ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Senin, 26 Desember 2022

RPP KELAS 10_( KOORDINAT KARTESIUS DAN KOORDINAT KUTUB )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

( RPP )


Satuan Pendidikan                   : SMK Negeri 2 Ambon

Mata Pelajaran                         : Matematika

Kelas/Semester                        : X / Genap

Alokasi Waktu                         : 8 X 30 Menit ( 2 X Pertemuan )

Guru Pengampuh                     : Adinda P. W. Mulyana

 

A.    Kompetensi Inti (KI)

1. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

2.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.  Kompetensi Dasar

3.7 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

4.7 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya


C.    Indikator Pencapaian Kompetensi


     3.7.1  Menentukan kordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

     4.7.1  Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub  

               dan sebalinya.

 

  D.  Model Pembelajaran                  : Discovery Learning

  E.  Materi Pokok                               : Koordibat Kutub dan koordinat kartesius

  F.   Media dan Alat Pembelajaran : Laptop, infocus, bahan ajar Buku Matematika SMK

                                                                       Kelas X   (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga Buku

                                                                       Matematika   SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit

                                                                       Intan Pariwara dan Internet. 

  G. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, menggali informasi, berdiskusi, Tanya jawab dan melakukan praktek langsung, diharapkan peserta didik mampu:

1.   Menentukan kordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

2.   Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya.


H. Kegiatan Pembelajaran 

Pertemuan 1

 


Kegiatan




Deskripsi kegiatan


Waktu


       Pendahuluan


1.      Guru memberikan salam

2.      Peserta didik berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religious

3.      Guru mencek kehadiran siswa

4.      Guru menginformasikan kompetensi,materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

5.      Guru membagi peserta didik atas beberapa kelompok




    15 menit

 


 

Kegiatan Inti


1.     Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa Kurikulum 2013, buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, buku matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.

2.    Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar tentang materi perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

3.    Peserta didik mengumpulkan informasi atau data data yang terkait dengan perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya



   

    90 menit


 

4.    Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

5.    siswa mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya didepan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan

 


Kegiatan Penutup


1.      Mengarahkan siswa untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari.

2.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



    15 menit


Pertemuan 2

 


Kegiatan


Deskripsi Kegiatan


Waktu


 




Pendahuluan


1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka,dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2.    Memeriksa kehadiran peserta didik.

3.    Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya.

4.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

5.    Membentuk kelompok.






     15 menit








Kegiatan Inti


1.    Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa Kurikulum 2013, buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, buku matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.

2.    Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi terkait materi masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

3.    Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

4.    Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

5.    siswa mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya didepan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan









      90 menit


kegiatan Penutup


1.      Mengarahkan siswa untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari.

2.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.





     15 menit



   I. Penilaian

1.     Teknik penilaian :

a.      Kompetensi sikap spritual dan sosial dinilai menggunakan teknis observasi.

b.     Kompetensi pengetahuan dinilai menggunakan tes tertulis.

c.      Kompetensi keterampilan dinilai menggunakan teknik penugasan.

2.     Instrumen penilaian dan pedoman penskoran

            a.      Pertemuan pertama

Pada pertemuan ini penilaian dilakukan terhadap kompetensi sikap, menggunakan lembar observasi sebagai berikut:

 

LEMBAR OBSERVASI


Kelas                           :

 

No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Jml

nilai

predikat

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Semester                 : Tahunpelajaran : Indikator sikap          

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keterangan:

 


1.     Ketepatan waktu dalam kehadiran dikelas

2.     Kelengkapan buku catatan serta kerapihannya

3.     Keseriusan mengerjakan tugas

4.     Kesantunan dalam berkomunikasi

5.     Kesediaan dalam bekerja sama

6.     Menyampaikan pendapat dengan santun

7.     Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman


8.     Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru


9.     Kejujuran dalam ujian (tes)




Rentang skor : 0 – 2 Predikat:

Amat baik        (A): 86 100

Baik                  (B): 76 – 85

Cukup               (C): 60 – 75

Kurang              (D): 40 – 59 Sangat kurang (E): < 40


Ø  Acuan penskorannya adalah sebagai berikut.

 


Aspek



deskripsi

skor


1


§  Sangat tepat waktu dalam kehadiran dikelas

§  Terlambat dalam waktu kehadiran

§  Tidak hadir (Alpa)



2

1

0


2


§  Melengkapi buku catatan serta kerapihan dalam mencatat

§  Kurang melengkapi buku catatan serta kurang rapih dalam mencatat

§  Tidak ada buku catatan sama sekali



2

1

0


3


§  Keseriusan mengerjakan tugas

§  Kurang serius mengerjakan tugas

§  Tidak ada Keseriusan mengerjakan tugas



2

1

0


4


§  Kesantunan dalam berkomunikasi

§  Kurang santun dalam berkomunikasi

§  Tidak ada Kesantunan dalam berkomunikasi



2

1

0


5


§  Kesediaan dalam bekerja sama

§  Kurang Kesediaan dalam bekerja sama

§  Tidak ada Kesediaan dalam bekerja sama



2

1

0


6


§  Menyampaikan pendapat dengan santun

§  Menyampaikan pendapat dengan kurang santun

§  Menyampaikan pendapat dengan tidak santun

2

1

0


7


§  Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

§  Kurang menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

§  Tidak menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman



2

1

0


8


§  Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru

§  Kurang menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru

§  Tidak menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru



2

1

0


9


§  Kejujuran dalam ujian (tes)

§  Kejujuran dalam ujian (tes) kurang

§  Tidak jujur dalam ujian (tes)



2

1

0

 

Skor maksimum 9 x 2 = 18

Skor akhir di tentukan dengan rumus:

b.       pertemuan kedua

pada pertemuan kedua dilakukan penelitian terhadap kompetensi pengetahuan. Intrumen yang digunakan dan acuan penskorannya adalah sebagai berikut.


                                       
                                                 Analisis, Pengolahan, dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar

Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara Pengolahan Nilai

KISI-KISI DAN SOAL

 

Bidang Keahlian : Bisnis  Manajemen      Program Keahlian : Semua

Kompetensi Keahlian  : Semua

Mata Pelajaran    : Matematika

Kompetensi Dasar : 3.7. Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

                                                      4.7.   Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya


 

Kompetens

i Dasar

Indikator

(IPK)

Materi

Indikator

Soal

Bentu

k Soal

Butir Soal



Menentukan koordinat

kartesius



Menentuka n kordinat

kartesius


Koordinat

Kutub


Disajikan

Koordinat



PG


Koordinat Cartesius dari titik (2,300adalah ... .

1

a.     (3 , 1 )             d. ( 3 , 1)

3                                                                                                                                  

b.     (-3 , 1)             e. (3, 3 )

1

c.      ( 3 , 1)

3

menjadi koordinat

kutub dan

menjadi koordinat

kutub dan

 

kutub,

peserta

 

sebaliknya

sebaliknya

 

didik

 

 

 

 

menentuka

 

 

 

 

n koordinat

 

 

 

 

kartesius

 

 

 

Disajikan

Disajikan

PG

Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat A ( 2, - 23 ) adalah . . .

a. A (4, 300)

b. A (4, 600)

c. A(4, 1200)

d. A(4, 1500)

e. A(4, 3000)

 

 

Koordinat

Koordinat

 

 

 

kartesius,

kartesius,

 

 

 

peserta

peserta

 

 

 

didik

didik

 

 

 

menentuka

menentuka

 

 

 

n koordinat

n koordinat

 

 

 

kutub

kutub

 

 

Kunci Jawaban Soal:

1.  A

2.  E

 

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Tes PG

Nilai 10 : Jika Benar

Nilai 0 : Jika salah

 

Contoh Pengolahan Nilai :

IPK

No Soal

Skor

Penilaian 1

Nilai


Kompetens

i Dasar

Indikator

(IPK)

Materi

Indikator

Soal

Bentu

k Soal

Butir Soal

3.7.1

1

10

Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK

(20/20) * 100 = 100

 

2

10

 

Jumlah

20




Tabel 2. Kisi-Kisi, Soal Ketrampilan, Kunci Jawaban,

Mata Pelajaran: Matematika




Kompetensi Dasar

 

Indikator (IPK)


 

Materi


Indikator Soal


Bentuk Soal

 

Butir Soal

4. 7

Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya.

Koordinat Kutub

Disajikan Koordinat kartesius, peserta didik menentukan koordinat kutub

Penilaian Tertulis

Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat A ( -4, 4 ) adalah . . .


Instrumen Penilaian Keterampilan

Mata Pelajaran: Matematika


KD 4.7.      Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

 

Soal

Penyelesaian

Skor

Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat A ( -4, 4 ) adalah . . .

Diketahui : x = - 4 dan y = 4

0,5

Ditanya : Koordinat Kutub = (r, 𝜃 )

0,5

Penyelesaian :

r = √𝑥2 + 𝑦2


1

 

r = √(−4)2 + 42


0,5

 

r = 16 + 16


1

 

r = 32


0,5

r = 42

1

   

   𝑦

Tan 𝜃 =  -   ( Kuadran III )

   𝑥


1


−4

Tan 𝜃 =  -   ( Kuadran III )

 4


0,5

 

Tan 𝜃 = - 1 ( Kuadran III )

0,5

𝜃 = 1350

1

Jadi, Koordinat Kutub = ( r, 𝜃 ) = (42 , 135)

1



Rumus Konversi Nilai :

 






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...