SILABUS
KI – 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematika pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI – 4 : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar
dan logaritma dalam
menyelesaikan masalah
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma |
3.1.1. Memahami bentuk suatu bilangan berpangkat (eksponen).
3.1.2 Menentukan apakah
suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk
akar)
3.1.3
Menerapakan cara merasionalkan penyebut.
3.1.4
Menjelaskan sifat – sifat operasi logaritma
4.1.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
operasi pada bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma |
Bilangan berpangakat, bentuk akar
dan Logaritma |
16 jam |
§
Mengamati Peserta didik
diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya
Edmodo. § Menanya Peserta didik
dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom
komen kelas maya Edmodo terkait materi bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bilangan irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat
logaritma, menerapkan sifat –
sifat operasi logaritma dan menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
§ Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan bilangan berpangkat, bilangan rasional dan bilangan irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat logaritma, menerapkan sifat – sifat operasi logaritma dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma §
Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru
meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang
ada pada soal
latihan untuk bilangan berpangkat,
bilangan rasional dan bilangan |
Penilaian Kualitatif |
§ Aplikasi zoom § Edmodo § Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk)
Penerbit Erlangga § Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
irasional, operasi aljabar bentuk akar, merasionalkan penyebut, sifat- sifat logaritma, menerapkan sifat – sifat operasi logaritma dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma §
Mengkomunikasikan Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting |
|
|
3.2.Menerapkan persamaan dan pertidaksamaa n nilai mutlak bentuk linear satu variabel
4.2 Menyelesaika n masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaa n nilai mutlak bentuk linear satu variabel |
3.2.1 Mentukan penyelesaian persamaan nilai mutlak linear satu variable 3.2.2
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
nilai mutlak satu variable 4.2.1 Menggunakan konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk menentukan penyelesaian permasalahan nilai mutlak |
Konsep nilai mutlak,
persamaan dan pertidaksamaa n linear satu variabel |
8 jam |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi konsep nilai mutlak, persamaan linear satu variable, dan pertidaksamaan linear satu variabel § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan konsep nilai mutlak, persamaan linear satu variable, dan pertidaksamaan linear satu variabel § Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi
yang ada pada soal latihan
untuk memahami nilai
mutlak dan menentukan |
Penilaian Kualitatif |
§ Aplikasi zoom §
Edmodo § Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk)
Penerbit Erlangga § Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel § Mengkomunikasikan Peserta
dididk mempresentasikan hasil diskusi atau
temuannya menggunakan media Zoom Meeting |
|
|
3.3 Menentukan nilai variabel pada
sistem persamaan linear
dua variabel dalam masalah kontekstual
4.3 Menyelesaika n masalah sistem persamaan linier dua variabel |
3.3.1 Menentukan himpunan penyelesaian pada system persamaan
linear dua variabel
4.3.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan system persamaan liner dua variabel. |
Sistem persamaan
linear dua variabel (SPLDV) |
16 jam |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi SPLDV dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan materi SPLDV dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV § Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk cara menentukan nilai variabel pada SPLDV dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV § Mengkomunikasikan Pesertadididk mempresentasikanhasil diskusi |
Penilaian Kualitatif |
§ Aplikasi zoom § Edmodo § Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga § Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
atau temuannya menggunakan media Zoom Meeting |
|
|
3.4 Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang
berkaitan dengan program linear dua variabel
4.4 Menyajikan penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel |
3.4.1 Membuat gafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel 3.4.2 Menyatakan system pertidaksamaan linear dua variabel 3.4.3 Menentukan model matematika dari soal cerita 3.4.4 Menentukan nilai
optimum 4.4.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear |
Program Linear |
20 jam |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi di file PDF yang telah dibagikan melalui kelas maya Edmodo. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi pada kolom komen kelas maya Edmodo terkait materi Program linear SPtLDV. § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan cara menggambar grafik himpunan penyelesaian SPtLDV, menyatakan himpunan penyelesaian SPtLDV dari grafik himpunan penyelesaian, nilai optimum dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear § Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk
cara menggambar grafik
himpunan penyelesaian SPtLDV,
menyatakan himpunan penyelesaian SPtLDV dari grafik
himpunan penyelesaian, nilai
optimum dan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
program linear |
Penilaian Kualitatif |
§ Aplikasi zoom § Edmodo § Internet |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
§ Mengkomunikasikan Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya menggunakan media Zoom
Meeting |
|
|
3.5 Menganalisis barisan dan deret
aritmetika dan Geometri
4.5 Menyelesaika n masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan
dan deret aritmatika dan Geometri |
3.5.1 Menemukan pola barisan dan
deret aritmetika 3.5.2 Menentukan barisan dan deret
aritmetika 3.5.3
Menemukan pola barisan dan
deret geometri 3.5.4
Menentukan barisan dan deret geometri
4.5.1Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika 4.5.2Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
geometri |
§ Barisan dan Deret Aritmatika § Barisan dan Deret Geometri |
16 jam |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait materi Barisan dan deret aritmetika, barisan dan deret geometri § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait
dengan pola barisan
aritmetika dan geometri, suku ke-n barisan
aritmetika dan geometri, jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri serta
masalah kontekstual barisan
dan deret aritmetika dan geometri
§ Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan pola barisan aritmetika dan geometri, suku ke-n barisan aritmetika dan geometri, jumlah n suku pertama deret aritmetika dan geometri serta masalah kontekstual barisan dan deret aritmetika. |
Penilaian Kualitatif |
§
Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk)
Penerbit Erlangga §
Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
§ Mengkomunikasikan Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan |
|
|
3.6 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan nilai
sudut berelasi diberbagai kuadran
4.6.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan nilai sudut berelasi diberbagai kuadran. |
3.6.1
Menentukan hubungan satuan pengukuran sudut 3.6.2 Menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku 3.6.3 Menentukan nilai
sudut yang berelasi diberbagai kuadran 4.6.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut 4.6.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai sudut yang berelasi diberbagai kuadran 4.6.3
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri |
§Pengukuran sudut §Perbandinga n pada segitiga suiku-siku § Nilai sudut berelasi di berbagai kuadran |
12 JP |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan
penelusuran, pengamatan, dan
mempelajari materi berdasarkan buku
ajar siswa kurikulum 2013, buku
matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku
Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Penerbit Intan Pariwara.
§ Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan
dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi
masalah yang ada pada buku ajar terkait
materi pengukuran sudut,
perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan masalah
kontekstual perbandingan trigonometri
§ Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan pengukuran sudut, perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan masalah kontekstual perbandingan trigonometri § Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan untuk pengukuran sudut,perbandingan trigonometri, nilai sudut berelasi di berbagai kuadran, dan |
Penilaian Kualitatif |
§ Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk)
Penerbit Erlangga § Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
masalah kontekstual perbandingan trigonometri § Mengkomunikasikan Peserta dididk
mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok
lain memberikan tanggapan |
|
|
3.7 Menentukan koordinat kartesius menjadi
koordinat kutub dan sebaliknya
4.7.Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya |
3.7.1Menentukan kordinat kartesius menjadi koordinat
kutub dan sebaliknya
4.7.1 Menyelesaikan masalah perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebalinya. |
Koordibat Kartesius dan koordinat Kutub |
8 JP |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku ajar siswa kurikulum 2013, buku matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada buku ajar terkait materi perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya § Mengeksplorasi/Mengasosiasi |
Penilaian Kualitatif |
§
Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk)
Penerbit Erlangga §
Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi
yang ada pada soal latihan
untuk perubahan koordinat kartesius menjadi koordinat kutub dan sebaliknya serta masalah perubahan kontekstual koordinat kartesius menjadi koordinat kutub
dan sebaliknya. § Mengkomunikasikan Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau
temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan |
|
|
3.8 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik
fungsi trigonometri
4.8 Menyajikan grafik fungsi trigonometri |
3.8.1 Menerapkan nilai perbandingan
trigonometri pada grafik
fungsi trigonometri
4.8.1 Menyajikan sketsa grafik fungsi trigonometri |
Nilai Perbandingan Trigonometri pada
Grafik Fungsi Trigonometri |
12 JP |
§ Mengamati Peserta didik diminta melakukan
penelusuran, pengamatan, dan
mempelajari materi berdasarkan buku
ajar siswa kurikulum 2013, buku
matematika SMK Kelas X ( Kasmina dkk) Penerbit Erlangga, dan Buku
Matematkka SMA/MA/SMK/MAK Kelas X
Penerbit Intan Pariwara. § Menanya Peserta didik dipersilakan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi berdiskusi
untuk mengidentifikasi
masalah yang ada pada buku ajar terkait
terkait materi nilai
perbandingan trigonometri pada
grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen § Mengumpulkan Informasi Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan sktesa grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen § Mengeksplorasi/Mengasosiasi Guru meminta peserta didik untuk menilai hasil diskusi yang ada pada soal latihan sketsa
grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen.
|
Penilaian Kualitatif |
§
Internet § Buku Matematika SMK Kelas X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga § Buku Matematkka SMA/MA/S MK/MAK Kelas X Penerbit Intan
Pariwara |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu
(JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
|
|
|
|
§ Mengkomunikasikan Peserta dididk mempresentasikan hasil diskusi atau temuannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar