SILABUS
MATEMATIKA
Sekolah : SMA
Negeri 1 Pariangan
Mata Pelajaran :
Matematika Wajib (Ganjil)
Kelas :
X
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Kompetensi Inti
KI 1 : |
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. |
KI 2: |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbgai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebgai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia. |
KI3 : |
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah. |
KI 4: |
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
3.1
Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
dengan persamaan dan pertidaksamaan |
3.1.1 Menjelaskan definisi nilai
mutlak 3.1.2
Menjelaskan konsep persamaan nilai
mutlak bentuk linear satu variabel
|
•
Konsep Nilai Mutlak (fakta dan konsep) • Nilai mutlak suatu bilangan (prinsip)
• Sifat-sifat
nilai |
Pada
kegiatan pendahuluan peserta didik diajak mengamati Al
Quran Surat Al-Haaqqa(1- 3) Artinya: 1. Hari
Kiamat 2. Apakah
hari kiamat itu? 3. Dan
tahukah kamu apakah |
Sikap •
Teknik :
Observasi dan jurnal •
Instrumen: lembar observasi dan buku |
8 x 45 menit |
•
Buku Paket Matematika kelas X •
Buku Buku Matematika Kelas X Intan Pariwara |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
|
Sumber Belajar |
linear
Aljabar lainnya. |
3.1.3
Menjelaskan konsep pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel 3.1.4 Membedakan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel 3.1.5 Menjelaskan tahapan menggambar sketsa grafik persamaan nilai
mutlak dari bentuk linear satu variabel
3.1.6 Menjelaskan tahapan
membuat garis bilangan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu
variabel 3.1.7 Menjelaskan hubungan antara |
mutlak (konsep) •
Fungsi nilai
mutlak (konsep) •
Konsep persamaan nilai mutlak (konsep) •
Bentuk umum persamaan nilai mutlak (konsep)
•
Penyelesaian persamaan nilai mutlak (prosedur)
•
Konsep pertidaksama an nilai mutlak (konsep) •
Bentuk umum pertidaksama an nilai mutlak (konsep)
•
Penyelesaian pertidaksama an nilai mutlak |
hari
kiamat itu Al
Haaqqa menurut bahasa berarti yang pasti terjadi,hari kiamat dinamai
Alhaaqqah karena dia pasti terjadi •
Peserta didik membaca mengenai pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak. •
Peserta didik membuat pertanyaan mengenai
pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata
yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak. •
Peserta didik menentukan unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian nilai mutlak, |
jurnal Pengetahuan
•
Teknik :
penugasan dan
tes tulis •
Instrumen: Soal uraian dan pilihan ganda Keterampilan
•
Teknik: unjuk
kerja •
Instrumen: Soal
uraian |
|
|
Buku referensi dan artikel. Internet. |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
pertidaksamaan
linear Aljabar lainnya. 3.1.12
Menjelaskan strategi/tahapan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari
bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear
Aljabar lainnya. |
|
•
Peserta didik
menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresiekspresi, dan penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan penerapannya dalam
penyelesaian masalah nyata yang terkait persamaan dan pertidaksamaan linier
dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan.. •
Peserta didik mengerjakan soal pada lembaran
kerja yang
diberikan guru •
Peserta didik menyusun dan membuat rangkuman
dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Di
akhir pembelajaran peserta didik diajak mencermati Filsafah orang Minangkabau
”hiduik
bajaso mati |
|
|
|
4.1Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variable |
4.4.1 Menunjukkan variabel dari
permasalahan berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dari
permasalahan 4.4.2
Membuat model matematika dari permasalahan berkaitan dengan persamaan atau
pertidaksamaan |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
nilai mutlak bentuk linear satu variabel 4.4.3
Merumuskan penyelesaian persamaan
nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan persamaan
linear aljabar lainnya 4.4.4
Merumuskan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
dengan pertlinear aljabar lainnya 4.4.5
Membuat sketsa grafik persamaan nilai mutlak
berdasarkan
masalah 4.4.6
Menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear
satu |
|
bapusako” jadi
orang minang memberikan arti dan harga yang tinggi atau PASTI dalam hidupnya
analogi terhadap alam maka pribahasa yang dikemukakan adalah”Gajah mati
meninggalkan gadiang Harimau mati maninggalkan balang Manusia mati
meninggalkan namo” inilah hal yang pasti dalam kehidupan masyarakat
minangkabau |
|
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian |
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
variabel
dengan pertidaksamaan bentuk linear aljabar
lainnya 4.4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak dari bentuk
linear satu variabel 4.4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk
linear satu variabel 4.4.9
Membuat contoh permasalahan dan penyelesaiannya berkaitan dengan persamaan
atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan dan |
3.2.1
Mendeskripsikan konsep dan sifat- |
Konsep dan sifat sifat |
Pada
kegiatan pendahuluan |
Sikap Teknik |
: |
16 x
45 menit |
Buku
Paket Matematika |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
menentukan penyelesaian pertidaksamaan
rasional dan irasional satu variabel
|
sifat persamaan dan pertidaksamaan rasional 3.2.2 Menentukan penyelesain
persamaan dan pertidaksamaan rasional
|
persamaan
dan pertidaksa- maan rasional (konsep)
Penyelesaian persamaan dan pertidaksama an rasional (prosedur)
|
peserta
didik diajak mengamati Surat Al- Insyrah(5-7) Artinya: 5.
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada
kemudahan 6.
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada
kemudahan •
Maka apabila kamu telah selesai(dari suatu
urusan)kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang
lain •
Peserta didik membaca mengenai pengertian
persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional beserta sifatsifatnya. •
Peserta didik membuat pertanyaan mengenai
pengertian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional beserta
sifatsifatnya, ekspresi-ekspresi penyelesaian, dan masalah |
Observasi dan jurnal •
Instrumen: lembar observasi dan buku jurnal Pengetahuan
•
Teknik :
penugasan dan
tes tulis •
Instrumen: Soal uraian dan pilihan ganda Keterampilan
•
Teknik: unjuk kerja dan proyek •
Instrumen: Soal
uraian |
|
kelas X Buku Matematika
Kelas X Intan Pariwara •
Buku referensi dan artikel. •
Internet.
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
|
Pembelajaran |
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
|
|
|
nyata terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan rasional
dan irasional |
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan rasional dan
irasional Peserta didik menyampaikan
pengertian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional,
ekspresiekspresi, dan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan
irasional dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait
persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional, dan bagan.. |
|
|
|
4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaa n rasional dan irasional satu variabel. |
4.2.1 Menyelesaikan masalah nyata yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
rasional 4.2.2
Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan irasional |
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
|
Pembelajaran |
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual |
3.3.1 Menyusun sistem persamaan linier tiga
variabel dari masala
kontekstual 3.3.2 Menentukan penyelesaian
dari sistem persamaan linier tiga variabel |
•
Sistem persamaan linier tiga variable (konsep
dan fakta)
•
Menyelesaik an masalah yang berkaitan dengan
Sistem Persamaan
Linear
Tiga Variabel
(prosedur)
|
|
Peserta
didik membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier tiga variabel, cara
menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang
disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya Peserta didik membuat
pertanyaan mengenai ekspresi system persamaan linier tiga variable, cara
penyelesaiannya , dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika
serta penyelesaiannya Peserta didik menentukan unsur-unsur yang
terdapat pada ekspresi sistem |
Pengetahuan:
•
Tes lisan dan tes tulis tentang system
persamaan linier tiga variabel •
Bentuk:
uraian Keterampilan: •
Tes tertulis tentang menyelesaik an masalah
nyata yang berkaitan dengan system persamaan linier tiga variabel |
8x45
menit |
•
Buku Paket Matematika kelas X Buku Matematika
Kelas X Intan Pariwara • Buku
referensi dan artikel. •
Internet.
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
|
Pembelajaran |
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
4.3.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
tiga variable |
4.3.1 Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan system persamaanlinier tiga variable |
|
|
persamaan tiga variabel cara menentukan
himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya |
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik menganalisis dan membuat
kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi system persamaan linier
tiga variable, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika serta penyelesaiannya
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik menyampaikan pengertian ekspresi
system persamaan linier tiga variable, cara menentukan himpunan penyelesaian,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya |
|
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
|
|
Di akhir pembelajaran siswa di minta
mencermati Adat Di Minang
kabau Jika terjadi kusuik atau sengketa
diminangkabau baik sekaum atau antar
kaum maka harus diselesaiakan secara adat yang
oleh KAN Cara menyelesaikan kusuik/sengketa diminang
ada 4 macam: Kusuik Bulu ayam, Kusuik banang,kusuik rambuik,jo kusuik sarang tampuo,
Semua diselesaikan dengan caranya
masin-masing,Apabila tidak terselesaikan maku baru dapat untuk mengajukan
gugatan ke pengadilan sebagaimana yang
telah itentukan oleh adat Minang yang basandi sarak dan basandi kitabullah
Artinya sesuai dengankonsep SPLTV kita harus menyelesaiakan permasalahan satu
persatu |
|
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
|
|
untuk mendapatkan penyelesaian
akhir |
|
|
|
3.4Menjelaskan dan
menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaa n dua variabel (linear-kuadrat
dan kuadrat- kuadrat) |
3.4.1 Menjelaskan konsep pertidaksamaan dua variabel 3.4.2 Menjelaskan penyelesaian
pertidaksamaan dua variabel 3.4.3 Menggambarkan daerah penyelesaian pertidaksamaan dua variabel
3.4.4 Menyusun pertidaksamaan
dua variabel
dari suatu daerah |
Sistem
Pertidaksamaan Dua
Variabel •
Sistem pertidaksam aan linear dan kuadrat dua
variabel (SPtdLKDV) (konsep dan fakta)
•
Menggambar kan daerah penyelesaian SPtdLKDV
(prosedur)
•
Menyusun SPtdLKDV Dari suatu daerah
penyelesaian |
•
Peserta didik membaca mengenai konsep PtdKDV
di sertai contohnya, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
danpenyelesaiannyameng gunakan
grafik •
Peserta didikberdiskusi tentang konsep SPtdLKDV di sertai contohnya, penyelesaian SPtdLKDV menggunakan grafik, metode
substitusi, dan campuran metode eliminasi dan substitusi serta menjelaskan banyak penyelesaian SPtdLKDV di
lihat dari titik potong |
Sikap •
Teknik :
Observasi dan jurnal •
Instrumen: lembar observasi dan buku jurnal Pengetahuan •
Teknik :
penugasan dan
tes tulis •
Instrumen: Soal uraian dan pilihan ganda Keterampilan Teknik: |
12x45
menit |
•
Buku Paket Matematika kelas X Buku Matematika
Kelas X Intan Pariwara • Buku
referensi dan artikel. • Internet. |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
|
Pembelajaran |
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
penyelesaian
3.4.5 Menjelaskan konsep SPtdLKDV 3.4.6 Menggambarkan daerah penyelesaian SPtdLKDV 3.4.7 Menghitung luas daerah
penyelesaian SPtdLKDV 3.4.8 Menjelaskan
konsep SPtdKDV 3.4.9 Menggambarkan daerah penyelesaian SPtdKDV 3.4.10 Menghitung luas daerah penyelesaian
SPtdKDV |
(prosedur)
• Sistem
pertidaksama an kuadrat dua variabel (SPtdKDV) (fakta dan konsep)
•
Menggambark an daerah penyelesaian
SPtdKDV
(prosedur)
•
Menyusun SPtdLKDV dari suatu daerah penyelesaian (prosedur)
|
|
antara garis dan parabola serta banyak
penyelesaian SPtdLKDV di lihat dari nilai diskriminan pertidaksamaan kuadrat
hasil substitusi
pertidaksamaan linear dua variabel kedalam pertidaksamaan kuadrat
dua variabel sertas
menentukan penyelesaian
SPtdLKDV Menggunakan informasi dari
permasalahan untuk menentukan variabelvariabel
dan membuat model matematika
berbentuk SPtdLKDV Menyelesaikan permasalahan nyata
yang berhubungan dengan SPtdLKDV Menjelaskan
konsep SPtdKDV di sertai contohnya
Menjelaskan penyelesaian SPtdKDV menggunakan grafik,
metode substitusi, |
unjuk kerja dan proyek Instrumen: Soal
uraian |
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian |
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
4.4Menyajikan
dan menyelesaika masalah
yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat
dan kuadrat- kuadrat) |
4.4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPtdLKDV 4.4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPtdKDV |
|
campuran
metode eliminasi
dan substitusi •
Menjelaskan banyak penyelesaian SPtdKDV di
lihat dari banyak titik potong antara kedua parabola
•
Menentukan penyelesaian SPtdKDV •
Menggunakan informasi dari permasalahan untuk
menentukan variabelvariabel dan membuat model matematika berbentuk SPtdKDV •
Menyelesaikan permasalahan nyata yang
berhubungan dengan SPtdKDV
|
|
|
|
|
3.5 Menjelaskan dan menentukan
fungsi (terutama fungsi linear,
fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi |
3.5.1 Menentukan notasi suatu fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi
rasional 3.5.2
Menentukan daerah daerah asal suatu fungsi linear, fungsi
kuadrat dan fungsi rasional |
Fungsi •
Relasi dan Fungsi (fakta dan konsep) •
Operasi Aritmetika (prosedur) •
Komposisi Fungsi (prosedur) |
•
Dengan tanya jawab peserta didik mengingat
kembali definisi dan relasi antara dua himpunan melalui diagram panah,
diagram cartesius,dan himpunan pasangan berurutan •
Dengan tanya jawab Peserta didik menjelaskan konsep daerah asal, daerah
kawan, |
Sikap •
Teknik :
Observasi dan jurnal •
Instrumen: lembar observasi dan buku jurnal Pengetahuan |
12x45
menit |
•
Buku Paket Matematika kelas X Buku Matematika
Kelas X Intan Pariwara •
Buku referensi dan |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya 4.5 Menganalisa karakteristik masingmasing grafik (titik
potong dengan |
3.5.3 Menentukan daerah hasilsuatu fungsi linear, fungsi kuadrat dan fungsi
rasional 3.5.4
Menggambaran grafik fungsi linear
3.5.5
Menggambarkan grafik fungsi kuadrat
3.5.6
Menggambarkan grafik fungsi rasional
3.5.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada
fungsi 3.5.8
Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian
fungsi
4.5.1. Mensketsa titik potong grafik
fungsi. 4.5.2. Mensketsa titik puncak dan
asimtot grafik |
•
Fungsi Linear (konsep)
•
Fungsi Kuadrat (konsep)
•
Fungsi Rasional (konsep)
•
Fungsi Invers (konsep)
|
dan
daerah hasil •
Peserta didik memahami bahan ajar tentang
berbagai jenis relasi sehingga siswa mampu menfefiniikan fungsi sebagai
relasi dengan sifat tertentu •
Peserta didik memahami bahan ajar tentang
notasi, daerah asal, daerah hasil suatu fungsi linear, fungsu kuadrat, dan
rasional •
Peserta didik mendiskusikan cara menggambar grafik fungsi linear, fungsi kuadrat,dan fungsi rasional •
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur
tentang daerah asal dan daerah hasil fungsi linear, fungsi kuadrat,dan fungsi
rasional |
•
Teknik :
penugasan dan tes tulis •
Instrumen: Soal uraian dan pilihan ganda Keterampilan
•
Teknik: unjuk kerja dan proyek •
Instrumen: Soal
uraian |
|
artikel.
Internet. |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb. |
fungsi.
4.5.3. mensketsa perubahan
grafik fungsi akibat transformasi. |
|
|
|
|
|
3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi
dan operasi invers pada fungsi invers serta sifatsifatnya serta menentukan eksistensinya |
3.6.1 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan
pengurangan pada fungsi 3.6.2 Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian fungsi
3.6.3 Mendefinisikan pengertian
fungsi komposisi 3.6.4 Menentukan domain fungsi komposisi 3.6.5
Menentukan range fungsi komposisi 3.6.6 Menentukan sifat komposisi fungsi |
•
Operasi aritmatika fungsi (prinsip) •
Operasi penjumlahan (prinsip)
•
Operaasi pengurangan (prinsip)
•
Operasi perkalian
(prinsip)
•
Operasi pembagian (prinsip)
•
Daerah asal fungsi sebagai hasil |
•
Peserta didik
berdiskusi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan
pada fungsi •
Peserta didik berdiskusi tentang operasi
perkalian dan pembagian pada fungsi •
Peserta didik berdiskusi untuk mendefinisikan pengertian
fungsi komposisi •
Peserta didik berdiskusi untuk menentukan
domain fungsi komposisi •
Peserta didik berdiskusi untuk menentukan
range fungsi komposisi •
Peserta didik
berdiskusi |
Sikap •
Teknik :
Observasi dan jurnal •
Instrumen: lembar observasi dan buku jurnal Pengetahuan
•
Teknik :
penugasan dan
tes tulis •
Instrumen: Soal uraian dan pilihan ganda Keterampilan |
8x45
menit |
•
Buku Paket Matematika kelas X Buku Matematika
Kelas X Intan Pariwara •
Buku referensi dan artikel. •
Internet.
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi |
3.6.7
Menentukan hasil operasi komposisi pada fungsi 4.6.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi
komposisi dan operasi invers fungsi |
operasi aljabar dua atau lebih fungsi (konsep) •
Sifat-sifat hasil operasi fungsi (fakta) •
Operasi komposisi fungsi (fakta) •
Sifat-sifat komposisi fungs (fakta)
•
Defenisi Invers Fungsi
(konsep)
•
Fungsi invers (konsep) •
Sifat-sifat fungsi invers (konsep dan fakta)
•
Bentuk invers
fungsi (konsep)
|
untuk menentukan sifat komposisi fungsi •
Peserta didik berdiskusi untuk menentukan
rumus hasil operasi fungsi komposisi •
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur
tentang operasi aritmatika dan operasi komposisi fungsi •
Peserta didik mengamati bahan tentang definisi
fungsi invers •
Peserta didik berdiskusi tentang menentukan
fungsi invers •
Peserta didik mengerjakan tugas tentang fungsi
invers •
Peserta didik berdiskusi tentang menentuak
fungsi invers dari fungsis komposisi •
Peserta didik mengerjakan tugas tentang fungsi
invers dari fungsi komposisi •
Peserta didik berdiskusi tentang
sifat-sifat fungsi |
•
Teknik: unjuk kerja dan proyek •
Instrumen: Soal uraian |
|
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar
|
|
|
|
invers
dan fungsi komposisi •
Peserta didik mengerjakan sifat-sifat fungsi
invers dan fungsi komposisi •
Peserta didik mengerjakan tugas tentang
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi. |
|
|
|
Mengetahui.: Simabur, Juni 2020 Kepala SMA N 1 PARIANGAN Guru Mata Pelajaran.
Dra.
DESVIANORITA, MM RIANA
GUSTIA, M.Si
NIP
19620202 198603 2 004 NIP 19730807
200501 2 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar