RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Negeri 2 Ambon
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi Waktu : 9 X 30
Menit ( 3 X Pertemuan )
Guru Pengampuh : Adinda P. W. Mulyana
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
3.8 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri
4.8 Menyajikan grafik fungsi trigonometri
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1 Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 4.8.1 Menyajikan sketsa grafik fungsi trigonometri
D.
Model Pembelajaran : Discovery Learning
E.
Materi Pokok : Nilai Perbandingan trigonometri pada Grafik Fungsi Trigonometri
F. Media dan Alat Pembelajaran : Laptop, infocus, bahan ajar Buku Matematika SMK Kelas
X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga Buku Matematkka
SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara
dan Internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 dan 2
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka, dan berdoa untuk
memulai pembelajaran. 2.
Memeriksa kehadiran peserta didik. 3. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 5.
Membentuk kelompok. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Melalui kelompok Peserta didik
diminta melakukan penelusuran, pengamatan,
dan mempelajari materi berdasarkan buku paket kurikulum 2013 tentang
nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi
trigonometri 2. Peserta didik
dipersilahkan mengajukan pertanyaan serta berdiskusi untuk
mendapatkan informasi tentang nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 3.
Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang
terkait dengan nilai
perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 4. Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas dan kelompok lain menaggapinya berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri 5. Melalui kelompok Peserta didik diminta untuk mencoba menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi
trigonometri. |
90 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Mengarahkan Peserta didik
untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari. 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
15 menit |
Pertemuan 3
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, dan berdoa untuk memulai pembelajaran. 2. Memeriksa kehadiran peserta didik. 3. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 5.
Membentuk kelompok. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Melalui kelompok Peserta didik
diminta melakukan penelusuran, pengamatan,
dan mempelajari materi berdasarkan buku paket kurikulum 2013 tentang
grafik fungsi trigonometri 2.
Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan serta berdiskusi untuk mendapatkan
informasi tentang grafik
fungsi trigonometri 3.
Peserta didik mengumpulkan
informasi atau data – data yang terkait dengan sketsa grafik fungsi
trigonometri 4. Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas dan kelompok lain menaggapinya berkaitan sketsa grafik fungsi trigonometri 5. Melalui kelompok Peserta didik diminta untuk mencoba menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sketsa grafik fungsi trigonometri |
90 menit |
Kegiatan Penutup |
4.
Mengarahkan Peserta didik
untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari. 5. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan. 6. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
15 menit |
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
:
a.
Kompetensi sikap spritual dan sosial dinilai menggunakan
teknis observasi.
b.
Kompetensi pengetahuan dinilai
menggunakan tes tertulis.
c.
Kompetensi keterampilan dinilai
menggunakan teknik penugasan.
2. Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a. Pertemuan pertama
Pada pertemuan ini penilaian dilakukan terhadap kompetensi sikap, menggunakan lembar observasi sebagai berikut:
LEMBAR OBSERVASI
Kelas :
|
Semester : Tahun
pelajaran : Indikator sikap :
Keterangan:
1.
Ketepatan waktu dalam
kehadiran dikelas 2.
Kelengkapan buku catatan serta kerapihannya 3.
Keseriusan mengerjakan tugas 4.
Kesantunan dalam berkomunikasi 5.
Kesediaan dalam bekerja sama 6.
Menyampaikan pendapat dengan
santun 7. Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau
gagasan teman 8. Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru 9.
Kejujuran dalam ujian (tes) |
Rentang skor : 0 – 2 Predikat: Amat baik (A):
86 – 100 Baik (B): 76 – 85 Cukup (C): 60 – 75 Kurang (D): 40 – 59 Sangat kurang (E): < 40 |
Ø
Acuan penskorannya adalah sebagai berikut.
Aspek |
deskripsi |
skor |
1 |
§ Sangat tepat
waktu dalam kehadiran
dikelas § Terlambat dalam
waktu kehadiran § Tidak hadir
(Alpa) |
2 1 0 |
2 |
§ Melengkapi buku
catatan serta kerapihan dalam mencatat § Kurang melengkapi buku catatan serta
kurang rapih dalam
mencatat § Tidak ada
buku catatan sama sekali |
2 1 0 |
3 |
§ Keseriusan mengerjakan tugas § Kurang serius
mengerjakan tugas § Tidak ada Keseriusan mengerjakan tugas |
2 1 0 |
4 |
§ Kesantunan dalam
berkomunikasi § Kurang santun
dalam berkomunikasi § Tidak ada
Kesantunan dalam berkomunikasi |
2 1 0 |
5 |
§ Kesediaan dalam
bekerja sama § Kurang Kesediaan dalam bekerja sama § Tidak ada
Kesediaan dalam bekerja sama |
2 1 0 |
6 |
§ Menyampaikan pendapat dengan santun § Menyampaikan pendapat dengan kurang santun § Menyampaikan pendapat dengan tidak santun |
2 1 0 |
7 |
§ Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau
gagasan teman § Kurang menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman § Tidak menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman |
2 1 0 |
8 |
§ Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru § Kurang menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru § Tidak menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru |
2 1 0 |
9 |
§ Kejujuran dalam
ujian (tes) § Kejujuran dalam
ujian (tes) kurang § Tidak jujur
dalam ujian (tes) |
2 1 0 |
Skor maksimum 9 x 2 = 18
Skor akhir di tentukan dengan rumus:
b. pertemuan kedua
pada pertemuan kedua dilakukan penelitian terhadap kompetensi pengetahuan. Intrumen yang digunakan dan acuan penskorannya adalah sebagai berikut.
Analisis, Pengolahan, dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara
Pengolahan Nilai
KISI-KISI DAN SOAL
Bidang Keahlian : Program Keahlian Kompetensi
Keahlian : Mata Pelajaran :
Kompetensi Dasar : 3.8. Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik
fungsi trigonometri
4.7. Menyajikan grafik fungsi trigonometri
Kompeten si Dasar |
Indikato r (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Butir Soal |
Menerapka
n nilai perbanding an trigonometr i pada
grafik fungsi trigonometr i |
Menerapk
an nilai perbandin gan
trigonome tri pada grafik
fungsi trigonome tri |
Grafik Fungsi Trigonome tri |
Disajikan
Grafik Trigonometr i, peserta didik dapat menentukan nilai
fungsinya |
PG |
Persamaan grafik
fungsi trigonometri pada
gambar berikut adalah
. . .
|
|
|
|
|
|
a. y = 3 cos x |
|
|
|
|
|
b. y =
3 sin x |
|
|
|
|
|
c. y =
sin x + 3 |
|
|
|
|
|
d. y = cos x + 3 |
|
|
|
|
|
e. y = sin 3x |
|
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
Tes PG Nilai 50 : Jika Benar Nilai 0 : Jika
salah |
||||
|
Contoh Pengolahan Nilai : |
Kompeten si Dasar |
Indikato r (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Butir Soal |
|
IPK |
No Soal |
Skor Penilaian 1 |
Nilai |
|||
3.8.1 |
1 |
50 |
Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari
nilai IPK (50/50) * 100
= 100 |
|||
Jumlah |
50 |
|
||||
Tabel 2. Kisi-Kisi, Soal Ketrampilan, Kunci Jawaban,
Mata Pelajaran: Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator (IPK) |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Butir Soal |
Menyajikan grafik fungsi trigonometri |
Menyajikan grafik fungsi trigonometri |
Grafik Fungsi Trigonometri |
Disajiakn Nilai fungsi trigonometri, peserta
didik dapat menentukan Grafik
fungsi trigonometrinya |
Penilaian Tertulis |
Gambarlah Grafik
dari y = cos x +
1, adalah |
Instrumen Penilaian Keterampilan
Mata Pelajaran: Matematika
KD 4.8. Menyajikan grafik fungsi trigonometri
Soal |
Penyelesaian |
Skor |
Gambarlah Grafik
dari y = cos x +
1, adalah |
|
50 |
Rumus Konversi Nilai :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar