RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P No. 1)
Nama Sekolah : SMP N 3
Salahutu
Kelas / Semester : IX / 1 (Ganjil)
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan :3 x pertemuan
A.
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR : 1.1.
Mengidentifikasi bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen.
C.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN :
o Teliti
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Pantang menyerah
D.
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI :
o Menentukan dua
bangun yang kongruen melalui model bangundatar
o Menentukan syarat
dua bangun datar yang sebangun
o Menyebutkan arti
skala
o Menentukan besar
skala, ukuran sebenarnya dan ukuran pada peta
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat :
o
mendiskusikan
dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
o
mendiskusikan
dua bangun datar sebangun atau kongruen
F.
MATERI
AJAR : Kesebangunan
G.
ALOKASI WAKTU : 6 jam pelajaran (6 x 40 menit)
H.
METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Pembelajaran
kooperatif, Diskusi, Tanya-jawab dan Pemberian tugas
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan I
Tujuan Pembelajaran :
o
Peserta didik dapat mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk
memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi :
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Meminta Peserta didik
untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar kongruen
o
Menyampaikan
materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
o
Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
o
Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o
Mengingatkan
cara menyederhanakan perbandingan
o
Memberikan
contoh bangun-bangun yang sebangun
o
Memberikan
contoh bangun-bangun yang kongruen
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, terhadap keberhasilan peserta didik,
o
memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
o
bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan pelajaran;
o
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
o
memberikan
soal dari Mat. 3A (Erlangga) Lat. 2 (hal.8) no : 2, 4, 6 ( Tugas Terstruktur )
Ø Pertemuan II .
Tujuan Pembelajaran
o
Peserta didik dapat mendiskusikan
dua bangun datar sebangun atau kongruen
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk
mengingat kembali materi yang lalu.
- Motivasi : - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
- Guru menginformasikan metode pembelajaran
yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Meminta Peserta didik
untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
o
Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o
Membimbing menentukan syarat dua bangun datar kongruen
o
Memberikan
bimbingan untuk menentukan syarat dua bangun datar yang sebangun
o
Menjelaskan
pengertian skala
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, terhadap keberhasilan peserta didik,
o
memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
o
memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
o
memberikan
tugas PR ( Tugas Terstruktur)Buku Mat.3A (Erlangga, M. Cholik Adinawan,
Sugijono) Hal 12 lat.3 No. 2, 5, 6 dan 8
Ø Pertemuan III.
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk
mengingat kembali materi yang telah dipelajari.
- Motivasi : - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
o
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
o
Meminta Peserta didik
untuk menginformasikan
soal PR yang kesulitan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o
Membimbing siswa untuk menyelesaikan soal yang
sulit
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o
memberikan konfirmasi
terhadap hasil pekerjaan
siswa
o
memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
memberi
tugas latihan soal dari Mat.3A (Erlangga) Hal.16 Lat.4 no :2,4,5, dan 7 ( Tugas
terstruktur)
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
o Lingkungan
o Buku Panduan
Pendidik Mat (Anna Yuni Astuti, Miyanto, Ngapiningsih, Hal.11 – 13 ) ü
o Buku Mat.3A
(Erlangga, M Cholik Adinawan, Sugiyono. Hal. 2 – 16 ) ü
o Buku BSE (Wahyudin
Djumanta, Dwi Susanti. Hal.1 – 10 ) ü
K.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1
Dari gambar di bawah,
tentukan bangun-bangun yang sebangun dan yang kongruen
a b c d e
2
Panjang badan Kapal 120
m dan tinggi tiangnya 15 m. Hitunglah tinngi tiang pada model jika panjang
badan kapal pada model 24 cm
3
Apakah kedua persegi
panjang di bawah sebangun ? Jelaskan !
4
Jarak dua kota pada
peta digambarkan 5 cm , sedang jarak sebenarnya dua kota itu adalah 62,5 km.
Tentukan skala peta itu.
5
Skala model rumah 1 :
5.000, jika panjang rumah 12,5 cm maka panjang sebenarnya adalah . .
.
Yogyakarta,
Oktober 2011
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
YULIUS,
S.Pd Christin
Dri Wahyuni, S.Pd
NIP 19600701
198203 1 007
NIP 19601016 198103 2 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P No 2 )
Nama
Sekolah : SMP Bopkri 2 Yogyakarta
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Mata
Pelajaran : Matematika
Jumlah
Pertemuan : 4 x pertemuan
A.
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR : 1.2. Mengidentifikasi sifat - sifat
dua segitiga sebangun dan kongruen
C.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN :
o
Teliti
o
Kreatif
o
Rasa
ingin tahu
o
Pantang
menyerah
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
o
Menentukan syarat-syarat dua segitiga kongruen
o
Menentukan sifat-sifat dua segitiga kongruen
o
Menentukan syarat-syarat dua segitiga sebangun
o
Menentukan sifat-sifat dua segitiga sebangun
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
o
Peserta
didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
o
Peserta
didik dapat menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
F.
MATERI PEMBELAJARAN : Kesebangunan
G.
ALOKASI WAKTU : 8 jp ( 8 x 40 menit )
H.
MODEL / METODE PEMBELAJARAN : Kooperatif / diskusi,
Tanya-jawab, Pemberian tugas
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Ø Pertemuan I dan II
Pendahuluan
-
Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap
atau halaman.
-
Motivasi : -) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-) Guru menginformasikan
metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua
segitiga
o
Peserta didik dapat menyebutkan
sifat sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
o materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
o menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
o memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
o memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
o memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
o memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
o memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
o memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
o memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
-
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-
membantu menyelesaikan
masalah;
-
memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-
memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
-
memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
o bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
o melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling
o memberikan tugas individual mengerjakan soal dari Mat.3A. (Erlangga) Lat. 5 (hal.18) No.3,4,5, dan 6
Ø Pertemuan III dan IV
Pendahuluan
-
Apersepsi : Peserta didik diminta untuk menanyakan PR yang dirasa sulit.
-
Motivasi : -) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
-) Guru menginformasikan
metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua
segitiga
o
Peserta didik dapat menyebutkan
sifat sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
o materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
o menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
o memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
o memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
o memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
o memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
o memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
o memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
o memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
-
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-
membantu menyelesaikan
masalah;
-
memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-
memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
-
memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
o bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
o melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling
o memberikan tugas individual mengerjakan soal dari Mat.3A. (Erlangga)Lat.
7 (hal.29) No.2,5, 6, dan 8
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
o
Buku
Panduan Pendidik Mat (Anna Yuni Astuti, Miyanto, Ngapiningsih, Hal.20 – 28 ) ü
o
Buku
Mat.3A (Erlangga, M Cholik Adinawan, Sugiyono. Hal. 17– 52 ) ü
o
Buku
BSE (Wahyudin Djumanta, Dwi Susanti. Hal.10 – 22 ) ü
K.
PENILAIAN
·
Jika ΔABC sebangun dengan ΔPQR
apakah sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang ? dan sudut-sudut yang
bersesuaian sama besar ?
·
Jika
dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga itu sebangun ?
·
ΔABC
dan ΔPQR
sebangun ( A =P , B =Q, C =R ), maka sisi-sisi yang bersesuaian adalah
Yogyakarta, Juli 2011
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
YULIUS,
S.Pd
Christin Dri Wahyuni, S.Pd
NIP 19600701
198203 1 007
NIP 19601016 198103 2 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P No. 3 )
Nama
Sekolah : SMP BOPKRI 2 Yogyakarta
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Jumlah pertemuan :
4 x pertemuan
A.
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menggunakan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
C.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN :
o
Teliti
o
Kreatif
o
Rasa ingin tahu
o
Pantang menyerah
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
o
Membedakan antara dua segitiga kongruen dan sebangun
o
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan segitiga
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran
selesai, peserta didik diharapkan, dapat
o
mengamati
perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
o
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga untuk
memecahkan masalah
F.
MATERI
AJAR : Kesebangunan
G.
ALOKASI
WAKTU : 8 jp ( 8 x 40 menit )
H.
MODEL / METODE PEMBELAJARAN : Kooperatif / Diskusi,
Tanya-jawab dan Pemberian tugas
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
Ø Pertemuan I dan II
Pendahuluan
-
Apersepsi : -) Membahas PR yang sulit
-) Mengingat kembali syarat dua segitiga yang
sebangun.
-
Motivasi : -) Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
-) Guru menginformasikan metode pembelajaran
yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Peserta
didik dapat mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung
panjangnya.
o materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
o menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
o memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
o memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
o memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
o memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
o memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
melalui berbagai sumber,
o memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang telah dilakukan,
o memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam
mencapai kompetensi dasar:
-
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-
membantu menyelesaikan
masalah;
-
memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-
memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
-
memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
-
Membimbing
peserta didik untuk mengerjakan latihan soal dari Buku Mat.3A (Erlangga) Lat 8
(hal.38) no. 3, 4, 7 dan Lat. 9 (Hal.41) No. 3, 5, 6 dan 10
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
o bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
o melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling
o memberikan tugas individual mengerjakan dari Buku Mat.3A (Erlangga).
Lat. 10
(Hal.48) No. 2, 4, dan 5
Pertemuan III dan IV.
Pendahuluan
-
Apersepsi : -) Membahas PR yang sulit
-) Mengingat kembali syarat dua segitiga yang
sebangun.
-
Motivasi : -) Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
-) Guru menginformasikan metode pembelajaran
yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o Meminta Peserta didik untuk menampilkan dua bangun datar
o Meminta Peserta didik maenghitung dan membandingkannya
o Membimbing peserta didik untuk menemukan cara menyelesaikannya
o materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang
jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
o menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
o memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
o
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
o memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
o memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
o memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
o memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
o bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
o membimbing peserta
didik mengerjakan soal dari Buku Mat.3A (Erlangga).
Lat. 11 (Hal.51) No. 1, 2, 3, 4 dan 5
o bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan
penutup, guru:
o bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
o melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
o memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
o merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling
o memberikan tugas individual mengerjakan soal dari Buku Mat.3A (Erlangga).
Lat. 11 (Hal.51) No. 6, 7, 8, 9, dan 10
serta Lat.12 (Hal.55) no. 2, 3, dan 6
J.
SUMBER
BELAJAR :
o
Buku
Mat.3A (Erlangga, M Cholik Adinawan, Sugiyono. Hal. 53 – 58 ) ü
o
Buku
BSE (Wahyudin Djumanta, Dwi Susanti. Hal.22 – 25 ) ü
K.
PENILAIAN :
o ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Panjang AB
= 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm.
Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah ….
o Sebuah foto
berukuran 3 x 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut
menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar
tersebut adalah …..cm2.
o Perhatikan Gambar ! hitung nilai “ x “
20
Yogyakarta, Juli
2011
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran
YULIUS,
S.Pd Christin Dri
Wahyuni, S.Pd
NIP 19600701
198203 1 007
NIP 19601016 198103 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar