SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : Matematika
Peminatan MIPA
Kelas :
XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
polinomial |
Mengamati Membaca dan mencermati
mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya,
teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata
dari
berbagai sumber belajar. Menanya Membuat pertanyaan mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya,
teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya pada masalah nyata. Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema
sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata. Mengasosiasikan · Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada teknik penyelesaian operasi aljabar
pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya
pada masalah nyata. · Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata. Mengomunikasikan Menyampaikan teknik penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan. |
Tugas · Membaca dan mencermati
mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik). · Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyelesaian
operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema
faktor, dan penerapannya pada masalah nyata. Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis
bentuk uraian mengenai penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata. |
5 x 4
jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.1
Mendeskripsikan konsep dan menganalisis sifat operasi aljabar pada polinomial dan menerapkannya dalam
menyelesaikan
masalah matematika. 3.2
Mendeskripsikan aturan perkalian dan
pembagian polinomial dan menerapkan teorema
sisa dan dan pemfaktoran
polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika |
||||||
4.1
Memecahan
masalah nyata menggunakan konsep teorema
sisa dan faktorisasi dalam
polinomial. 4.2
Memecahkan
masalah nyata
dengan model persamaan kubik
dengan menerapkan
aturan dan sifat
pada polinomial. |
|
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
|
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Irisan Kerucut |
Mengamati Membaca dan mencermati mengenai
pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan
parabola, ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar. Menanya Membuat pertanyaan mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola,
ellips, dan hiperbola, dan
penerapannya pada masalah nyata. Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan
parabola, ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata. Mengasosiasikan · Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata. · Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus,
persamaan parabola, ellips, dan
hiperbola, dan penerapannya
pada masalah nyata. Mengomunikasikan Menyampaikan pengetian dan sifat-sifat, garis direktris
dan titik fokus, persamaan parabola,
ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata dengan
lisan, tulisan, dan bagan. |
Tugas · Membaca dan mencermati
mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik). · Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian dan
sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus,
persamaan parabola, ellips, dan
hiperbola, dan penerapannya
pada masalah nyata. Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengetian dan
sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata. |
6 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.3
Menganalisis konsep sifat- sifat
irisan kerucut (parabola,
hiperbola, dan ellips)
dan menerapkannya dalam pembuktian dan
menyelesaikan
masalah matematika 3.4
Mendeskripsikan
hubungan garis direktis, titik fokus
dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah. 3.5 Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips
untuk menggambar kurva
dan mengidentifikasi sifat-sifatnya. |
||||||
4.3
Mengolah
data dan menganalisis model matematika dengan melakukan
manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan parabola atau
hiperbola atau ellips.
4.4
Menyajikan
objek-objek nyata sebagai gambaran
model parabola, hiperbola,
dan ellips dan merancang masalah
serta menyelesaikannya dengan menerapkan
konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah
dibuktikan kebenaranya. |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Irisan Dua Lingkaran |
Mengamati Membaca dan mencermati mengenai
pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan
penerapannya pada pemecahan masalah dari berbagai sumber belajar. Menanya Membuat pertanyaan mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan
penerapannya pada pemecahan masalah. Mengeksplorasikan Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengetian
lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah. Mengasosiasikan · Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata. · Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua
lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan
masalah. Mengomunikasikan Menyampaikan pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah dengan lisan, tulisan, dan bagan. |
Tugas · Membaca dan mencermati
mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan
penerapannya pada pemecahan masalah minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik). · Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian lingkaran,
gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran,
dan penerapannya pada pemecahan masalah. Portofolio Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. Tes Tes tertulis bentuk uraian pengetian lingkaran, gambar
dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah.
|
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.6 Mendeskripsikan
konsep lingkaran dan
menganalisis sifat-sifat
irisan dua lingkaran
dan menerapkannya dalam
memecahkan masalah. |
||||||
4.5
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dalam
memecahkan masalah nyata
dengan model lingkaran yang saling beririsan,
menginterpretasi masalah
dalam gambar dan menyelesaikannya. |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Sampel dan Fungsi distribusi |
Mengamati Mencermati
hal-hal yang berkaitan dengan penarikan sampel, variabel acak dari buku, alat
peraga ataupun penjelasan guru. Menanya · Guru
memancing pertanyaan yang berkaitan dengan penarikan sampel
dan variabel acak. · Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan penarikan sampel dan variabel acak. Mengeksplorasikan · Mendiskusikan cara penarikan sampel secara acak dan
kegunaannya · Mencoba mempraktekan penarikan sampel dari suatu
populasi · Mendiskusikan definisi variabel acak dan melakukan
percobaan. · Melakukan percobaan distribusi binomial Mengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penarikan sampel
dan variabel acak . · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan/percobaan dalam
bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan penarikan sampel
dan kegunaan penarikan sampel · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan penarikan sampel dan kegunaan penarikan sampel . · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan penarikan
sampel
kegunaan
penarikan sampel . Portofolio ·
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. ·
Laporan hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes tertulis. |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.7
Menganalisis
penarikan sampel acak
dari
suatu populasi sekumpulan objek atau kejadian
sehari-hari. 3.9
Mendeskripsikan
konsep variabel
acak, dan menganalisis untuk
merumuskan fungsi distribusi
binomial melalui
percobaan acak. |
||||||
1.6
Menyajikan dan
menggunakan
rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir
suatu kejadian yang
akan muncul berkaitan
dengan percobaan
acak. |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2 Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Penarikan kesimpulan |
Mengamati Mencermati
hal-hal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan dari buku, alat peraga
ataupun penjelasan guru. Menanya · Menanya
tentang hal hal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. · Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan penarikan kesimpulan. Mengeksplorasikan · Mendiskusikan tahapan-tahapan dan kriteria-kriteria
dalam uji hipotesis. · Melakukan percobaan uji hipotesis dan mendiskusikan
untuk menarik kesimpulan Mengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen dan penarikan kesimpulan. · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan/percobaan dalam
bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan sampel dan penarikan kesimpulan · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan
sampel dan penarikan kesimpulan · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan penarikan
sampel, kegunaan penarikan sampel dan penarikan kesimpulan Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. · Laporan
hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes tertulis. |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.8
Mengevaluasi penarikan kesimpulan melalui
uji hipotesis dengan
kriteria tertentu. |
||||||
4.7
Menyajikan
proses dan hasil penarikan kesimpulan dari
uji hipotesis dengan
argumentasi
dan prosedur penarikan
kesimpulan yang valid. |
||||||
2.1
Melatih diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan
berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Limit Fungsi |
Mengamati · Mencermati rumus-rumus dasar limit trigonometri baik
dari buku, penjelasan guru ataupun sumber lain. · Mencermati limit fungsi aljabar menuju ketidakhinggaan
baik dari buku, penjelasan guru ataupun sumber lain. Menanya · Menamya yang berkaitan dengan konsep turunan kaitannya dengan limit · Menanya
tentang limit menuju tak hingga. · Menanyakan
dan mendiskusikan hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan konsep limit trigonometri dan limit menuju tak hingga Mengeksplorasikan · Mendiskusikan
limit trginonometri dengan manipulasi aljabar, dengan
mengingat kembali identitas trigonometri · Mendiskusikan konsep limit trigonometri dengan manipulasi aljabar, dengan mengingat kembali
identitas trigonometri · Mendiskusikan limit aljabar menuju ketakhinggaan · Bereksperimen menentukan limit fungsi trigonometri
dengan mengingat kembali identitas trigonometri Mengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit aljabar menuju tak hingga · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit
dan limit trigonometri · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan limit menuju tak hingga dan limit
trigonometri · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan limit menuju tak hingga dan limit trigonometri · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan limit menuju
tak hingga
dan limit trigonometri Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. · Laporan
hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes tertulis. |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.10Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan
sifat-sifat limit fungsi trigonometri
dan nilai limit
fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan
meng-gunakan dalam
pemecah-an
berbagai masalah. |
||||||
4.8 Menyajikan dan
mengilustrasikan konsep limit dalam konteks nyata. |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis,
jujur serta responsif dalam memecahkan
masalah matematika,
bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Turunan fungsi trigonometri |
Mengamati · Mencermati konsep turunan trigonometri kaitannya dengan
limit baik dari buku, penjelasan guru ataupun sumber lain. · Mencermati konsep turunan fungsi trigonometri kaitannya
dengan limit. Menanya · Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan konsep turunan kaitannya dengan limit · Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan turunan trigonometri Mengeksplorasikan · Mendiskusikan
limit trginonomteri dengan manipulasi aljabar, dengan
mengingat kembali identitas trigonometri · Mendiskusikan
turunan trigonometri dan sifat-sifatnya. Mengmengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit, turunan trigonometri · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan trigonometri · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan trigonometri · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan urunan
trigonometri Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. · Laporan
hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes tertulis. |
4 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.11 Mendeskripsikan
konsep turunan
fungsi trigonometri
untuk menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah. |
||||||
4.9
Merencanakan
dan melaksanakan strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi trigonometri. |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Turunan fungsi trigonometri |
Mengamati · Mencermati konsep penggunaan turunan trigonometri untuk
fungsi naik dan turun. · Mencermati penggunaan turunan untuk menentukan titik
stasioner Menanya · Menanya tentang penentuan titik maksimum, minimum dan
perpotongan dengan sumbu x. · Mendiskusikan
hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai
hal berkaitan dengan fungsi naik dan turun, menentukan titik stasioner dan
perpotongan dengan sumbu x. Mengeksplorasikan · Mendiskusikan konsep fungsi naik dan fungsi turun. · Mendiskusikan metode untuk menentukan titik-titik
stasioner. · Bereksperimen menggambar suatu fungsi dengan terlebih
dahulu menentukan titik-titik yang dibutuhkan · Bereksperimen menerapkan penggunaaan turunan untuk
aplikasi masalah kontekstual. Mengmengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan turunan untuk menentukan fungsi naik dan fungsi turun,
menggambar suatu fungsi, nilai maksimum dan minimum suatu fungsi. · Menganalisis
dan menyimpulkan penggunaan turunan untuk
menyelesaikan masalah kontekstual. · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan dan penggunaannya · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan turunan dan
penggunaannya Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. · Laporan
hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes
tertulis. |
7 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.12 Menganalisis
konsep dan sifat turunan
fungsi trigonometri dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum,
titik
minimum dan titik belok). |
||||||
4.10 Menyajikan,
dan memecahkan masalah nyata |
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan 2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah |
Aplikasi Turunan Fungsi |
Mengamati · Mencermati konsep penggunaan turunan trigonometri untuk
menentukan garis singgung. · Mencermati penggunaan turunan untuk menentukan nilai
maksimum dan minimum suatu fungsi Menanya · Menanya penggunaan
turunan untuk menentukan garis singgung kurva. · Berdasarkan
observasi, menanyakan
dan mendiskusikan hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan persamaan garis singgung. Mengeksplorasikan · Mendiskusikan
penggunaan turunan untuk menentukan persamaan garis
singgung · Bereksperimen menerapkan penggunaaan turunan untuk
aplikasi masalah kontekstual. Mengmengasosiasikan · Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan turunan untuk menentukan garis singgung. · Menganalisis
dan menyimpulkan penggunaan turunan untuk
menyelesaikan masalah kontekstual. · Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan Mengomunikasikan · Menyampaikan secara
lisan dan tertulis tentang apa yang telah dipelajari · Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap. |
Tugas · membaca dan mempelajari
berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan turunan dan penggunaannya · Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya · Menyusun
laporan yang berkaitan dengan turunan dan
penggunaannya Portofolio · Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada. · Laporan
hasil analisis dan kesimpulan Tes Tes
tertulis. |
7 x 4 jam pelajaran |
· Buku Matematika kelas XI · Buku referensi dan artikel yang sesuai · Internet |
|
3.13 Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar |
||||||
4.11
Menyajikan data
dari
situasi nyata,
memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk
model matematika berupa
persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan
sifat turunan fungsi dan
garis singgung kurva dalam
menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar. |
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar