SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan MIPA
Kelas : XII
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari. 2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual |
Matriks dalam sistem persamaan linier Transformasi Geometri |
Mengamati Membaca persamaan-persamaan
linier dari berbagai sumber. Menanya Membuat pertanyaan tentang cara penyelesaian
sistem persamaan linier selain menggunakan metode grafik, substitusi dan
eliminasi. Mengeksplorasikan Mengenali bentuk matriks dalam sistem persamaan linier
serta menentukan unsur-unsur
matriks yang ada dalam suatu sistem persamaan linier. Mengasosiasikan Menganalisis matriks dalam sistem persamaan
linier dan menggunakannya menentukan penyelesaiaan sistem persamaan linier Mengomunikasikan Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan penyelesaiannya dan
menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau lisan Mengamati Membaca jenis-jenis
transformasi geometri dari
berbagai sumber Menanya Membuat pertanyaan tentang perbedaan jenis-jenis
tranformasi geometri koordinat. Mengeksplorasikan Mengenali jenis-jenis
transformasi geometri koordinat: translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi Mengasosiasikan · Menganalisis
dan merumuskan persamaan matriks dari jenis-jenis
transformasi geometri koordinat, menentukan hasil transformasi dengan
menggunakan persamaan matriks transformasi. · Menggambar
hasil transformasi geometri koordinat Mengomunikasikan Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan transformasi
geometri koordinat, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan
penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau gambar. |
Tugas · membaca mengenai pengertian matriks
dalam sistem persamaan linier dan transformasi geometri · Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan penyelesaian
sistem persamaan linier dengan metode matriks, jenis-jenis
transformasi geometri, komposisi beberapa transformasi. Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian |
4 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.1 Mendeskripsikan dan
menganalisis konsep
matriks dalam sistem persamaan linear dan
transformasi dalam
geometri koordinat serta menerapkannya
dalam memecahkan masalah nyata yang
berkaitan. |
|||||
4.1
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang
efektif
dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat
matriks
dalam memecahkan masalah
nyata
terkait sistem persamaan linier
dan transformasi
geometri,
serta menginterpretasikan
menganalisis makna hasil
pemecahan masalah. |
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari. 2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual |
Vektor |
Mengamati Membaca, mengamati skalar dan vector dari
berbagai sumber. Menanya Dibawah bimbingan guru, menanyakan perbedaan
besaran skalar dan vektor. Mengeksplorasikan Menentukan unsur-unsur
besaran skalar dan vektor, vektor satuan, sifat sifat operasi aljabar vektor,
sudut antara dua vektor, panjang proyeksi dan proyeksi vektor suatu vektor
pada vektor lainnya, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan
dengan skalar dan vektor. Mengasosiasikan Menggambar
operasi penjumlahan atau pengurangan beberapa vektor dan operasi perkalian
skalar vektor. |
Tugas Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan skalar dan vektor Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian |
4 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep skalar dan
vektor dan menggunakannya untuk
membuktikan berbagai
sifat terkait jarak dan sudut
serta menggunakannya dalam memecahkan masalah. |
|||||
4.2 Memecahkan
masalah dengan menggunakan kaidah-kaidah vektor. |
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujur dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari 2.2 Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual |
Bunga
majemuk, Angsuran, Anuitas . |
Mengamati Membaca dari berbagai sumber untuk mencari
informasi tentang bunga majemuk, angsuran dan anuitas. Menanya Berdiskusi membuat pertanyaan tentang masalh
keuangan seperti bunga majemuk, angsuran dan anuitas. Mengeksplorasikan Mengidentifikasi unsur-unsur
dalam masalah keuangan. Mengasosiasikan Menganalisis prinsp matematika keuangan dan
menentukan hubungan bunga, angsuran dan
anuitas. Mengomunikasikan Menyajikan
data keuangan dan menjelaskan konsep bunga, angsuran dan
anuitas. |
Tugas Mencari permasalahan keuangan
sehari-hari
yang berhubungan dengan bunga dan angsuran (misalnya kredit kendaran atau
barang) Observasi Mengidentifikasi bunga,
angsuran
atau anuitas dari suatu masalah keuangan Portofolio Rangkuman permasalahan
keuangan sehari-hari
dan identifikasi unsur bunga, angsuran dan
anuitas Tes Tes tertulis berbentuk uraian |
3 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.3
Menganalisis konsep dan prinsip matematika keuangan
terkait bunga majemuk,
angsuran, dan anuitas
serta menerapkannya dalam memecahkan masalah
keuangan. |
|||||
4.3
Menyajikan
data keuangan dan
menganalisis konsep dan prinsip matematika terkait angsuran dan
anuitas dan melakukan prediksi
pemecahan
masalah perbankan. |
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari. 2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual |
Komposisi transformasi
geometri |
Mengamati Mengamati
komposisi transformasi geometri koordinat dari berbagai sumber Menanya Membuat pertanyaan tentang komposisi tranformasi
geometri koordinat. Mengeksplorasikan Menganalisis dan merumuskan aturan komposisi
beberapa transformasi geometri koordinat, menentukan
hasil komposis beberapa transformasi. Mengasosiasikan Menggambar hasil komposisi beberapa transformasi
geometri koordinat. Mengomunikasikan Membuat
model, merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan
dengan komposisi transformasi geometri
koordinat, menentukan penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk
tulisan, gambar atau lisan. |
Tugas · membaca mengenai pengertian komposisi
transformasi geometri koordinat dari berbagai sumber. · Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan komposisi
transformasi.geometri
koordinat. Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian |
4 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.4
Menerapkan
konsep dan aturan komposisi transformasi geometri
koordinat dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual. |
|||||
4.4 Memecahkan
masalah dengan menggunakan konsep dan
aturan komposisi beberapa transformasi
geometri
koordinat. |
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari 2.2 Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual |
Dimensi
Tiga |
Mengamati · Membaca dan
meningat kembali konsep jarak dan sudut pada ruang dimensi tiga. · Mencari
informasi teknik membuat irisan dua bidang Menanya Melalui diskusi kelompok membuat pertanyaan
tentang jarak dan sudut antara garis/bidang, bidang/bidang. Mengeksplorasikan · Menentukan
jarak dan sudut antara garis/bidang, bidang/bidang · Menentukan
cara paling mudah membuat irisan dua bidang Mengasosiasikan Menyimpulkan konsep jarak atau besar sudut
antara garis/bidang, bidang/bidang Mengomunikasikan · Menjelaskan
cara menghitung konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang,
bidang/bidang · Menjelaskan
secara sederhana proses membuat irisan dua bidang. |
Tugas Menggambar beberapa bangun
ruang Observasi · Menyelidiki
atau menentukan beberapa jarak atau sudut yang dibentuk atas unsur dalam
bangun ruang · Membuat
irisan antara dua bidang pda gambar ruang dimensi tiga. Portofolio · Merangkum
gambar bangun ruang yang sudah ditentukan beberapa jarak dan sudut yang dapat
ditemukan pada gambar. · Membuat
irisan dua bidang Tes Tes tertulis bentuk
uraian . |
5 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.5
Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar garis/bidang,
bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun
ruang dimensi tiga
melalui demonstrasi menggunakan
alat peraga atau media lainnya,
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. |
|||||
4.5
Menyajikan
konsep jarak,
sudut antar garis/bidang, bidang/bidang,
dan irisan dua bidang dalam pemecahan masalah bangun ruang
dimensi tiga |
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari. 2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual |
Trigonometri |
Mengamati Membaca
mengenai pengertian identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri dari berbagai sumber Menanya Membuat
pertanyaan mengenai pengertian identitas penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisihkosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata Mengeksplorasikan Menemukan rumus rumus penjumlahan
sinus, selisih sinus, penjumlahan kosinus, identitas selisih kosinus dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Mengasosiasikan Menggunakan identitas penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri serta menyajikannya dengan
tulisan.
Mengomunikasikan Menjelaskan
tentang pengubahan dan pembuktian sinus dan kosinus. |
Tugas Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian |
5 x 4 jam
pelajaran |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.6
Mendeskripsikan identitas
penjumlahan sinus, identitas
selisih sinus, identitas
penjumlahan kosinus, identitas
selisih dan menerapkannya
dalam pemecahan
masalah. |
|||||
4.6
Menyajikan
dan menganalisis identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih untuk
pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri. |
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari 2.2 Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual |
Integral
Tentu |
Mengamati Membaca untuk memahami dan mengingat kembali
konsep integral tentu. Menanya · Mendiskusikan
konsep luas dan volume benda putar. · Membuat
pertanyaan tentang luas dan volume benda putar · Membuat
pertanyaan tentang panjang kurva Mengeksplorasikan · Menenrtukan
daerah di bawah kurva atau hasil benda putar · Menentukan
interval dari derah di bawah kurva dan derah hasil benda putar · Menentukan
intergral tertentu dalam menghitung panjang kurva Mengasosiasikan Menganalisis konsep dan aturan integral tentu
untuk suatu interval Mengomunikasikan Menjelaskan
langkah menghitung luas derah di bawah kurva dan volume benda putar serta
panjang kurva menggunakan aturan integral tentu. |
Tugas Menggambar beberapa grafik
kurva. Observasi · Menentukan
derah yang dibatasi oleh kurva · Menentukan
benda putar yang terbentuk · Menentukan
panjang kurva Portofolio Merangkum gambar beberapa
grafik, menentukan derah di bawah kurva, atau benda putar yang terbentuk
kemudian dengan menggunakan konsep integral tentu menghitung luas di bawah
kurva dan volume bend putar. Tes Tes tertulis bentuk
uraian . |
5 x 4
jam belajar |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.7
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar. 3.8 Menganalisis grafik fungsi aljabar dan
trigonometri dan menerapkan
konsep dan aturan
integral
tentu
untuk menentukan panjang kurva pada interval
tertentu. |
|||||
4.7 Memecahkan masalah nyata
dengan menerapkanberbagai konsep dan aturan integral tentu terkait luas
daerah, volume benda putar dan panjang kurva dengan mengolah data, memilih
variabel,menginterpretasi masalah dalam gambar dan membuat model masalah
serta menyelesaikannya |
|||||
2.3
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari 2.4 Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual |
Integral
Parsial |
Mengamati · Membaca
untuk memahami dan mengingat kembali konsep integral · Menggambar
grafik fungsi aljabar dan fungsi trigonometri Menanya · Mendiskusikan
integral fungsi aljabar dan trigonometri · Membuat
pertanyaan integral parsial. Mengeksplorasikan · Menentukan integral
fungsi aljabar · Menentukan integral
fungsi trigonometri Mengasosiasikan Menganalisis konsep dan aturan integral parsial. Mengomunikasikan Menjelaskan
langkah menentukan integral parsial terhadap berbagai bentuk fungsi aljabar
dan trigonometri. |
Tugas Menggambar beberapa grafik
kurva. Observasi · Menentukan
integral fungsi aljabar · Menentukan
integral fungsi trigonometri Portofolio, Merangkum gambar beberapa grafik, menentukan integral
fungsi aljabar dan trigonometri Tes Tes tertulis bentuk uraian. |
5 x 4
jam belajar |
· Buku Matematika kelas XII · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
3.9 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan
aturan untuk melakukan
integral parsial terhadap
berbagai bentuk
fungsi
aljabar dan Trigonometri
|
|||||
4.8 Memecahkan masalah nyata dengan menerapkan
konsep dan aturan untuk melakukan intergral partial terhadap berbagai bentuk
fungsi aljabar dan trigonometri |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar