ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Senin, 26 Desember 2022

SILABUS SMA

SILABUS 

KI 3         : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI 4           : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 


Kompetensi Dasar

                    Indikator Pencapaian Kompetensi



Materi Pokok


Alokasi Waktu  (JP)

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

1

2

3

4

5

6

7

3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk      akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk      akar dan logaritma

3.1.1. Memahami bentuk suatu bilangan berpangkat (eksponen).

 

3.1.2    Menentukan apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar)

 

3.1.3    Menerapakan cara merasionalkan penyebut.

 

3.1.4    Menjelaskan sifat – sifat operasi logaritma

 

4.1.1      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

Bilangan berpangakat, bentuk                 akar dan Logaritma

16 jam

§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo.

 §  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bilangan irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat logaritma, menerapkan sifat – sifat operasi logaritma dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

 

§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bilangan irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat logaritma, menerapkan sifat – sifat operasi logaritma dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk bilangan

berpangkat, bilangan rasional dan bilangan


Penilaian Kualitatif

§ Aplikasi zoom

§ Edmodo

§ Internet

§ Buku

Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara

 


Kompetensi 

Dasar



        Indikator Pencapaian Kompetensi


 Materi Pokok



Alokasi Waktu (JP)

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat logaritma, menerapkan sifat – sifat operasi logaritma dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma

§  Mengkomunikasikan

Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting


 

 


3.2.Menerapkan persamaan dan pertidaksamaa n nilai mutlak bentuk linear satu variabel

 

 


4.2    Menyelesaika n masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaa n nilai mutlak bentuk linear satu variabel



3.2.1  Mentukan penyelesaian persamaan nilai mutlak linear satu variable

3.2.2   Menentukan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak satu variable

 4.2.1 Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk menentukan penyelesaian permasalahan nilai mutlak



Konsep nilai mutlak, persamaan dan pertidaksamaa n linear satu variabel



8 jam


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo.

§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi konsep nilai mutlak, persamaan linear satu variable, dan pertidaksamaan linear satu variabel


§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan konsep nilai mutlak, persamaan linear satu variable, dan pertidaksamaan linear satu variabel

§ Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk memahami nilai mutlak dan menentukan




Penilaian Kualitatif



§ Aplikasi zoom

§ Edmodo

§ Internet

§ Buku

Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara




Kompetensi Dasar



      Indikator

    Pencapaian

                 Kompetensi


Materi Pokok



Alokasi Waktu (JP)


       Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


persamaan   dan                      pertidaksamaan                      linear satu variabel


 § Mengkomunikasikan

Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting


 

 


3.3 Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual

 

 4.3 Menyelesaika n masalah sistem persamaan linier dua variabel


3.3.1      Menentukan himpunan penyelesaian pada system persamaan linear dua variabel

 

 

 4.3.1      Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan system persamaan liner dua variabel.


Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)


16 jam


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo.


§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi SPLDV  dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV

§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan materi SPLDV dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk cara menentukan nilai variabel pada SPLDV dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV

§  Mengkomunikasikan

Pesertadididk mempresentasikanhasil diskusi 



Penilaian Kualitatif


§ Aplikasi zoom

§ Edmodo

§ Internet

§ Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara




Kompetensi Dasar



      Indikator

    Pencapaian

                  Kompetensi


Materi Pokok



Alokasi Waktu (JP)

 

         Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting


 

 


3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

 

 

 

 

 

 

4.4 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel


3.4.1     Membuat gafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel

3.4.2     Menyatakan system

pertidaksamaan linear dua variabel

3.4.3      Menentukan model matematika dari soal  cerita

3.4.4        Menentukan nilai optimum

 4.4.1     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear


Program Linear


20 jam


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo.

§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi Program linear SPtLDV.


§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data  data yang terkait dengan cara menggambar grafik himpunan penyelesaian SPtLDV, menyatakan himpunan penyelesaian SPtLDV dari grafik himpunan penyelesaian, nilai optimum dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk cara menggambar grafik himpunan penyelesaian SPtLDV, menyatakan himpunan penyelesaian SPtLDV dari grafik himpunan penyelesaian, nilai optimum dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear




Penilaian Kualitatif


§  Aplikasi zoom

§  Edmodo

§  Internet




Kompetensi Dasar



      Indikator

    Pencapaian

                   Kompetensi


Materi Pokok


Alokasi Waktu (JP)

 

        Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


§  Mengkomunikasikan


Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting


 

 


3.5 Menganalisis barisan dan deret aritmetika dan Geometri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5 Menyelesaika n masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika dan Geometri


3.5.1 Menemukan pola barisan dan deret aritmetika

3.5.2    Menentukan barisan dan   deret aritmetika

3.5.3         Menemukan pola barisan dan deret geometri

3.5.4         Menentukan barisan dan deret geometri

 

 

 

 

 

4.5.1Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika

4.5.2Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri


§  Barisan dan Deret Aritmatika

§  Barisan dan Deret Geometri


16 jam


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.

§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait materi Barisan dan deret aritmetika, barisan dan deret geometri


§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data data yang terkait dengan pola barisan aritmetika dan geometri, suku ke-n barisan aritmetika dan geometri, jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri serta masalah kontekstual barisan dan deret aritmetika dan geometri

 

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan pola barisan aritmetika dan geometri, suku ke-n barisan aritmetika dan geometri, jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri serta masalah kontekstual barisan dan deret aritmetika.




Penilaian Kualitatif


§ Internet

§ Buku

Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara




Kompetensi Dasar

     

     Indikator

   Pencapaian

             Kompetensi


Materi Pokok



Alokasi Waktu (JP)


 

         Kegiatan Pembelajaran      


 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


§  Mengkomunikasikan

Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan


 

 


3.6 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran

 

4.6.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran.


3.6.1    Menentukan hubungan satuan pengukuran sudut

3.6.2   Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku

3.6.3    Menentukan nilai sudut yang berelasi diberbagai kuadran

 4.6.1    Menyelesaikan masalah   yang berkaitan dengan pengukuran sudut

4.6.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai sudut yang berelasi diberbagai kuadran

4.6.3    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri


§Pengukuran sudut

§Perbandinga n pada segitiga suiku-siku

§ Nilai sudut berelasi di berbagai kuadran


12 JP


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.

 

§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait materi pengukuran sudut, perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan masalah kontekstual perbandingan trigonometri

 

§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data  data yang terkait dengan pengukuran sudut, perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan masalah kontekstual perbandingan trigonometri

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi


Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi   yang   ada   pada   soal   latihan   untuk pengukuran sudut,perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan




Penilaian Kualitatif

 

§ Internet

§ Buku

Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara




Kompetensi Dasar



   Indikator

 Pencapaian

 Kompetensi


Materi Pokok


Alokasi Waktu (JP)

 

        Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


masalah kontekstual perbandingan trigonometri

§  Mengkomunikasikan

Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan


 

 


3.7 Menentukan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

 

 

 

4.7.Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya


3.7.1Menentukan kordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

 

 

 

 4.7.1 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya.


Koordibat Kartesius dan koordinat Kutub


8 JP


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.


§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait materi perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data data yang terkait dengan perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi


Penilaian Kualitatif


§ Internet

§ Buku

Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara




Kompetensi Dasar



     Indikator

   Pencapaian

              Kompetensi


Materi Pokok


Alokasi Waktu (JP)

 

        Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian


Sumber Belajar

 

 

 

 


Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya.

§  Mengkomunikasikan

Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan


 

 


3.8 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada       grafik fungsi trigonometri

 

 

4.8 Menyajikan grafik fungsi trigonometri


3.8.1 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

 

 

 

 4.8.1 Menyajikan sketsa grafik fungsi trigonometri


Nilai Perbandingan Trigonometri pada Grafik Fungsi Trigonometri


12 JP


§  Mengamati

Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara.


§  Menanya

Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait terkait materi nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen


§  Mengumpulkan Informasi

Peserta didik mengumpulkan informasi atau data  data yang terkait dengan sktesa grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen

§  Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan sketsa grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen.

 


Penilaian Kualitatif


§ Internet

§ Buku 

    Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga

§ Buku

Matematkka SMA/MA/S MK/MAK

Kelas X Penerbit Intan Pariwara



Kompetensi Dasar


     Indikator

   Pencapaian

             Kompetensi



Materi Pokok


Alokasi Waktu (JP)

 

    Kegiatan Pembelajaran

 

 Penilaian 


Sumber Belajar

 

 

 

 


§  Mengkomunikasikan

Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan


 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...