ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Senin, 26 Desember 2022

SILABUS PEMBELAJARAN 8_1

 SILABUS PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan : SMP/MTs

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas : VIII (Delapan)


Kompetensi Inti

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Kompetensi Dasar

 

 

Materi Pembelajaran

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi Waktu

 

Sumber Belajar

 

Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi

Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan

Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru

 

Pola Bilangan, Barisan dan Deret

 

Mengamati

 Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret

Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya;

Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat prediksi

Menanya

Menanya tentang penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari

Menanya tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas sosial lainnya

Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi

Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara  memperumumnya;

 Mengumpulkan Informasi

Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut

Menggali informasi tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa sifat dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau secara deduktif  sederhana

Menggali informasi tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan bilangan, geometris, ataupun  fenomena lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya

Menggali informasi tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya

Menggali informasi tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram

Menggali informasi tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari

Menggali informasi tentang cara memperumum pola bilangan, barisan, deret

Menalar/Mengasosiasi

 Menganalisis  permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret

Menganalisis perbedaan pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika

Menganalisis cara-cara menyatakan pola, barisan dan deret

Menanalisis cara memprediksi menggunakan pola dan generalisasi

Mengomunikasikan

Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret

Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,  memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya

Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan

 

 

Sikap:

Observasi

Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai  pola bilangan, barisan, dan deret

Pengetahuan:

Penugasan

Tugas terstruktur: mengerjakan

latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret

Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan, barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan deret

 Keterampilan:

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan, barisan, deret,  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...