ADINDA P. W. MULYANA

UNIVERSITAS PATTIMURA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Selamat Datang Di Blog Saya Adinda P. W. Mulyana

Senin, 26 Desember 2022

RPP KELAS 10_( TRIGONOMETRI )

                                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                   : SMK Negeri 2 Ambon

Mata Pelajaran                         : Matematika

Kelas/Semester                        : X / Genap

Alokasi Waktu                         : 9 X 30 Menit ( 3 X Pertemuan )

Guru Pengampuh                     : Adinda P. W. Mulyana

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

2.     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar

3.8  Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

      4.8 Menyajikan grafik fungsi trigonometri

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

          3.8.1  Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri      4.8.1  Menyajikan sketsa grafik fungsi trigonometri

D.    Model Pembelajaran                          :      Discovery Learning

E.     Materi Pokok                                      :      Nilai Perbandingan trigonometri pada       Grafik Fungsi        Trigonometri

F.     Media dan Alat Pembelajaran      : Laptop, infocus, bahan ajar Buku Matematika SMK Kelas 

                                                                  X (Kasmina dkk) Penerbit Erlangga Buku Matematkka

                                                                 SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Penerbit Intan Pariwara

                                                                  dan             Internet

H. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2 

 


Kegiatan



Deskripsi Kegiatan



Waktu



Pendahuluan


1.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2.      Memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

5.      Membentuk kelompok.




15 menit







Kegiatan Inti


1.     Melalui kelompok Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku paket kurikulum 2013 tentang nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

2.     Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan serta berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

3.     Peserta didik mengumpulkan informasi atau data data yang terkait dengan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

4.     Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas dan kelompok lain menaggapinya berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri

5.     Melalui kelompok Peserta didik diminta untuk mencoba menyelesaikan soal

yang berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri.






90 menit



Kegiatan Penutup


1.      Mengarahkan Peserta didik untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari.

2.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan.

3.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



15 menit

 

Pertemuan


Kegiatan



Deskripsi Kegiatan


Waktu



Pendahuluan


1.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2.      Memeriksa kehadiran peserta didik.

3.      Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi nilai perbandingan trigonometri pada grafik fungsi trigonometri.

4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

5.      Membentuk kelompok.




15 menit







Kegiatan Inti


1.      Melalui kelompok Peserta didik diminta melakukan penelusuran, pengamatan, dan mempelajari materi berdasarkan buku paket kurikulum 2013 tentang grafik fungsi trigonometri

2.      Peserta didik dipersilahkan mengajukan pertanyaan serta berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang grafik fungsi trigonometri

3.      Peserta didik mengumpulkan informasi atau data – data yang terkait dengan sketsa grafik fungsi trigonometri

4.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusinya didepan kelas dan kelompok lain menaggapinya berkaitan sketsa grafik fungsi trigonometri

5.      Melalui kelompok Peserta didik diminta untuk mencoba menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sketsa grafik fungsi trigonometri





90 menit


Kegiatan Penutup


4.      Mengarahkan Peserta didik untuk membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari.

5.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok atau perseorangan.

6.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



15 menit

 

       I. Penilaian 

1.      Teknik penilaian :

a.      Kompetensi sikap spritual dan sosial dinilai menggunakan teknis observasi.

b.     Kompetensi pengetahuan dinilai menggunakan tes tertulis.

c.      Kompetensi keterampilan dinilai menggunakan teknik penugasan.

2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran

a.       Pertemuan pertama

Pada pertemuan ini penilaian dilakukan terhadap kompetensi sikap, menggunakan lembar observasi sebagai berikut:


LEMBAR OBSERVASI


Kelas                    :


 No

Nama siswa

Aspek yang dinilai

Jml

nilai

predikat

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





Semester : Tahun pelajaran : Indikator sikap    :


Keterangan:

 

1.     Ketepatan waktu dalam kehadiran dikelas

2.     Kelengkapan buku catatan serta kerapihannya

3.     Keseriusan mengerjakan tugas

4.     Kesantunan dalam berkomunikasi

5.     Kesediaan dalam bekerja sama

6.     Menyampaikan pendapat dengan santun

7.     Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

8.     Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru

9.     Kejujuran dalam ujian (tes)

Rentang skor : 0 – 2 Predikat:

Amat baik        (A): 86 100

Baik                  (B): 76 – 85

Cukup               (C): 60 75

Kurang              (D): 40 – 59 Sangat kurang (E):                    < 40


Ø  Acuan penskorannya adalah sebagai berikut.

  


Aspek



deskripsi


skor


1


§  Sangat tepat waktu dalam kehadiran dikelas

§  Terlambat dalam waktu kehadiran

§  Tidak hadir (Alpa)



2

1

0


2


§  Melengkapi buku catatan serta kerapihan dalam mencatat

§  Kurang melengkapi buku catatan serta kurang rapih dalam mencatat

§  Tidak ada buku catatan sama sekali


2

1

0


3

§  Keseriusan mengerjakan tugas

§  Kurang serius mengerjakan tugas

§  Tidak ada Keseriusan mengerjakan tugas

2

1

0


4

§  Kesantunan dalam berkomunikasi

§  Kurang santun dalam berkomunikasi

§  Tidak ada Kesantunan dalam berkomunikasi

2

1

0


5

§  Kesediaan dalam bekerja sama

§  Kurang Kesediaan dalam bekerja sama

§  Tidak ada Kesediaan dalam bekerja sama


2

1

0


6


§  Menyampaikan pendapat dengan santun

§  Menyampaikan pendapat dengan kurang santun

§  Menyampaikan pendapat dengan tidak santun



2

1

0


7


§  Menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

§  Kurang menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

§  Tidak menunjukkan perhatian terhadap pendapat atau gagasan teman

2

1

0


8


§  Menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru

§  Kurang menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru

§  Tidak menunjukkan perhatian terhadap penjelasan guru


2

1

0


9


§  Kejujuran dalam ujian (tes)

§  Kejujuran dalam ujian (tes) kurang

§  Tidak jujur dalam ujian (tes)



2

1

0

 

Skor maksimum 9 x 2 = 18

Skor akhir di tentukan dengan rumus:



b.       pertemuan kedua

pada pertemuan kedua dilakukan penelitian terhadap kompetensi pengetahuan. Intrumen yang digunakan dan acuan penskorannya adalah sebagai berikut.


Analisis, Pengolahan, dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar Tabel 1. Kisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara

                          Pengolahan Nilai

KISI-KISI DAN SOAL


 Bidang Keahlian         :   Program Keahlian   Kompetensi Keahlian :     Mata Pelajaran            : 

Kompetensi Dasar        : 3.8. Menerapkan nilai perbandingan trigonometri pada grafik 


                                               fungsi trigonometri

   4.7.  Menyajikan grafik fungsi trigonometri

 

Kompeten si Dasar

Indikato r (IPK)

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

Butir Soal

Menerapka n nilai perbanding an trigonometr i pada grafik fungsi trigonometr i

Menerapk an nilai perbandin gan trigonome tri pada grafik fungsi trigonome tri

Grafik Fungsi Trigonome tri

Disajikan Grafik Trigonometr i, peserta didik dapat menentukan nilai fungsinya

PG

 

Persamaan grafik fungsi trigonometri pada gambar berikut adalah . . .

 

 

 

 

 

 

a.         y = 3 cos x

 

 

 

 

 

b.         y = 3 sin x

 

 

 

 

 

c.         y = sin x + 3

 

 

 

 

 

d.         y = cos x + 3

 

 

 

 

 

e.         y = sin 3x

 

Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai Tes PG

Nilai 50 : Jika Benar

Nilai 0 : Jika salah

 

Contoh Pengolahan Nilai :


Kompeten si Dasar

Indikato r (IPK)

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

Butir Soal

IPK

No Soal

Skor Penilaian 1

Nilai

3.8.1

1


50

Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK

(50/50) * 100 = 100

Jumlah

50

 

 

Tabel 2. Kisi-Kisi, Soal Ketrampilan, Kunci Jawaban, 

Mata Pelajaran: Matematika

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator (IPK)

 

Materi

 

Indikator Soal

Bentuk Soal

 

Butir Soal

Menyajikan grafik fungsi trigonometri

Menyajikan grafik fungsi trigonometri

Grafik Fungsi Trigonometri

Disajiakn Nilai fungsi trigonometri, peserta didik dapat menentukan

Grafik fungsi trigonometrinya

Penilaian Tertulis

Gambarlah Grafik dari y = cos x + 1, adalah


Instrumen Penilaian Keterampilan

Mata Pelajaran: Matematika

KD 4.8. Menyajikan grafik fungsi trigonometri

 

Soal

Penyelesaian

Skor

Gambarlah Grafik dari y = cos x + 1, adalah

 


 

 

50


Rumus Konversi Nilai :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

  Nama : Adinda P. W. Mulyana Tanggal Lahir : 21 Maret 2003 Hobi : Traveling & Olah Raga Daerah Asal : Kota Surabaya  Status : Single Fr...