi kuadrat

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง    Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

ยง    Menganalisis perbedaan fungsi dan persamaan kuadrat melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง    Menganalisis unsur-unsur kurva fungsi kuadrat dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan

ยง  Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya

ยง  Menganalisis model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah fungsi kuadrat, serta syarat keberlakuan modelnya

ยง    Menganalisis algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan fungsi kuadrat

ยง    Menganalisis solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan fungsi kuadrat

 

Mengomunikasikan

ยง     Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai fungsi dan persamaan kuadrat

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  fungsi dan persamaan kuadrat

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah fungsi dan persamaan kuadrat, serta penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi dan persamaan kuadrat

 

Keterampilan:

ยง  Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi, persamaan kuadrat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

10 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan fungsi dan persamaan kuadrat,  alat peraga, benda di lingkungan, benda berbentuk parabola

3.4        Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

4.2        Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata mencakup perbandingan bertingkat dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

4.3        Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai modifikasi aljabar dan aritmetika

Perbandingan bertingkat

 

Persentase

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase

ยง   Mencermati tentang perbandingan bertingkat dan persentase

 

Menanya

ยง    Menanya tentang penerapan perbandingan bertingkat dan persentase dalam kehidupan sehari-hari

ยง    Menanya tentang kelebihan dan manfaat mengenal masalah sehari-hari yang bersifat fungsional, tidak fungsional, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk perbandingan dan sebaliknya

ยง   Menanya tentang perbandingan bertingkat dan persentase

 

Mengumpulkan Informasi

ยง    Menggali informasi tentang pecahan biasa, pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk gambar, serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk rasio, perbandingan atau proporsi

ยง    Menggali informasi tentang strategi mengubah suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana

ยง    Menggali informasi tentang nilai perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya

ยง  Menggali informasi tentang ciri atau karakteristik serta menentukan nilai perbandingan yang bersifat seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan persamaan

ยง    Menggali informasi tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, tabel, grafik dan persamaan, termasuk penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง    Menganalisis sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan perbandingan

ยง    Menganalisis perbandingan senilai, tidak senilai, berbanding lurus, terbalik atau lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง    Menganalisis unsur-unsur, besaran atau karakteristik grafik terkait dengan masalah perbandingan

ยง    Menganalisis informasi yang relevan berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model, diagram, tabel, grafik atau persamaan

ยง    Menganalisis model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi, serta syarat keberlakuan modelnya

ยง    Menganalisis algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah perbandingan/rasio/proporsi

ยง    Menganalisis solusi dan penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusiberkaitan dengan masalah perbandingan/rasio/proporsi

ยง    Menganalisis tahapan dan prosedur penyelesaian masalah perbandingan/rasio/proporsi

ยง    Menganalisis ciri dan karakteristik masalah hubungan dua besaran yang bersifat fungsional ke dalam bahasa sendiri, diagram, pasangan nilai, tabel, atau grafik/gambar yang lebih sederhana, jelas dan lengkap

ยง   Menganalisis perbandingan bertingkat atau persentase dari kuantitas benda dengan kuantitas benda lainnya dalam suatu kumpulan benda, atau suatu ukuran/besaran dengan ukuran/besaran lainnya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya

 

Mengomunikasikan

ยง     Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai perbandingan bertingkat dan persentase

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  perbandingan bertigkat dan persentase

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar perbandingan dan penggunaannya

ยง  Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan bertingkat dan persentase

 

Keterampilan:

ยง  Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

10 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan perbandingan,  alat peraga, peta, lingkungan

3.5        Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat Cartesius serta menentukan  posisi relatif terhadap acuan tertentu

 

Koordinat Cartesius

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan sistem koordinat

ยง   Mencermati tentang lokasi benda dalam koordinat Cartesius

ยง   Mencermati posisi relatif terhadap acuan tertentu

 

Menanya

ยง    Menanya tentang penerapan koordinat kartesius dalam kehidupan sehari-hari

ยง    Menanya tentang posisi letak objek atau tempat yang sifatnya relative, serta manfaat dalam kehidupan, dsb

ยง    Menanya tentang kelebihan dan manfaat penentuan letak objek dalam denah, peta sederhana, bagaimana implementasinya pada kehidupan sehari-hari dengan menerapkan sistem koordinat 1 dimensi, 2 dimensi, 3 dimensi, dsb.

ยง   Menanya tentang lokasi benda dalam koordinat Cartesius

ยง   Menanya tentang posisi relatif terhadap acuan tertentu

 

Mengumpulkan Informasi

ยง    Menggali informasi tentang contoh kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius

ยง    Menggali informasi tentang letak atau jarak suatu tempat pada denah/peta manual atau peta digital untuk menentukan arah dan ukuran sebenarnya benda, posisi atau jarak suatu tempat dalam sistem koordinat

ยง  Menggali informasi tentang deskripsi denah/peta posisi dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada sistem koordinat dengan skala yang sesuai

ยง    Menggali informasi tentang denah/peta kontur sederhana secara manual atau digital untuk menentukan arah, ukuran, posisi, jarak dan ketinggian suatu daerah dalam sistem koordinat

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง    Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat

ยง    Menganalisis cara memposisikan letak objek, benda atau tempat (sistem koordinat Carterius, polar/kutub secara sederhana) melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง    Menganalisis unsur-unsur atau komponen yang diperlukan dalam sistem pemposisian objek atau tempat dari suatu peta, denah, globe, atau atlas (misal mengapa perlu skala, arah, keterangan, judul, simbol termasuk untuk kontur)

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai koordinat kartesius

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  lokasi benda dalam koordinat kartesius

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan koordinat cartesius

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah koordinat cartesius

 

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan koordinat cartesius

 

Keterampilan

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan koordinat cartesius dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

10 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan koordinat kartesius,  alat peraga, benda di lingkungan

Alat peraga koordinat

3.6        Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan

4.5        Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan

Kesebangunan dan Kekongruenan

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi bangun-bangun datar dan bangun ruang

ยง   Mencermati tentang kesebangunan dan kekongruenan geometri

 

Menanya

ยง   Menanya tentang penerapan kesebangunan dan kekongruenan dalam kehidupan sehari-hari

ยง   Menanya tentang tingkat estetik, ergonomis, dan efektifitas dari berbagai benda di sekeliling yang bersifat sebangun atau kongruen, misal: model rumah, kavling, dsb

ยง    Menanya tentang berbagai aspek relasi bangun datar dan bangun ruang, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah sebangun dan kongruensi, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep sebangun atau kongruen dan sebaliknya

ยง   Menanya tentang konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri

 

Mengumpulkan Informasi

ยง  Menggali informasi tentang persamaan dan perbedaan permukaan benda-benda dan gambar atau kejadian yang memiliki bentuk sama

ยง  Menggali informasi tentang sifat, ciri dan persamaan dan perbedaan benda dengan permukaan yang sebangun dan kongruen berdasarkan hasil pengamatan

ยง  Menggali informasi tentang cara membuat model, menggambar atau melukis bangun-bangun datar sebangun dan kongruen dengan berbagai cara dan posisi

ยง  Menggali informasi tentang cara menggambar bangun datar yang sebangun dan kongruen dengan bangun lain

ยง  Menggali informasi tentang sisi, sudut, dan ukurannya, atau unsur lainnya berkaitan dengan kesebangunan

ยง    Menggali informasi yang relevan berkaitan dengan masalah kesebangunan dan kongruen dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

ยง    Menggali informasi tentang model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah kesebangunan dan kongruen

ยง    Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan kesebangunan dan kongruen

ยง  Menggali informasi tentang solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan kesebangunan dan kongruen

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง  Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep sebangun dan yang bukan konsep sebangun

ยง  Menganalisis perbedaan sebangun dan kongruen melalui sifat atau definisi matematika

ยง  Menggali informasi tentang unsur-unsur atau komponen dari masalah  kesebangunan dengan bantuan diagram/ilustrasi

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai kesebangunan dan kekongruenan

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  kesebangunan dan kekongruenan

 

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar kesebangunan dan kekongruenan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan

 

Keterampilan:

ยง Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan kesebangunan, kekongruenan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

25 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan,  alat peraga, benda-benda  di lingkungan yang sebangun

3.7        Menentukan  luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola

3.8        Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya

Bangun Ruang

ยง Tabung

ยง Kerucut

ยง Bola

ยง Luas Tabung

ยง Luas Kerucut

ยง Luas Bola

ยง Volume Tabung

ยง Volume Kerucut

ยง Volume Bola

Mengamati

ยง  Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan bangun ruang tidak beraturan

ยง  Mencermati tentang luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola

 

Menanya

ยง  Menanya tentang penerapan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Menanya tentang cara menghitung, menemukan, dan menaksir luas dan volume berbagai benda di sekeliling melalui percobaan

ยง  Menanya tentang cara menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola

 

Mengumpulkan Informasi

ยง  Menggali informasi tentang jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa tutup beberapa bagian)

ยง  Menggali informasi tentang luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas.

ยง  Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola

ยง  Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan (bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung)

ยง  Menggali informasi tentang strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/ tidak lengkung

ยง  Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง  Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan  dengan  luas dan volume tabung, kerucut, dan bola

ยง  Menganalisis rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง  Menggali informasi tentang unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan fungisionalnya

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume tabung, kerucut, serta bola

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  bangun ruang sisi lengkung

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung(tabung, kerucut, dan bola) tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang sisi lengkung dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang (tabung, kerucut, dan bola)

 

Keterampilan:

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

30 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung,  alat peraga, benda-benda lingkungan yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola

3.11     Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data

3.12     Memahami  teknik penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik masalah nyata serta menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan

4.6        Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan

 

Statistika

Penyebaran data (rata-rata, median, dan modus)

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan data, penyebaran data, dan penyajian data

ยง   Mencermati tentang penyajian data dari dua variabel menggunakan tabel dan berbagai jenis grafik

ยง    Mencermati tentang cara mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data

 

Menanya

ยง  Menanya tentang penerapan penyebaran dan penyajian data dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Menanya tentang cara mengumpulkan, menata dan menyajikan data dari yang sederhana (membuat daftar kebutuhan dan realisasi belanja, dsb) sampai kompleks (melakukan survei kebutuhan pangan secara nasional menggunakan instrumen kuesioner, mengentri dan mengolah dengan perangkat komputer dan menyajikan pada berbagai bentuk tampilan, dsb)

ยง  Menanya tentang kelebihan dan manfaat data untuk memberi tafsiran dan menetapkan sesuatu. Misal: strategi pemenangan PEMILU berdasarkan data

ยง  Menanya tentang cara mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan

ยง  Menanya tentang cara menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari berbagai jenis data

 

Mengumpulkan Informasi

ยง    Menggali informasi tentang ukuran pemusatan data menggunakan statistik tertentu: rata-rata, median, modus, serta memberikan persamaan dan perbedaan arti statistic-statistik tersebut melalui contoh dari berbagai jenis data atau kelompok data

ยง  Membahas dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai alternative keputusan, saran dan mengambil atau menetapkan keputusan berdasar hasil analisis kecenderungan datanya, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya

ยง  Menggali informasi tentang penataan data dalam bentuk tabel baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi, atau berbagai jenis grafik sesuai karakteristik data, secara manual dan dengan bantuan computer

ยง  Menggali informasi tentang cara mengorganisasi data dan memilih jenis statistic yang relevan berkaitan dengan masalah yang berkaitan dengan penataan data

ยง  Menggali informasi tentang sifat, kelebihan, dan alasan dalam memilih jenis penataan data

ยง  Menggali informasi tentang hubungan antar variable pada data yang bersifat korelasi, regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu

ยง  Menggali informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), berbagai jenis grafik, hubungan antar variable atau unsur lainnya secara manual dan dengan bantuan computer berkaitan dengan penataan data

ยง  Menggali informasi tentang konsep populasi, ruang sample, dan titik sample/anggota/kejadian melalui contoh dan percobaan

ยง  Menggali informasi tentang pelaporan hasil pengamatan, pengukuran atau pekerjaan lainnya secara apa adanya sesuai kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau bentuk tindakan lainnya bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, sbb:

ยง  Menggali informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb

ยง  Menggali informasi tentang cara merancang dan menyusun alat pengumpul data untuk mengukur atau mencacah data, yang dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner, dsb  memilih cakupan dan jenis data yang akan dicacah, diamati atau untuk diukur

ยง  Menggali informasi tentang cara mencacah atau mengukur objek data, mengumpulkan, dan merekam atau mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah data serta menyajikan dalam bentuk tabel (baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis, secara manual atau dengan bantuan computer

ยง  Menggali informasi tentang interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistic tertentu untuk  menafsirkan kecenderungan data, persebaran data, tingkat hubungan antar variable (korelasi, trend, dan regresi sederhana) ataupun ukuran lainnya, dilanjutkan dengan membandingkan dan menafsirkan statistik dari dua kelompok data sejenis

ยง  Menggali informasi tentang pengambilan keputusan berdasar hasil analisis data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan penyelesaiannya

ยง  Menggali informasi tentang organisasi data dan pemilihan informasi yang relevan berkaitan dengan masalah peluang dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง  Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran dan penyajian data

ยง  Menganalisis perbedaan arti statistik dari dua kelompok data sejenis melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari

ยง  Menganalisis unsur-unsur statistik dan hubungan antar variabel data sebagai dasar untuk mengambil keputusan, beserta alasannya

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penyebaran data (rata-rata, median, dan modus) dan penafsiran data

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  penyebaran dan penyajian data

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan statistika khususnya tentang mean, median, modus

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari data kemudian mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data.

ยง  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyebaran data tentang mean, median, modus, dan pengolahan data

 

Keterampilan:

ยง  Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan statistika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

15 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan penyebaran data,  koran, majalahh, komputer, alat peraga lainnya, lingkungan

3.9        Menentukan peluang suatu kejadian sederhana  secara empirik dan teoritik

3.13     Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan

4.7        Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menyelesaikan masalah nyata

Peluang Empirik

Peluang Teoritik

Mengamati

ยง    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang

ยง   Mencermati tentang peluang suatu kejadian sederhana  secara empirik dan teoritik

ยง  Mencermati tentang ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan

 

Menanya

ยง  Menanya tentang penerapan peluang empirik dan peluang teoritik dalam kehidupan sehari-hari

ยง   Menanya tentang peluang suatu kejadian sederhana  secara empirik dan teoritik

ยง   Menanya tentang konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan

 

Mengumpulkan Informasi

ยง  Menggali informasi tentang sifat atau karakteristik kejadian acak atau random, independen, saling lepas, atau bersyarat serta berbagai factor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak, tidak independen, atau tidak saling lepas

ยง  Menggali informasi tentang probabilitas atau peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk merumuskan konsep peluang secara teoritik, serta membentuk diagram pohon, tabulasi/tabel, dan pendaftaran untuk merumuskan dan menafsirkan sifat peluang

ยง  Menggali informasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi

ยง  Menggali informasi tentang peluang kejadian independen dan  bersyarat secara sederhana

ยง  Menggali informasi tentang aturan dan strategi pencacahan atau cara memasang benda/objek dengan benda/objek lainnya dengan jumlah dan jenis tertentu secara sederhana melalui contoh dan mencoba-coba, serta menentukan ruang samplenya misal: kombinasi plat nomor mobil, dsb

ยง  Menggali informasi tentang cara membuat atau merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah peluang

ยง  Menggali informasi tentang  cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah berkaitan peluang

ยง  Menggali informasi tentang cara  menafsirkan solusi atau penyelesaian masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan peluang

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง  Menganalisis permasalahan sehari-hari sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoritik

ยง  Menganalisis secara sederhana kejadian yang bersifat acak, tidak acak, independen, tidak independen, saling lepas, tidak saling lepas serta mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi melalui contoh

ยง  Menganalisis  peluang suatu kejadian sederhana  secara empirik dan teoritik

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai peluang empirik dan peluang teoritik

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

ยง  Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  peluang empirik dan peluang teoritik

 

 

Pengetahuan

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan peluang terutama tentang peluang empirik dan teoritik

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar sejarah tentang peluang empirik dan teoritik

ยง  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan teoritik

 

Keterampilan:

ยง  Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

                      

 

10 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan peluang,  dadu, koin, kartu, alat peraga lainnya , lingkungan

3.10     Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi

3.14     Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan

4.4        Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru

Pola Bilangan, Barisan dan Deret

Mengamati

ยง  Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret

ยง  Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya;

ยง  Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat prediksi

 

Menanya                            

ยง  Menanya tentang penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Menanya tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas sosial lainnya

ยง  Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi

ยง  Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara  memperumumnya;

 

 

Mengumpulkan Informasi

ยง  Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut

ยง  Menggali informasi tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa sifat dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau secara deduktif  sederhana

ยง  Menggali informasi tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan bilangan, geometris, ataupun  fenomena lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya

ยง  Menggali informasi tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya

ยง  Menggali informasi tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

ยง  Menggali informasi tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari

ยง  Menggali informasi tentang cara memperumum pola bilangan, barisan, deret

 

Menalar/Mengasosiasi

ยง  Menganalisis  permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret

ยง  Menganalisis perbedaan pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika

ยง  Menganalisis cara-cara menyatakan pola, barisan dan deret

ยง  Menanalisis cara memprediksi menggunakan pola dan generalisasi

 

Mengomunikasikan

ยง  Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret

ยง  Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

ยง  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

Sikap:

Observasi

Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  pola bilangan, barisan, dan deret

 

 

Pengetahuan:

Penugasan

ยง  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret

ยง  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan, barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari

ยง  Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan deret

 

Keterampilan:

ยง   Portofolio

   Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan, barisan, deret,  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

15 JP

Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan deret,  korek api, lidi, alat peraga lainnya, lingkungan

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...