RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Ambon
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi Waktu : 8 X 30
Menit ( 2 X Pertemuan )
Guru Pengampuh : Adinda P. W. Mulyana
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
2. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.7 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya
4.7 Menyelesaikan masalah
perubahan koordinat kartesius
menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.1 Menentukan kordinat kartesius menjadi
koordinat kutub dan sebaliknya
4.7.1 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebalinya.
D. Model Pembelajaran : Discovery Learning
E. Materi Pokok : Koordibat Kutub dan koordinat kartesius
F. Media dan Alat Pembelajaran : Laptop, infocus, bahan ajar Buku Matematika SMK
Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga Buku
Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit
Intan Pariwara dan Internet.
G. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan saintifik, menggali informasi,
berdiskusi, Tanya jawab dan melakukan praktek langsung, diharapkan peserta
didik mampu:
1. Menentukan kordinat
kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
2. Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan |
Deskripsi kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru memberikan salam 2. Peserta didik berdoa bersama sebelum KBM sebagai wujud sikap religious 3. Guru mencek kehadiran siswa 4.
Guru menginformasikan kompetensi,materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan 5. Guru membagi
peserta didik atas beberapa kelompok |
15 menit |
Kegiatan
Inti |
1. Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa Kurikulum 2013, buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, buku matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara. 2.
Peserta didik dipersilahkan
mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk
mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar tentang materi perubahan koordinat kartesius
menjadi koordinat kutub dan sebaliknya 3. Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya |
90 menit |
|
4.
Guru meminta peserta didik untuk
menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk
perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya 5.
siswa
mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya didepan kelas dan kelompok lain memberi tanggapan |
|
Kegiatan Penutup |
1. Mengarahkan siswa
untuk membuat simpulan dari materi yang
telah dipelajari. 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
15 menit |
Pertemuan 2
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka,dan berdoa untuk
memulai pembelajaran. 2. Memeriksa kehadiran peserta didik. 3. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 5. Membentuk kelompok. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan
mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa Kurikulum 2013, buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, buku matematika
SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara. 2.
Peserta didik dipersilakan
mengajukan pertanyaan dan berdiskusi terkait materi
masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya 3.
Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait
dengan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya 4.
Guru meminta peserta didik untuk
menilai hasil diskusi yang ada pada
soal latihan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya 5.
siswa mempresentasikan hasil diskusi
atau temuannya didepan
kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan |
90 menit |
kegiatan Penutup |
1.
Mengarahkan siswa untuk
membuat simpulan dari materi yang
telah dipelajari. 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
15 menit |
1. Teknik penilaian :
a.
Kompetensi sikap spritual dan sosial dinilai menggunakan
teknis observasi.
b.
Kompetensi pengetahuan dinilai
menggunakan tes tertulis.
c.
Kompetensi keterampilan dinilai
menggunakan teknik penugasan.
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Pertemuan pertama
Pada pertemuan ini penilaian dilakukan terhadap kompetensi sikap, menggunakan lembar observasi sebagai berikut:
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
No Nama siswa Aspek
yang dinilai Jml nilai predikat 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 2 3 4 Dst
Semester : Tahunpelajaran : Indikator sikap :
Keterangan:
1. Ketepatan waktu dalam kehadiran dikelas 2. Kelengkapan buku catatan serta kerapihannya 3. Keseriusan mengerjakan tugas 4. Kesantunan dalam
berkomunikasi 5.
Kesediaan dalam bekerja sama 6.
Menyampaikan pendapat dengan
santun 7.
Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman 8. Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru 9. Kejujuran dalam ujian (tes) |
Rentang skor : 0 – 2 Predikat: Amat baik (A): 86 – 100 Baik (B): 76 – 85 Cukup (C): 60 – 75 Kurang (D): 40 – 59 Sangat kurang (E): < 40 |
Ø
Acuan penskorannya adalah sebagai berikut.
Aspek |
deskripsi |
skor |
1 |
§ Sangat tepat waktu dalam kehadiran dikelas § Terlambat dalam waktu kehadiran § Tidak hadir
(Alpa) |
2 1 0 |
2 |
§ Melengkapi buku
catatan serta kerapihan dalam mencatat § Kurang melengkapi buku catatan serta
kurang rapih dalam
mencatat § Tidak ada
buku catatan sama sekali |
2 1 0 |
3 |
§ Keseriusan mengerjakan tugas § Kurang serius
mengerjakan tugas § Tidak ada Keseriusan mengerjakan tugas |
2 1 0 |
4 |
§ Kesantunan dalam
berkomunikasi § Kurang santun
dalam berkomunikasi § Tidak ada
Kesantunan dalam berkomunikasi |
2 1 0 |
5 |
§ Kesediaan dalam
bekerja sama § Kurang Kesediaan dalam bekerja sama § Tidak ada
Kesediaan dalam bekerja
sama |
2 1 0 |
6 |
§ Menyampaikan pendapat dengan santun § Menyampaikan pendapat dengan kurang santun § Menyampaikan pendapat dengan tidak santun |
2 1 0 |
7 |
§ Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman § Kurang menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman § Tidak menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman |
2 1 0 |
8 |
§ Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru § Kurang menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru § Tidak menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru |
2 1 0 |
9 |
§ Kejujuran dalam
ujian (tes) § Kejujuran dalam
ujian (tes) kurang § Tidak jujur
dalam ujian (tes) |
2 1 0 |
Skor maksimum 9 x 2 = 18
Skor akhir
di tentukan dengan rumus:
b. pertemuan kedua
pada pertemuan kedua dilakukan penelitian terhadap kompetensi pengetahuan. Intrumen yang
digunakan dan acuan penskorannya adalah
sebagai berikut.
Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara Pengolahan Nilai
KISI-KISI DAN SOAL
Bidang
Keahlian : Bisnis Manajemen Program Keahlian :
Semua
Kompetensi Keahlian : Semua
Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : 3.7. Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
4.7. Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
Kompetens i
Dasar |
Indikator (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentu k Soal |
Butir Soal |
|
Menentukan koordinat kartesius |
Menentuka n kordinat kartesius |
Koordinat Kutub |
Disajikan Koordinat |
PG |
Koordinat Cartesius dari titik (2,300) adalah ... . 1 a. (√3 , 1 ) d. ( √3 , 1) 3 b. (-√3 , 1) e. (3, √3 ) 1 c. (− √3 , 1) 3 |
|
menjadi koordinat kutub dan |
menjadi koordinat kutub dan |
|
kutub, peserta |
|
||
sebaliknya |
sebaliknya |
|
didik |
|
||
|
|
|
menentuka |
|
||
|
|
|
n koordinat |
|
||
|
|
|
kartesius |
|
||
|
|
Disajikan |
Disajikan |
PG |
Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat A ( 2, - 2√3 ) adalah . . . a.
A (4, 300) b.
A (4, 600) c.
A(4, 1200) d.
A(4, 1500) e.
A(4, 3000) |
|
|
|
Koordinat |
Koordinat |
|
||
|
|
kartesius, |
kartesius, |
|
||
|
|
peserta |
peserta |
|
||
|
|
didik |
didik |
|
||
|
|
menentuka |
menentuka |
|
||
|
|
n koordinat |
n koordinat |
|
||
|
|
kutub |
kutub |
|
||
|
Kunci Jawaban Soal: 1.
A 2.
E |
|||||
|
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Tes PG Nilai 10 : Jika Benar Nilai
0 : Jika salah |
|||||
|
Contoh Pengolahan Nilai : |
|||||
IPK |
No Soal |
Skor Penilaian 1 |
Nilai |
|||
Kompetens i
Dasar |
Indikator (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentu k Soal |
Butir Soal |
|
3.7.1 |
1 |
10 |
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai
IPK (20/20) * 100
= 100 |
|||
|
2 |
10 |
|
|||
Jumlah |
20 |
|||||
Mata Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Butir Soal |
4. 7 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya |
Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi
koordinat kutub dan sebalinya. |
Koordinat Kutub |
Disajikan Koordinat kartesius, peserta
didik menentukan koordinat kutub |
Penilaian Tertulis |
Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat
A ( -4, 4 ) adalah . . . |
Instrumen Penilaian Keterampilan
Mata
Pelajaran: Matematika
KD 4.7. Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya
Soal |
Penyelesaian |
Skor |
Koordinat Kutub yang menunjukan kesamaan dengan koordinat A ( -4, 4 ) adalah . . . |
Diketahui
: x = - 4 dan y = 4 |
0,5 |
Ditanya : Koordinat Kutub = (r,
𝜃 ) |
0,5 |
|
Penyelesaian : r = √𝑥2 + 𝑦2 |
1 |
|
r = √(−4)2 + 42 |
0,5 |
|
r = √16 + 16 |
1 |
|
r = √32 |
0,5 |
|
r = 4√2 |
1 |
|
𝑦 Tan 𝜃 = - ( Kuadran III ) 𝑥 |
1 |
|
−4 Tan 𝜃 = - (
Kuadran III ) 4 |
0,5 |
|
|
Tan
𝜃 = - 1 ( Kuadran III ) |
0,5 |
𝜃 = 1350 |
1 |
|
Jadi, Koordinat Kutub = ( r, 𝜃 ) = (4√2 , 1350 ) |
1 |
Rumus Konversi Nilai :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar