SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk
memecahkan suatu permasalahan Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan
memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru |
Pola Bilangan, Barisan dan Deret |
Mengamati Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan pola, barisan dan deret Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta
memperumumnya; Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat
prediksi Menanya Menanya tentang penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari Menanya tentang penggunaan pola untuk memprediksi
kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas sosial lainnya Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan pola
untuk memprediksi Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan
cara memperumumnya; Mengumpulkan Informasi Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang
memiliki pola tertentu, serta memberi alasan dari ciri, sifat atau
karakteristik pola tersebut Menggali informasi tentang cara, strategi, metode untuk
membuat generalisasi beberapa sifat dalam matematika melalui pendekatan
percobaan, pengamatan pola, atau secara deduktif sederhana Menggali informasi tentang pola, barisan dan deret melalui
contoh dari pola/barisan bilangan, geometris, ataupun fenomena lainnya,
serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya Menggali informasi tentang pola bilangan, pola geometris,
dan fenomena sehari-hari serta membuat generalisasi untuk merumuskan masalah
baru/lainnya Menggali informasi tentang organisasi data dan memilih
informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pola bilangan, pola
geometris, dan fenomena sehari-hari dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram Menggali informasi tentang cara memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari Menggali informasi tentang cara memperumum pola
bilangan, barisan, deret Menalar/Mengasosiasi Menganalisis permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan pola, barisan, dan deret Menganalisis perbedaan pola, barisan dan deret melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari, maupun dalam matematika Menganalisis cara-cara menyatakan pola, barisan dan deret Menanalisis cara memprediksi menggunakan pola dan
generalisasi Mengomunikasikan Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran,
apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu
ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa
yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan
informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang
telah diilakukan |
Sikap: Observasi Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan
tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai pola
bilangan, barisan, dan deret Pengetahuan: Penugasan Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan,
barisan dan deret Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
penggunaan pola bilangan, barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola
bilangan, barisan, dan deret Keterampilan: Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola
bilangan, barisan, deret, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar